in

Memilih Deposito Bank Syariah Terbaik Di Indonesia

Investasi kini sudah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat Indonesia. Sebab, berinvestasi tidak hanya sekadar menyimpan uang, namun kita juga bisa mendapatkan keuntungan dari hasil pengelolaan dana kita yang dilakukan oleh pihak pengelola dana, atau perbankan. Meski begitu, tidak sedikit orang yang masih takut dan bingung untuk mulai berinvestasi. Padahal ada begitu banyak produk investasi yang bisa dipilih saat ini. Salah satunya, investasi melalui deposito bank syariah.

Menginvestasikan uang dalam bentuk deposito bank syariah memiliki tingkat risiko yang sangat rendah, dan terbilang mudah. Jenis investasi ini cocok bagi Anda yang baru ingin memulai berinvestasi, dan masih sangat awam dengan produk-produk investasi di pasar modal. Karena seperti halnya deposito yang ditawarkan oleh perbankan konvensional.

Deposito bank syariah merupakan produk investasi dalam bentuk tabungan jangka panjang. Atau dengan kata lain, uang yang Anda tabung dalam deposito tidak dapat ditarik begitu saja. Kecuali bisa di tarik dalam jangka waktu yang sudah ditentukan dalam kontrak investasi yang dibuat pada saat akad.

Deposito Bank Syariah Terbaik Di Indonesia

Memilih Deposito Bank Syariah Terbaik Di Indonesia

Keuntungan Deposito Bank Syariah

Keuntungan atau imbalan yang diperoleh dari deposito bank syariah pun bersifat lebih fleksibel. Keuntungannya akan diberikan sesuai dengan hasil investasi atau pengelolaan dana yang diperoleh pada masa tersebut. Selain itu, persentase pembagian keuntungannya telah dijelaskan pada awal terjadinya akad.

Misalnya, apabila dalam akad disebutkan persentase keuntungan yang akan dibagi dari hasil pengelolaan dana sebesar 70:30, maka Anda akan memperoleh keuntungan sebesar 70%, sedangkan pihak bank memperoleh 30%. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi deposito bank syariah.

Lain halnya dengan deposito bank konvensional. Nilai keuntungan deposito di bank konvensional bersifat lebih pasti, berdasarkan tingkat suku bunga yang telah ditetapkan. Ini tentu tidak fair, karena tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui secara pasti kondisi di masa yang akan datang.

Namun tetap saja, jika Anda ingin menginvestasikan dana Anda pada produk deposito bank syariah, Anda harus dapat dengan cermat memilih deposito bank syariah yang terbaik. Mengingat, masing-masing bank tentu memiliki ketentuan atau kebijakan yang berbeda-beda.

Baca Juga: Produk Investasi Syariah Pilihan Terbaik Untuk Investor

Perusahaan Perbankan Syariah

Beberapa perusahaan perbankan syariah yang bisa Anda pilih untuk mendepositokan dana Anda, antara lain:
1. Bank Muamalat
2. Bank Syariah Mandiri
3. Bank Nasional Indonesia (BNI) Syariah
4. Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah
5. Bank Bukopin Syariah
6. Bank Mega Syariah
7. Bank Danamon Syariah
8. Bank-bank daerah lainnya yang memiliki unit bisnis syariah

Cara memilih deposito bank syariah terbaik

Memilih Deposito Bank Syariah Terbaik Di Indonesia
Image via: https://bloghemat.com/investasi-deposito-syariah-terpercaya-dan-menguntungkan/

Seperti yang telah disebutkan diawal, hal yang tidak kalah penting saat Anda akan berinvestasi di deposito bank syariah adalah, pilih bank syariah terbaik yang dapat memberikan bagi hasil yang menguntungkan buat Anda. Hal ini bisa Anda mulai dengan memilih perusahaan perbankan syariah terbaik di Indonesia, dengan mempertimbangkan beberapa poin penting berikut ini.

1. Reputasi bank syariah yang akan dituju

Mengetahui reputasi dari perusahaan perbankan, tidak terkecuali perbankan syariah merupakan hal yang paling penting dilakukan sebelum Anda berinvestasi di bank tersebut. Mengingat, investasi merupakan suatu hal yang dilakukan dalam jangka waktu panjang.

Dan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah reputasi sebuah perusahaan itu baik atau buruk, Anda bisa melihatnya dari bagaimana pelayanan, sekaligus kinerja yang ditorehkan oleh perusahaan tersebut. Tidak terkecuali saat Anda ingin menakar seberapa baik perusahaan perbankan syariah yang akan Anda tuju.

2. Persyaratan yang dibuat oleh pihak perbankan

Sebelum berinvestasi pada produk deposito bank syariah, Anda juga harus mengetahui apa saja persyaratan yang diminta dan ditetapkan oleh pihak bank tersebut. Apakah persyaratannya sesuai dengan regulasi dan prinsip-prinsip bank syariah.

3. Biaya administrasi dan setoran awal yang ditetapkan oleh pihak perbankan

Dengan mengetahui biaya administrasi dan setoran yang diminta, Anda bisa menakar kemampuan Anda dalam menyisihkan dana untuk dapat berinvestasi dengan baik.

4. Persentase keuntungan bagi hasil yang ditawarkan

Banyaknya perusahaan perbankan syariah membuat Anda harus lebih cermat dalam memilih bank syariah terbaik, sehingga keuntungan yang akan Anda peroleh sesuai dengan yang diharapkan. Jadi, lihat kembali persentase bagi hasilnya, dan bandingkan dengan bank syariah lainnya.

5. Jangka waktu deposito

Ini juga merupakan poin penting yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan akad. Dengan mengetahui berapa lama jangka waktu deposito yang ditetapkan akan membuat Anda lebih mudah dalam membuat perencanaan keuangan. Namun, terlepas dari beberapa hal tersebut, sebelum Anda memutuskan untuk masuk pada suatu instrumen investasi, Anda harus terlebih dahulu mengetahui apa yang menjadi tujuan Anda dalam berinvestasi.

Apakah untuk tujuan memenuhi salah satu program di masa depan, seperti biaya pendidikan, biaya pembelian properti, biaya pernikahan, atau untuk memenuhi biaya lainnya. Sehingga Anda dapat mengetahui kapan seharusnya jangka waktu deposito yang diperlukan untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca Juga: 8 Manfaat Menabung di Bank Syariah Bagi Nasabah

Selain itu, Anda juga harus dapat memastikan berapa besar dana yang dapat Anda sisihkan untuk berinvestasi. Dengan begitu, Anda dapat berinvestasi dengan baik, dan mendapatkan hasil keuntungannya sesuai dengan Anda harapkan.

Written by Zonkeu

Suka mencoba hal baru penuh tantangan yang memaksa otak untuk selalu berfikir keras

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Cara Klaim Asuransi Mobil ACA

Prosedur dan Tata Cara Klaim Asuransi Mobil ACA Yang Benar

Manfaat dan Cara Daftar Asuransi Kesehatan AXA Mandiri

Manfaat dan Cara Daftar Asuransi Kesehatan AXA Mandiri