in

8 Manfaat Menabung di Bank Syariah Bagi Nasabah

Manfaat Menabung di Bank Syariah – Sebelum mengetahui manfaat menabung di bank Syariah, alangkah baiknya jika anda mengetahaui dulu apa itu bank syariah atau apa saja yang bisa anda dapatkan jika menabung di bank syariah. Agar anda menabung di bank syariah bukan hanya tahu menyimpan uang saja, tapi bisa mengetahui lebih jauh hal-hal yang berkaitan dengan bank tersebut.

Menurut pengertian Bank Syariah secara umum adalah bank yang operasionalnya menggunakan prinsip-prinsip syariah dan ketentuan yang islami (syariah islam). Terutama yang berkaitan dengan cara melakukan muamalah secara islami. Perbedaan yang akan anda temui jika dibandingkan dengan Bank Konvensional adalah jika di bank syariah ini tidak memperbolehkan adanya bunga bank.

Sebab bunga tersebut dianggap riba dan haram hukumnya menurut ajaran islam. Yang mendasari bank Syariah sendiri adalah bank itu akan menjiwai hubungan setiap transaksi. Transaksi tersebut adalah efisiensi, kebersamaan dan juga keadilan dan Efisiensi akan mengacu pada prinsip untuk saling membantu dan memperoleh keuntungan sebesar mungkin.

Sedangkan keadilan akan mengacu pada hubungan yang tidak saling mencurangi antara nasabah dan bank, ikhlas dan sesuai dengan persetujuan atas proporsi pemasukan dan juga pengeluarannya. Sedangkan untuk kebersamaannya mengacu pada prinsip untuk saling membantu dan memberikan nasihat dalam meningkatkan produktivitas.

Pada intinya nasabah dan Pihak bank bisa saling membatu dan saling menguntungkan, jadi untuk lebih faham bisa baca artikel Perbedaan Bank Syari’ah Vs Bank Konvensional Yang Perlu Anda Tahu.

Manfaat Menabung di Bank Syariah

8 Manfaat Menabung di Bank Syariah Bagi Nasabah

Menabung di bank syariah banyak manfaat yang bisa anda dapatkan, mungkin yang belum banyak diketahui masyarat pada umum terutama yang tinggal di daerah terpencil yang susah mendapatkan akses informasi perbankan.

Untuk itu agar lebih mengetahui manfaat menabung di Bank Syariah, Berikut ulasan mengenai manfaat yang akan anda peroleh jika menabung di Bank Syariah:

1. Terhindar Dari Riba

Bagi yang beragama muslim tentu tidak menginginkan hal yang berkaitan dengan Riba. Dengan menabung di bank syariah ini yang menggunakan prisip-prinsip dan ketentuan islami tentu hal tersebut bisa dihindari.

Ini merupakan salah satu cara bagi anda untuk yang tidak ingin terjebak uang riba. Oleh sebab dengan cara anda menabung di bank syariah bisa menghindarkan anda dari yang namanya riba. Dibank Syariah menggunakan perhitungan bukan berdasarkan bunga namun bagi hasil.

2. Menggunakan Syariah Islam

Manfaat mnenabung di bank syariah selanjutnyaa terutama bagi yang beragama islam tentu anda dalam menabung sudah menggunakan cara yang islami meskipun belum 100% persen semua setuju.

Namun paling tidak anda telah menjalankan syariah islam dan telah melakukan muamalah berdasarkan ketentuan yang ada dalam agama islam. Jadi dengan menggunakan syariah islam anda akan sedikit menghilangkan keraguan dalam mengelola keuangan di bank.

3. Sistim Bonus

Menabung dibank syariah tidak menganl dengan yang namanya Bunga Bank, namun di bank syariah menggunakan sistim bagi hasil atau Bonus Terutama jika anda sebagai nasabah bank syariah yang memiliki investasi besar di bank.

Bonusnya bisa dirasakan nasabah setiap bulannya karena bonus tergantung dari keuntungan bank, semakin besar keuntungan maka semakin besar bonus yang akan diberikan kepada nasabahnya.

4. Nasabah Tidak Akan Rugi

Banyak nasabah yang merasa was-was jika bank yang dijadikan untuk lahan investasi mengalami kerugian, namun di Bank Syariah Nasabah tidak perlu khawatir, karena hal tersebut dikarenakan nasabah tidak akan pernah rugi jika bank mengalami kerugian.

Perhitungan bagi hasil yang dilakukan oleh bank syariah tidak pada keuntungan yang diperoleh namun berdasarkan dengan pendapatan yang diperoleh oleh pihak bank setiap bulannya. Menggunakan cara tersebut, nasabah tidak akan dirugikan serta investasi yang ditanam di bank syariah tidak akan berkurang sedikitpun.

5. Terjamin Dengan LPS

Bagi nasabah yang menabung atau menginvestasikan uangnya di bank syariah tidak perlu kuatir. Karena bank syariah investasi nasabah akan mendapatkan jaminan yang diberikan oleh Lembaga penjaminan Simpanan (LPS).

Sehingga investasi yang ditanamnya akan dijamin jika suatu saat mengalami masalah tertentu kedepannya. Tidak hanya dengan tabungan yang bersifat investasi namun tabungan yang sifatnya juga titipan. Perlu anda ketahui Jumlah tabungan titipan maupun investasi yang dijamin oleh LPS ini hingga senilai 2 milyar.

6. Fasilitas Net Banking

Meski bank berbasis syariah, namun fasilitas dan teknologi dalam bank syariah tidak kalah dengan bank konvensional pada umumnya. Dengan fasilitas ini Bank dengan basis syariah bisa memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan transaksi. Bank syariah telah dilengkapi dengan ATM dan juga dilengkapi internet banking yang bisa anda temui dibank Konvensional pada umumnya.

7. Sistem Bagi Hasil

Sudah disebut sebelumnya bahwa di bank Syariah manfaat menabung atau insvestasi menggunakan sistim bagi hasil. Artinya nasabah akan diberikan keuntungan dari bagi hasil antara bank dengan nasabah dari uang yang dikelola oleh bank. Dengan sistem ini, bagi hasil yang dilakukan oleh nasabah dan pihak bank adalah dengan melakukan perhitungan antara pendapatan bank.

Biaya yang dikeluarkan bank akan diambil dari bagi hasil yang menjadi hak bank. Bagi hasil tersebut akan memudahkan dan juga menguntungkan nasabah yang menabungkan uangnya di bank syariah.

8. Aman

Sama halnya dengan menabung amaupun investasi, tentu kemanan merupakan prioritas utama bagi setiap nasabah yang ingin menabung bank tersebut. Dengan itu bank syariah juga menawarkan kemanan dan sudah dipercaya. Untuk Sistem keamanannya bank syariah hampir kurang lebih dengan bank pada umumnya.

Keamananya didukung dengan teknologi pengamanan yang tinggi sehingga orang yang tidak memiliki kepentingan tidak akan bisa mengetahui tabungan anda di bank syariah. Selain manfaat yang sudah disebutkan diatas, Menabung di bank syariah anda sebagai nasabah akan dimudahkan degan diberikan berbagai macam fasilitas yang terdapat di bank syariah. Beberapa fasilitas yang menguntungkan bisa anda dapatkan adalah sebagai berikut :

  1. Biaya administrasi bulanan gratis (tidak ada potongan)
  2. Biaya bulanan untuk kartu ATM Gratis
  3. Melakukan tarik tunai di ATM sendiri maupun di ATM bersama dan juga ATM Prima Gratis
  4. Cek saldo di ATM BRI maupun di jaringan ATM Bersama dan juga di ATM Prima Gratis
  5. Gratis biaya transfer di ATM BRI maupun di ATM Prima dan juga di ATM Bersama
  6. Untuk biaya debit Prima gratis
  7. Mudah Dalam Melakukan Berbagai Macam Transaksi

Manfaat Menabung di Bank Syariah lainnya anda akan diberi kemudahan untuk bisa melakukan transaksi perbankan melalui ATM. baik itu di bank tersebut maupun di ATM bersama dan ATM prima. Keuntungannya saat nasabah melakukan transaksi di ATM tidak akan terkena potongan. Baca Juga: Syarat dan manfaat Menabung di Bank Syariah Mandiri

Written by Zonkeu

Suka mencoba hal baru penuh tantangan yang memaksa otak untuk selalu berfikir keras

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Manfaat Deposito Bagi Nasabah

3 Manfaat Deposito Untuk Anda Sebagai Nasabah Bank

Investasi Reksadana Lebih Menguntungkan dari Emas, Ini Alasannya

Investasi Reksadana Lebih Menguntungkan dari Emas, Ini Alasannya