Manfaat Deposito Berjangka Untuk Nasabah Bank

Manfaat Deposito Berjangka – Untuk sebagian orang terutama para nasabah bank tentu sudah tidak asing lagi bahkan sudah mengenal dan mengetahui Apa itu deposito berjangka. Namun tidak sedikit pula ada yang belum mengenal dan mengetahui apa itu deposito berjangka?

Deposito Berjangka

Deposito berjangka adalah suatu produk atau layanan dari bank yang berjenis tabungan. Bisa diambil dalam batas waktu tertentu sesuai kesepakatan kedua belah pihak yaitu antara bank dan nasabah.

Tabungan deposito berjangka tidak dapat ditarik oleh para nasabah Sebelum jatuh masa Tempo waktu yang disepakati. Melainkan baru boleh diambil atau dicairkan dengan tanggal jatuh temponya. Sesuai perjanjian yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Jika uang yang telah didepositokan ingin ditarik sebelum tanggal jatuh tempo maka nasabah akan dikenakan denda atau penalti. Tentu saja ini sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di bank yang bersangkutan.

Dalam hal ini deposito juga dapat diartikan simpanan mengendap di bank. Tentu dengan mengikuti program deposito berjangka anda akan mendapat keuntungan lebih. Dibandingkan dengan tabungan biasa pada umumnya yang hanya sekedar menyimpan dan mengamankan uang.

Dengan kegiatan ini nasabah akan memperoleh manfaat dari deposito berjangka. Seperti mendapat keuntungan lebih sebagai  tambahan penghasilan yang dapat menguntungkan anda sebagai nasabah nasabah tentunya.

Baca Juga:  Belajar Investasi Saham Bagi Investor Pemula

Syarat Deposito Berjangka Secara Umum

Manfaat Deposito Berjangka Untuk Nasabah Bank

Sebelum mengikuti atau menginvestasikan uang anda di program deposito berjangka Sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu Apa saja syarat-syarat yang harus penuhi.

Bagi anda yang ingin malakukan deposito, Adapun syarat-syarat deposito berjangka secara umum  adalah sebagai berikut:

1. Hal pertama yang harus anda lakukan tentunya dengan mengisi formulir aplikasi pembukuan rekening deposito yang dibuat dan telah disediakan oleh pihak bank tersebut.

2. Menunjukkan identitas diri asli seperti KTP / SIM / Paspor (untuk deposito atas nama pribadi). Sedangkan deposito atas nama perusahaan harus menyerahkan fotokopi bukti / legalitas dari badan usaha atau hukum.

3. Kemudian anda harus melakukan setoran terlebih dahulu guna untuk proses pembukuan rekening. Kemudian nasabah diharuskan mengisi beberapa informasi yang dibutuhkan yang terdapat dalam formulir.

Namun jika masih merasakan kebingungan, Anda tidak perlu khawatir karena petugas bank akan ada dan selalu siap membantu anda dalam hal ini.

Beberapa Manfaat Deposito Berjangka Bagi Nasabah

Seperti pada produk bank pada umumnya deposito berjangka juga memiliki manfaat. Khususnya  bagi nasabah yang menggunakan produk tersebut. Deposito berjangka ini banyak menjadi produk bank yang diminati nasabah.

Baca Juga:  Jenis Investasi Jangka Pendek Paling Menguntungkan

Karena merupakan salah satu layanan bank yang banyak digunakan oleh para nasabah untuk mendapatkan keuntungan lebih dibanding produk bank lainnya. Baik untuk perorangan maupun badan usaha dan bisnis lainnya sebagai aset perusahaan tersebut.

Adapun manfaat deposito berjangka yang dapat di peroleh nasabah adalah sebagai berikut:

  1. Deposito berjangka menawarkan Suku bunga yang relatif lebih tinggi dan lebih kompetitif jika dibandingkan dengan tabungan biasa.
  2. Deposito berjangka tidak hanya bisa digunakan atas nama pribadi saja, akan tapi bisa juga digunakan atas nama perusahaan.
  3. Di deposito berjangka terdapat pilihan jangka batas waktu. Beberapa jangka waktu yang tersedia secara umum adalah: 1, 2, 3, 6, 12, dan 24 bulan (jangka waktu bisa saja berbeda-beda setiap bank).
  4. Bunga dapat diambil pada saat jatuh tempo dalam bentuk tunai. Dan bisa juga diinvestasikan kembali ke dalam pokok deposito yang dimiliki, serta dapat ditransfer ke rekening lain.
  5. Deposito berjangka tersedia dalam berbagai mata uang, tidak hanya rupiah saja. Ini menjadi alasan yang menguatkan mengapa deposito berjangka baik untuk investasi.
  6. Terdapat layanan perpanjang otomatis, sistem ARO (automatic roll over).
  7. Deposito berjangka juga dapat dibuat untuk atas nama, biasanya untuk ahli waris dalam anggota keluarga.

Manfaat Lainnya dari Deposito Berjangka

Selain manfaat yang anda dapat diatas, deposito berjangka anda juga akan mendapat manfaat lainnya. Seperti suku bunga yang relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan biasa.

Tidak jarang dari penggiat investasi menjadikan layanan deposito berjangka ini sebagai salah satu cara investasi yang tepat dan aman.

Dengan adanya produk deposito berjangka membuat anda dapat lebih bisa mengontrol uang pokok yang telah di deposit ke bank. Untuk Keamanan dari deposito berjangka ini sendiri dijamin oleh pemerintah, sehingga akan lebih terjamin.

Jadi bagi anda yang ingin mencari produk investasi yang aman dan sekaligus menabung, maka tidak ada salahnya memanfaatkan produk bank deposito berjangka ini.

Baca Juga:  Tips Belajar Investasi Saham Pemula Untuk Calon Investor

Itulah ulasan mengenai manfaat deposito berjangka untuk nasabah bank. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda yang ingin mencari tempat investasi yang aman. Dengan begitu anda tidak perlu lagi was-was dalam berinvestasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *