Tulis ArtikelMulai Menulis & Share Artikel Terbaikmu Disini Sekarang !

Mengenal Investasi dan Cara Memulai Investasi dengan Rp 1 Juta

Mengenal Investasi dan Cara Memulai Investasi dengan Rp 1 Juta, Banyak orang yang beranggapan jika memulai investasi, dibutuhkan modal yang besar. Namun benarkah demikian? Kenyataannya, dengan modal yang minim sekalipun, anda tetap bisa melakukan investasi. Bahkan dengan uang 1 juta saja, anda sudah bisa menciptakan peluang untuk mendapatkan penghasilan tiada batas.

Ragam investasi dengan uang 1 juta

Mengenal Investasi dan Cara Memulai Investasi dengan Rp 1 Juta

Ada banyak investasi yang bisa dilakukan dengan modal yang kecil, bahkan dengan uang 1 juta sekalipun. Berikut ini merupakan ragam investasi dengan dana minim yang bisa anda coba.

1. Logam mulia

Seperti yang kita tahu, logam mulia merupakan salah satu contoh investasi yang banyak dipilih oleh berbagai kalangan. Emas dinilai sebagai investasi yang aman tanpa resiko yang besar. Emas juga dapat dibeli dengan modal yang kecil bahkan 1 juta saja atau kurang.

Nilai emas tidak selalu mengalami kenaikan, namun investasi emas cukup menyakinkan dalam meningkatkan pendapatan. Investasi emas bisa dilakukan melalui pegadaian, pembelian di Antam, di Bank atau dapat pula secara online.

a. Investasi emas di pegadaian

Pegadaian bukan hanya berfungsi sebagai tempat untuk menggadai barang-barang, melainkan juga berguna untuk membeli serta menabung emas. PT pegadaian juga memiliki produk investasi emas dengan label syariah. Membeli logam mulia di pegadaian bisa dilakukan lewat program mulia tunai. Anda bisa pilih sendiri emas sesuai ukuran yang diinginkan lalu bayar secara langsung.

Akan ada kuitansi serta sertifikat pembelian sebagai bukti, jika anda telah melakukan pembelian. Selain pembelian langsung, investor juga dapat melakukan konsinyasi emas di pegadaian. Daripada menyimpan sendiri emas dan beresiko hilang, menyimpan di pegadaian tentunya lebih aman.

b. Investasi emas di Antam

Tidak hanya pegadaian, anda juga dapat melakukan investasi emas melalui PT Antam Tbk. Pembelian emas di PT Antam tentunya lebih sederhana namun harus antri menunggu giliran.

Untuk harganya, bisa jadi sama atau malah beda sedikit dari pegadaian. Saat membeli emas di Antam, anda akan dikenai biaya administrasi sesuai dengan besaran yang telah ditetapkan.

c. Investasi emas di Bank

Investasi emas juga bisa dilakukan di bank terutama bank syariah. Investasi ini bisa dilakukan menggunakan metode cicil emas. Metode ini mirip seperti tabungan emas, namun pihak bank akan menetapkan tenor khusus untuk cicilannya.

d. Invetasi emas secara online

Selain langkah di atas, anda juga bisa berinvestasi emas secara online. Langkahnya cukup mudah yaitu dengan melakukan registrasi secara online, verifikasi lalu top up uang. Beberapa situs yang bisa dimanfaatkan untuk menabung emas antara lain adalah Bukalapak, Pegadaian.com serta Tokpedia.

Dengan uang 1 juta, anda bisa mengumpulkan sedikit demi sedikit logam mulia setiap bulannya. Dengan demikian, investasi logam mulia anda akan terkumpul semakin banyak seiring dengan berjalannya waktu.

Investasi emas cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Emas juga dapat dicairkan sewaktu-waktu jika anda membutuhkan. Namun, jika tidak ingin menjual emas tapi keuangan tengah pas-pasan, anda bisa menggadaikannya sebagai jaminan untuk mendapatkan uang.

2. Membuat website

Mengenal Investasi dan Cara Memulai Investasi dengan Rp 1 Juta

Bagi anda yang tengah kebingungan ingin dibuat apa uang 1 jutanya, bisa mencoba berinvestasi dengan membuat website. Website merupakan jembatan di era digital yang bisa digunakan oleh semua orang. Website memiliki banyak kegunaan, bukan hanya sekedar untuk menuangkan ide-ide dalam bentuk tulisan melainkan bisa pula dijadikan sebagai media berbisnis.

Hingga kini banyak sekali contoh orang yang mendapatkan kekayaan melalui media online dimana salah satunya adalah website. Pengembangan website bisa dikategorikan sesuai dengan minat atau hobi seperti bidang kuliner, fashion, travelling dan lain sebagainya.

Website bisa dibuat sendiri secara gratis atau bisa pula dengan membayar orang untuk membangun website anda. Ada beberapa jenis website yang dapat menghasilkan uang seperti website bisnis, website niche serta website pribadi.

a. Website bisnis

Website bisnis didesain untuk platfrorm bisnis seperti halnya pemasaran produk, online shop atau pemasaran bisnis tertentu. Pemilik website bisa mendapatkan penghasilan dari produk atau jasa yang berhasil dijual.

b. Website niche

Jenis website ini berfokus pada satu jenis pembahasan saja dan secara konsisten melakukan update pada topik tersebut. Sebagai contoh, anda membangun sebuah website kesehatan dan berfokus membahas tentang kesehatan saja.

Penghasilan bisa didapat dari iklan yang berhubungan dengan kesehatan seperti obat-obatan atau produk kesehatan yang lain. Semakin banyak pengunjung di website anda, maka semakin banyak pula orang yang ingin beriklan di website tersebut.

c. Website pribadi

Website pribadi untuk menghasilkan uang bisa dilakukan dengan cara membuat endorse atau dengan mereview suatu produk. Website yang demikian, biasanya memperoleh penghasilan dari produk yang telah direview lalu merekomendasikannya kepada pembaca. Dengan kecanggihan internet dini hari yang semakin pesat, sangat rugi jika tidak dimanfaatkan sebaik mungkin terutama untuk meningkatkan penghasilan.

Rata-rata modal awal untuk membangun sebuah website adalah di bawah 1 juta yaitu untuk menyewa hosting serta domain. Namun jika anda memiliki budget yang begitu mepet, anda tetap bisa membuat website gratisan dengan modal koneksi internet saja.

3. Reksadana

Mengenal Investasi dan Cara Memulai Investasi dengan Rp 1 Juta

Dengan uang 1 juta, anda juga bisa memulai investasi dengan memilih investasi reksadana. Tidak perlu 1 juta, dengan ratusan ribu pun, anda sudah bisa memulai investasi jenis ini. Ada beberapa jenis reksadana yang bisa dipilih seperti reksadana saham, reksadana index, reksadana campuran, reksadana pendapatan tetap serta reksadana pasar uang.

Lantas bagaimana cara berinvestasi melalui reksadana dengan modal yang minim? Simak tipsnya berikut:

a. Pahami apa itu reksadana

Jangan memulai investasi jika anda belum tahu mengenai reksadana itu sendiri. Pengetahuan membantu anda untuk bertahan sekaligus mencari jalan keluar jika dikemudian hari terjadi masalah. Reksadana sendiri tergolong sebagai investasi yang aman karena telah terdata dan bersifat resmi di pemerintah.

b. Pahami cara kerjanya

Setelah mengetahui apa itu reksadana, penting bagi anda untuk mencari tahu bagaimana cara kerjanya. Reksadana bukan hanya memiliki return yang cukup besar melainkan juga mudah untuk diakses.

Cari tahu apa saja yang dibutuhkan untuk memulai investasi di reksadana, bagaimana cara mengembangkan investasi, apa kelebihan yang bisa anda dapatkan melalui reksadana tersebut.

c. Tentukan tujuan

Seberapa banyak anda ingin melakukan investasi? Ingin yang jangka panjang atau pendek? Pertanyaan-pertanyaan tersebut sebaiknya dipikirkan matang-matang sebelum memulai investasi reksadana anda. Dalam melakukan investasi sebaiknya anda pastikan dulu apakah reksadana serta manajer investasi yang dipilih telah memiliki ijin.

Jangan mudah tergiur dengan untung besar jika pihak yang menawarkan tidak memiliki ijin secara resmi. Reksadana merupakan salah satu jenis investasi yang cukup menggiurkan. Pengelolaan dananya dilakukan secara profesional oleh para manajer investasi yang telah terlatih dan berpengalaman di bidangnya. Biaya untuk berinvestasi di reksadana juga terjangkau sehingga dapat dilakukan oleh semua orang.

4. Investasi dengan mengasah keahlian

Mengenal Investasi dan Cara Memulai Investasi dengan Rp 1 Juta

Dengan uang 1 juta di tangan, anda sudah bisa melakukan banyak hal dimana salah satunya adalah mengikuti kursus. Ada banyak kursus yang bisa diikuti seperti kursus menjahit, membuat kue, bahasa asing hingga jenis kursus yang lain. Dengan melakukan banyak latihan serta mengikuti kursus secara rutin, skill anda akan semakin terasah.

Skill tersebut bisa dijadikan sebagai penunjang untuk mencari pekerjaan atau bahkan memulai usaha anda sendiri. Dalam mengikuti kursus, sebaiknya dipilih yang sesuai passion atau minat anda dalam bidang tertentu. Dilandasi dengan passion serta niat yang kuat, investasi anda tentu tidak akan sia-sia.

Selain digunakan untuk kursus, anda juga bisa melakukan investasi dengan cara membeli buku. Buku merupakan investasi pendidikan yang bisa diperoleh dengan mudah dan murah. Anda tinggal membeli lalu luangkan waktu anda untuk membacanya. Dengan demikian, pengetahuan akan bertambah.

5. Membeli saham

Mengenal Investasi dan Cara Memulai Investasi dengan Rp 1 Juta

Banyak orang berpikir jika membeli saham membutuhkan dana yang banyak? Kenyataannya, dengan uang ratusan ribu saja, anda sudah bisa menanam saham pada suatu perusahaan. Selain terjangkau, penanaman saham juga lebih mudah karena kini dapat dilakukan secara online.

Anda bisa memilih broker secara online lalu pilih perusahaan mana yang sekiranya cocok anda tanami saham. Seiring dengan berjalannya waktu, ketika saham tersebut mengalami kenaikan, anda bisa menjualnya untuk mendapatkan keuntungan.

Beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memulai investasi saham anda adalah sebagai berikut.

a. Siapkan modal investasi

Langkah pertama adalah dengan menyiapkan modal investasi. Tidak perlu banyak-banyak, karena dengan uang 1 juta pun anda sudah bisa melakukan penanaman modal.

b. Membuat akun untuk berinvestasi

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat akun untuk melakukan investasi. Di akun tersebut, segala transaksi seperti deposit, melakukan penjualan dan pembelian, penarikan dana, menerima dividen dan lain-lain akan dilakukan.

c. Mendaftar di perusahaan sekuritas

Bagi anda seorang pemula, tidak ada salahnya mendaftar di perusahaan sekuritas plat merah agar lebih aman. Plat merah merupakan perusahaan yang dikelola oleh BUMN, sedangkan non plat merah adalah perusahaan yang dikelola swasta atau bukan milik pemerintah.

Langkah pendaftaran bisa dilakukan dengan cara mengisi formulir pembukaan rekening efek, upload file identitas, isi formulir efek lalu tunggu konfimasinya lewat email. Jika sudah selesai, anda sudah bisa memulai transaksi saham melalui akun tersebut.

d. Download aplikasi untuk bermain saham

Setelah mendapatkan user ID serta Client ID berikut dengan password dan pinnya, anda bisa mulai menggunakan akun untuk bermain saham. Beberapa tools yang dapat digunakan untuk bertransaksi saham antara lain adalah MOST App, MOST Mobile, MOST Web dan lain-lain.
Pendapatan dari pemilik saham diperoleh dari 2 macam yaitu dividen dan capital gain.

Dividen adalah bagi hasil yang diberikan dari perusahaan kepada para pemegang saham. Sementara capital gain adalah selisih dari harga saham antara harga beli serta harga jualnya. Mungkin anda berpikir jika uang 1 juta merupakan nilai yang tidak cukup banyak. Namun jangan salah, uang 1 juta bisa dijadikan sebagai sumber pendapatan tak terhingga dengan banyak cara.

Jangan menunggu tua untuk memulai investasi pertama anda. Namun lakukanlah sedari sekarang. Dimana anda masih memiliki penghasilan tetap serta usia yang produktif. Investasi menjaga kehidupan anda lebih terjaga agar dapat bebas finansial di masa tua.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *