Mengenal Apa Manfaat dan Fungsi Rekening Koran

Fungsi Rekening Koran – Beberapa orang yang menggunakan fasilitas perbankan sudah tidak asing lagi dengan yang namnanya rekening koran. Hal itu merujuk  kepada sebuah fasilitas dari perbankan. Berisi tentang laporan – laporan yang di berikan dari pihak bank kepada seorang pemilik rekening bank. Sebagai contoh adalah ketika anda membuka rekening giro di bank. Anda akan di kirimi laporan transaksi dalam periode tertentu seperti per satu bulan, hal itulah yagn di namakan rekening koran.

Jika di artika secara kata, rekening koran merupakan sebuah informasi tentang transaksi seseorang yang di lakukan oleh bank terhadap sebuah rekening beserta saldo kas yang ada di bank. Biasanya rekening koran di cetak atau di berikan kepada pemilik rekening secara berkala dan di kirim langsung tanpa adanya perantara ke pemilik rekening langsung.

Atau bisa juga dengan berbagai kebutuhan di cetak sesuai permintaaan si pemilik rekening. Dengan majunya dan bertambah canggihnya teknologi, saat ini kita bisa dengan mudah mendapatkan rekening koran yaitu dengan cara men-downloadnya kapan saja dan dimana saja melaui fitur online banking.

Fungsi Rekening Koran

Mengenal Apa Fungsi Rekening Koran
Fungsi Rekening Koran

Beberapa fungsi atau alasan seseorang membutuhkan rekening koran antara lain :

Memberikan Informasi

Seperti yang sudah di sebutkan tadi di awal bahwa rekening koran sendiri dapat memberikan informasi secara detail mengenai saldo awal , mutasi debit , mutasi kredit dan saldi akhir di setiap ujung bulan. Beberapa aktifitas lain seperti transfer dan lain sebagainya akan tercatat dan di muat secara lengkap dan detail dari mulai tanggal sampai jam transaksi.

Termasuk keterangan yang bisa di cantumkan nasabah saat melakukan transfer dari rekening kita ataupun ke rekening kita. Bank pun sering kali mencantumkan beberapa biaya-biaya seperti biaya administrasi perbulan. Bunga yang di peroleh dalam rekening yang membuat hal itu membantu kita dalam mendapatkan berbagai informasi mengenai rekening tabungan atau giro kita.

Sebagai bukti kuat terhadap hukum

Di era jaman yang sudah instant ini seringkali di salah gunakan oleh beberapa oknum yang memang memiliki niat jahat. salah satunya adalah menipu. Contoh kasus seperti ketika anda berbelanja secara online dengan beberapa pembeli dengan pembayaran secara transfer. Namun pihak toko nya yang memang menjual barang yang kita inginkan merasa tidak menerima sejumlah uang dalam bentuk transfer yang sudah kita konfirmasi tadi.

Oleh karena itu dalam hal ini rekening  koran di perlukan sebagai langkah komplain terhadap transaksi kita yang sudah transfer ke rekening yang bersangkutan. dalam rekening koran tersebut akan tertera dengan jelas mengenai kapan dana kita transfer , kepada siapa ,  dan juga bukti status transaksi yang sudah sukses.

Dengan begitu kita pun memiliki bukti kuat bahwa sudah melakukan transfer secara online . dan beberapa kasus pun rekening koran menjadi bukti yang cukup kuat apabila ingin memperkarakan masalah tadi ke ranah hukum yang lebih serius.

Syarat Mengajukan Pinjaman

Fungsi selanjutnya dari rekening koran sendiri adalah sebagai salah satu syarat untuk mengajukan pinjaman. Biasanya beberapa perusahaan menengah atau pun pengusaha yang sedang maju sudah pasti membutuhkan dana lebih. Untuk sebagai modal tambahan ketika usahanya sedang tumbuh.

Salah satu cara  untuk mendapatkannya adalah dengan mengajukan pinjaman dana tunai kepada bank yang di mana salah satu syaratnya harus memiliki rekening koran selam 3 bulan terakhir. Hal itu di karena pihak bank ingin melakukan analisis secara pasti tentang History atau pun riwayat transaksi setiap pemohon.

Apakah dia layak di beri pinjaman. Meskipun ketika kita layak di beri pinjaman. Selanjutnya bank pun akan melakukan analisis mengenai berapa jumlah maksimal yang bisa di pinjam oleh sebuah perusahaan atau perseorangan kepada bank.

Baca Juga: Apa Yang Menjadi Faktor Penentu Besaran Pinjaman Dana Tanpa Jaminan Proses Cepat di Bank?

Pencocokan Transaksi Bisnis dalam perusahaan

Setiap bisnis atau pun perusahaan sudah pasti memiliki transaksi keuangan yang di lakukan melalui bank. Baik itu uang masuk maupun uang keluar. Dengan memiliki dan mengajukan rekening koran. Kita sebagai pemilik atau pun pejabat yang berwenang akan mudah dalam melakukan kross cek atau pun pencocokan transaksi keuangan. Antara yang di keluarkan bank dengan transaksi yang di tulis dalam arus kas keluar dan masuk.

Pencocokan ini sering di sebut dengan nama proses rekonsiliasi keuangan atau pun ban. Di mana dalam proses ini di lakukan di akhir periode tertentu. Beberapa orang akuntan akan bekerja mencocokkan saldo pada bank perusahaan dengan saldo yang tercatat dalam pembukuan perusahaan. Memang proses ini selalu memakan waktu yang sangat panjang karena seorang akuntan harus mencocokkan secara perlahan satu persatu.

Namun , dengan perkembangan teknologi hal itu bisa di siasati dengan yang namanya jurnal. Jurnal itu sendiri merupakan sebuah software akuntansi yang di jalankan secara online. Yang dimana membantu seorang akuntan melakukan proses rekonsiliasi dengan mudah dan cepat apabila di bandingkan dengan cara manual.

Beberapa fasilitas perbankan memang sudah menyediakan jurnal. Dimana kita tinggal berkonsultasi dengan pihak bank terkait soal jurnal yang akan kita gunakan. Di atas adalah beberapa fungsi rekening koran secara garis besar. Sesungguhnya ada banyak fungsi dan juga manfaat dari rekening koran untuk kemudahan dalam ber transaksi. Dan juga kenyamanan dalam bertransaksi di perbankan. Baca Juga: Pengertian, Fungsi, Jenis Cek dan Bilyet Giro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *