Manfaat Dana Pensiun Untuk Persiapan Masa Tua Lebih Baik

Manfaat Dana Pensiun – Dana pensiun merupakan budget yang kita harapkan dan butuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari di masa tua, agar nantinya bisa menikmati hari tua dengan nyaman tanpa harus menyusahkan anak-anak kita.

Namun jika pengelolaan keuangan dana pensiun kurang baik, maka pastinya akan menyusahkan diri kita sendiri nantinya. Sekarang ini banyak yang merasakan dilema karena terdapat pilihan untuk kategori penerimaan dana pensiun.

Manfaat Dana Pensiun Untuk Persiapan Masa Tua

Pilihan pertama penawaran penerimaan dana pensiun dengan cara dibayarkan tiap bulan, jadi kita akan menerima dana tersebut seperti halnya kita masih bekerja. Pilihan kedua penawaran penerimaan dana pensiun dengan cara membayarkannya secara keseluruhan, jadi kita akan menerima keseluruhan dana pensiun sekaligus dengan jumlah yang cukup besar.

Manfaat Dana Pensiun Untuk Persiapan Masa Tua Lebih Baik
Manfaat Dana Pensiun

Diantara kedua kategori uang pensiun tersebut pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun tergantung lagi kembali kepada masing-masing orang. Jika dana pensiun tersebut bisa dikelola dengan baik bukan tidak mungkin akan bisa berkembang.

Pengelolaan Dana Pensiun

Jika dihubungkan terhadap cara pengelolaan keuangan yang baik, ada beberapa hal yang bisa anda ketahui mengenai kelebihan dan kekurangannya, untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Kelebihan penerimaan dana pensiun, jika penerimaannya dilakukan setiap bulan, pejelasannya sebagai berikut:

• Resiko kesalahan dalam pengelolaan keuangan sangat kecil karena rata-rata budget yang dibutuhkan untuk biaya hidup tidak terlalu tinggi. Disini akan banyak biaya yang bisa dipangkas seperti halnya biaya tamasya ke tempat yang jauh, biaya belanja pakaian, biaya nongkrong dan lain sebagainya.

Mengapa demikian? Kebanyakan orang yang sudah memasuki usia senja, cenderung akan mengurangi aktivitas berat yang bisa membuat mereka cepat lelah. Jadi karena alasan inilah budget bisa diminimalisir sedemikian rupa sehingga bisa sangat cukup bahkan lebih untuk memenuhi kehidupan sehari-hari tiap bulannya.

• Kita menjadi lebih tenang karena secara tidak langsung dana pensiun kita dibantu dalam hal pengelolaannya oleh pihak bank, dengan cara hanya mencairkan dana tersebut setiap bulan seperti halnya kita gajian pada saat masih produktif. Jadi kita tidak perlu repot-repot mengelola keseluruhan dana pensiun tersebut, kita hanya perlu mengelola uang yang cair setiap bulannya.

• Tidak ada kesulitan yang berarti dalam hal pengelolaan uang pensiun. K|arena sudah terbiasa mengelola keuangan yang tidak jauh berbeda nominalnya dengan gaji yang kita terima dulu saat masih produktif. Sehingga pengelolaannya tidak membutuhkan cara-cara lain yang lebih efektif lagi.

Baca Juga: 7 Cara Simpel Mengelola Keuangan Pribadi Yang Baik

Kekurangan penerimaan dana pensiun, jika penerimaannya dilakukan setiap bulan, penjelasannya sebagai berikut:

• Jika kita ingin membuka usaha untuk mengisi waktu luang di masa tua kategori ini rasanya kurang tepat. Untuk membuka usaha harus ada modal terlebih dahulu. Tidak mungkin dana pensiun kita yang seharusnya untuk biaya hidup sehari-hari, malah dialokasikan untuk modal usaha.

• Sangat terbatas ruang geraknya untuk mengembangkan uang pensiun tersebut dalam bidang apapun, karena dana tersebut hanya difokuskan pada pemenuhan kebutuhan sehari-hari di masa tua.

• Namanya umur siapa yang tau, jika setelah pensiun tidak lama kemudian kontrak hidup kita di dunia sudah dinyatakan habis alias meninggal dunia, berarti uang pensiun yang kita dapatkan belum terlalu banyak bukan.

Hal ini tentunya sangat merugikan bagi kita. Karena tidak bisa memberikan sebagian dari keseluruhan hak pensiun kita kepada anak dan cucu.

Baca Juga: Pentingnya Mempersiapkan Dana Pensiun Anda Sedini Mungkin

Kelebihan penerimaan dana pensiun, jika penerimaannya secara langsung dengan nominal total keseluruhan, penjelasannya sebagai berikut:

• Dengan dana pensiun yang kita terima secara keseluruhan tentunya sangat berpeluang untuk mengelolanya agar bisa berkembang lebih banyak lagi. Salah satu pilihan yang tepat adalah untuk usaha.

Selain nantinya bisa menghasilkan pendapatan lebih. Kita bisa manfaatkan kesibukan usaha untuk mengisi waktu luang supaya tidak bosan melakukan aktivitas sehari-hari yang monoton.

• Selain untuk usaha, kita bisa mengalokasikan dana pensiun tersebut untuk investasi seperti halnya membeli tanah, rumah ataupun properti lainnya. Bisa kita jadikan sebagai cadangan apabila sewaktu-waktu butuh bisa kita jual dengan harga yang tentunya akan lebih mahal.

• Pilihan selanjutnya adalah mendepositokan sebagian dana pensiun kita supaya bisa berkembang dan tentunya akan lebih aman.

• Jika kita mempunyai waktu untuk hidup hanya sebentar setelah menerima uang pensiun. Maka uang pensiun tersebut bisa kita wariskan ke anak cucu. Dengan jumlah yang lumayan besar tentunya karena memang baru sedikit jumlah dan yang digunakan.

Dengan mengatahui kelebihan dan kekurangan gaji pensiun yang diterima secara langsung (pesangon). Diterima setiap bulan ini kita bisa tahu dan mempersiapkan diri mana kira-kira langkah antisipasi yang lebih baik. Jika kita mengalami salah satu dari dua cara penerimanaan uang pensiun tersebut. Jadi tidak perlu bingung lagi sehingga tidak sampai dana pensiun yang kita terima habis begitu saja tanpa ada pengelolaan keuangan yang baik dan tepat tentunya.

Demikian artikel mengenai Manfaat Dana Pensiun Untuk Persiapan Masa Tua Lebih Baik. Semoga dengan membaca ini anda akan lebih memperhatikan dalam pengelolaan dana yang anda miliki untuk masa tua nantinya. Baca Juga: Investasi Ini Cocok Untuk Mempersiapkan Masa Tua Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *