Mau Bayar Pajak Online? 9 Manfaat Inilah Yang Akan Anda Dapatkan

Manfaat Bayar Pajak Online – Perkembangan teknologi saat ini telah berkembang pesat sehingga mampu membantu aktifitas manusia. Teknologi komunikasi dan informasi ini membantu anda dalam segala hal termasuk dalam mengelola keuangan perusahaan anda.

Anda bisa merencakaan atau membayar pajak anda secara online tanpa harus repot mengurus pajak di kantor dinas perpajakan. Teknologi digital ini semakin hari semakin berkembang dengan beragam platform atau media. Anda bisa mengunakan berbagai device untuk dapat mengakses aplikasi perpajakan.

Adanya teknologi komunikasi dan informasi berupa aplikasi pajak online ini akan membantu anda dalam bayar pajak online. Oleh sebab itu, pada artikel ini akan dibahas terkait manfaat membayar pajak secara online yang dapat anda nikmati.

Manfaat Bayar Pajak Online

Mau Bayar Pajak Online? 9 Manfaat Inilah Yang Akan Anda Dapatkan

Aplikasi digital pajak ini memiliki beragam manfaat atau keuntungan yang bisa anda dapatkan terkait pengelolaan serta pembayaran pajak. Berikut ini bebera manfaat bayar pajak online:

1. Pelaporan pajak secara digital akan menghemat biaya dan waktu

Salah satu keuntungan atau manfaat dari pembayaran pajak secara digital membuat akan lebih mampu mengefisienkan biaya dan waktu anda. Pelaporan pajak secara online akan memudahkan wajib pajak baik perorangan maupun badan usaha dalam dalam menyampaikan SPT pajak penghasilan.

Pembayaran secara online lebih hemat biaya dan waktu karena anda sebagai wajib pajak tidak perlu ke kantor pajak untuk menyampaikan laporan SPT pajak tahunan anda.

Baca Juga:  9 Keuntungan Progam Amnesti Pajak Bagi Rakyat dan Negara

2. Pembayaran pajak secara digital lebih mudah digunakan

Manfaat lainnya dari pembayaran pajak secara online yaitu lebih mudah dalam proses pengunaan untuk melaporkan pajak tahunan anda. Pembayaran pajak secara online ini sangat bermanfaat bagi wajib pajak yang tidak berasal dari pendidikan perpajakan.

Pembayaran pajak secara online lebih sederhana dari pada membayar pajak secara manual dengan datang langsung ke kantor pajak. Hampir semua apllikasi perpajakan terdapat panduannya.

Hal ini akan membantu anda sebagai orang yang awam pajak untuk membayar pajak secara online. Jika anda mengalami kesulitan maka anda tinggal membaca panduannya tersebut.

3. Bayar pajak online akan terhindar dari kesalahan perhitungan pajak

Ingin Memulai Usaha? Sebaiknya Kenali Aturan Pajak untuk Mendirikan Badan Usaha

Jika anda membayar atau melaporkan SPT pajak tahunan anda dengan aplikasi berbasis onlien maka anda dipastikan akan terhindar dari kesalahan perhitungan. Pembayaran secara online ini mudah dimengerti oleh semua lapisan masyarakat termasuk pada orang yang tidak mendapatkan pendidikan perpajakan atau tidak memiliki staf perpajakan.

Jika menggunakan perhitungan pajak secara manual maka anda akan kesulitan dalam menghitung pajak. Hal ini akan mengakibatkan anda salah dalam menghitung pajak. Namun jika anda menggunakan aplikasi pajak secara online maka akan terhindar dari kesalahan perhitungan pajak.

Aplikasi pajak secara online akan menghitung pajak anda secara tepat, cepat dan akurat sehingga terhindar dari kesealahan perhitungan pajak. Manfaat inilah yang perlu anda perhatikan agar anda tidak berulang – ulang menghitung pajak karena anda menghitung pajak secara manual.

4. Penyetoran pajak secara online akan terjamin kerahasiaannya

Salah satu keuntungan lainnya terkait pembayaran atau pelaporan pajak secara online yaitu akan terjamin kerahasiaannya. Ketika anda melaporkan SPT online maka anda akan mendapatkan bukti pelaporan atau pembayaran pajak secara online yang dikenal sebagai Bukti Penerimaan Elektronik (BPE).

Dimana BPE ini lebih terjamin dibandingkan pelaporan pajak secara manual. Jika anda membayar secara manual maka anda akan mendapatkan Bukti Penerimaan Surat (BPS) atau yang lebih dikenal sebagai bukti kuning.

Bukti ini dalam bentuk lembaran yang rentan sekali rusak atau hilang. Jika dibandingkan dengan bukti elektronik dalam bentuk file yang lebih terjamin kerahasiaannya serta keamanannya.

Baca Juga:  Ingin Memulai Usaha? Sebaiknya Kenali Dulu Aturan Pajak Penghasilan Badan Usaha

Pada undang – undang perpajakan terumata yang terkait dengan Ketentuan Umum Perpajakan (KUP) dijelaskan bahwa bukti pembayaran atau pelaporan pajak harus disimpan miimal 10 tahun sebagai dokumen resmi pajak anda.

Namun jika anda membayar pajak secara online mendapatkan bukti pembayaran elektronik lebih terjaga keamanannya dan lebih mudah dicarinya. Pada umumnya aplikasi ini berbasis web sehingga lebih mudah dan lebih aman.

Karena data disimpan dengan cloud computing atau di database internet bukan di media penyimpan komputer anda. Hal ini akan terjaga keamanannya dibandingkan disimpan di komputer yang mudah hilang atau rusak akibat komputer anda hilang atau rusak.

5. Bayar pajak online terlihat lebih fleksibel

Manfaat lainnya dari membayar atau melaporkan pajak secara online yaitu waktu pembayaran atu pelaporan pajak tahunan anda lebih fleksible. Hal ini terlihat jika anda melaporkan pajak secara manual maka anda harus dibatasi oleh waktu jam buka kantor pajak di daerah anda.

Namun jika anda mengunakan aplikasi pajak maka anda sewaktu waktu bisa membayar pajak tanpa dibatasi oleh jam – jam tertentu. Dengan beralih kebiasaan membayar atau melaporkan pajak melalui aplikasi pajak berbasis online.

Maka anda dapat membayar pajak kapanpun dan dimanapun anda berada. Meskipun anda berada di luar negeri, anda masih tetap bisa menggunakan aplikasi pajak ini asal device anda terhubung dengan jaringan internet.

6. Badan usaha anda akan terlihat lebih profesional

Jika anda menggunakan aplikasi pajak sebagai alat bantu untuk membayar atau melaporkan pajak tahunan usaha anda maka dimata klien anda bisnis anda terlihat profesional. Citra positif inilah yang harus anda tampilkan dihadapan klien anda.

Hal ini akan membuat usaha atau bisnis anda akan terjaga bahkan bisa berjalan kedepan alias bisnis anda maju. Selain itu adanya NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) juga menjadi pertimbangan klien dalam menentukan keputusan terkait surat kerjasama dengan perusahaan anda.

Baca Juga:  Ini Dia Manfaat Pajak Bea Cukai Bagi Masyarakat dan Negara

7. Pembayaran pajak secara online akan menyehatkan kondisi keuangan

Pinjaman Dana Tanpa Jaminan Langsung Cair

Jika membayar atau melaporkan pajak secara online terlihat kondisi keuangan terbukti sehat. Hal ini terlihat dari perhitungan pajak yang tepat dan akurat sehingga terhindar dari kesalahan hitungan.

Dimana kesalahan hitungan ini akan mengakibatkan kondisi keuangan usaha anda akan bermasalah atau tidak sehat.

Manfaat inilah yang perlu anda perhatikan karena kondisi keuangan yang sehat akan membuat usaha anda lancar dan maju karena mendapatkan kepercayaan dari klien anda.

8. Pembayaran pajak secara online akan mudah mendapatkan kepercayaan perbankan

Manfaat satu lagi yang tak kalah penting jika anda membayar pajak secara online yaitu usaha anda akan mendapatkan kepercayaan perbankan. Kondisi ini akan menguntungkan usaha anda, karena anda dapat meminjam modal untuk mengembangkan usaha anda.

Berkembangnya usaha anda maka akan membuat anda lebih sukses lagi. Kepercayaan perbankan itu sangat penting untuk menjadikan usaha anda lebih maju lagi.

9. Pembayaran pajak secara online mampu melestarikan lingkungan

Selain bermanfaat untuk usaha anda, membayar atau melaporkan pajak secara online akan mengurangi kebutuhan akan kertas. Dimana kertas berasal dari pohon yang secara umum pohon berfungsi sebagai paru – paru dunia dan tempat berlindung satwa – satwa.

Jika permintaan kertas berkurang maka akan mampu mengurangi penebangan pohon dan tetap mampu menjaga kelestarian lingkungan.

Baca Juga:  Pajak Penjualan Barang Mewah? Ini Tarif Yang Akan dikenakan

Demikianlah penjelasan terkait manfaat membayar pajak secara online. Bagi anda yang memiliki perusahaan berbadan usaha maka sebaiknya anda menggunakan aplikasi pajak berbasis online agar usaha anda lebih maju dan mampu menjaga keseimbangan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Center BRI 24 Jam Siap Untuk Layani Nasabah

Call Center BRI 24 Jam Siap Untuk Layani Nasabah

Mau Bayar Pajak Penghasilan Usaha? Begini Cara Menghitungnya

Mau Bayar Pajak Penghasilan Usaha? Begini Cara Menghitungnya