Mengenal Apa Itu E-Payment, Serta Pengertian dan Manfaatnya

Mengenal Apa Itu E-Payment? Untuk Anda yang sering atau sudah pernah melakukan belanja online, tentunya sudah tidak asing kan dengan langkah-langkah berbelanja online. Yang mana Anda memulai langkah awal dengan memilih-milih produk di dalam toko online. 

Kemudian Anda menghubungi si penjual untuk melakukan transaksi pembayaran setelah Anda menemukan produk yang Anda minati. Selanjutnya, Anda tinggal duduk manis, menunggi produk datang ke tangan Anda.

Nah, di dalam transaksi pembayaran, kebanyakan toko online ada yang menggunakan transfer bank. Namun, jika ditanya bagaimana keamanannya? Tentunya hal ini mengundang penipuan.

Maka dari itu, terdapat inovasi pembayaran yang bisa meminimalisir penipuan alias menambah keamanan transaksi pembayaran Anda. Jadi, para pembeli nggak bakal takut deh untuk melakukan pembayaran.

Mengenal Apa Itu E-Payment

Mengenal Apa Itu E-Payment, Serta Pengertian dan Manfaatnya

Inovasi pembayaran produk online tersebut disebut sebagai e-payment. E-payment merupakan sarana perantara transaksi pembayaran secara elektrik atau online. Di mana si pembeli dapat melakukan pembayaran, dan jika penjual tidak mengirimkan produk atau produk belum sampai ke tangan pembeli, uang tidak akan bisa diterima oleh penjual.

Jadi, hal ini dapat meminimalisir penjual melakukan penipuan. Kebanyakan para toko online atau start up sudah mulai menggunakan fasilitas e-payment sebagai keamanan transaksi pembayaran pada e-commerce. 

Hal ini dapat menjamin pembeli atas transaksi pembayarannya. Di mana start up merupakan sarana e-payment yang aman, cepat, dan praktis dilakukan.

Manfaat E-Payment

Manfaat apa itu E-Payment? Ketika penjual dan pembeli menggunakan fasilitas e-payment, maka antara penjual dan pembeli akan mendapatkan beberapa manfaat sebagai berikut :

  • Transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan mudah dan secara universal.
  • Transaksi pembayaran lebih aman dilakukan dibandingkan dengan cara transfer bank ataupun
  • Waktu dan tenaga yang lebih efisien dan praktis.

Baca Juga:  Ingin Membuat Wallet Bitcoin? Kunjungi Situs-Situs Ini

Siapa yang Terlibat E-Payment

Pertanyaan berikutnya, siapa saja sih yang terlibat dalam fasilitas e-payment? Beberapa pihak yang terlibat di dalam fasilitas e-payment di antaranya adalah :

  • Pembeli,
  • Penjual,
  • Issuer, yang merupakan pihak lembaga bank atau non bank,
  • Pengontrol regulasi (regulator). Umumnya, pihak regulator ini adalah pemerintahan. Sehingga, fasilitas e-payment ini masih di bawah naungan lembaga hukum.

Startup yang Menyediakan E-Payment

Untuk Anda yang ingin berbelanja online, lebih baik carilah start up yang menyediakan fasilitas e-payment agar transaksi pembayaran aman dilakukan. Nah, berikut ini adalah beberapa start up yang menyediakan fasilitas e-payment :

Tokopedia

Siapa yang nggak kenal tokopedia? Bahkan di televisi pun sudah mulai beredar iklan tokopedia sebagai platform toko online. Tokopedia merupakan salah satu start up yang menyediakan fasilitas e-payment.

Di mana nanti penjual akan mendapatkan domain khusus untuk berjualan di Tokopedia dan pihak pembeli dapat leluasa memilih-milih produk mana yang bakal bakal ia beli. Dengan adanya e-payment ini, kita dapat bertransaksi secara aman dan praktis.

Kaskus

Kaskus merupakan salah sati forum terbesar di Indonesia yang menyediakan fasilitas e-payment gateway. Fasilitas tersebut lebih dikenal oleh para kaskuser dengan sebutan Kaspay. 

Awalnya memang Kaskus tidak menyediakan e-payment, karena memang dulu bukan forum jual beli, melainkan hanya forum media sosial. Namun, di ultahnya yang ke-10, Kaskus mulai menyediakan e-payment yang bernama Kaspay karena mulai terdapat Forum Jual Beli (FJB).

Doku

Layanan e-payment pada startup ini dulunya bernama NSIApay sebelum berganti nama menjadi Doku. Namun, untuk Doku ini menggunakan kartu kredit dalam pembayaran e-payment. Kelemahannya, orang yang bertransaksi di sini, hanya orang yang memiliki kartu kredit saja.

Baca Juga:  Cara Membuat Akun Paypal Gratis Terbaru

Masih banyak lagi start up yang menyediakan fasilitas e-payment, karena kemudahan dan keamanan bertransaksi secara online inilah yang membuat para start up menyediakan fasilitas e payment.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *