Tulis ArtikelMulai Menulis & Share Artikel Terbaikmu Disini Sekarang !

Mengenal Investasi Saham Bisa Anda Jadikan Wawasan Tambahan

Mengenal Investasi Saham – Berbicara soal investasi saham, tentunya Anda secara reflek akan bertanya, gimana sih caranya investasi saham itu? Ya, rasa penasaran itu akan semakin tinggi setelah Anda melihat beberapa teman-teman Anda. Bahkan mulai banyak orang-orang dalam dunia internet yang mulai memainkan investasi saham, hingga anda ditawarkan oleh beberapa orang untuk melakukan investasi saham.

Rasa penasaran yang semakin tinggi mulai memuncak diiringi berbagai pertanyaa seperti cara beli saham itu gimana sih? Terus penjualannya gimana? Emang belinya di mana ya? Caranya main trading saham online supaya dapat untung gimana sih?

Mengenal Investasi Saham

Beribu pertanyaan akan semakin menumpuk jika Anda tidak mencari dan memulainya dari sekarang. Nah, di artikel kali ini, kita akan memberikan informasi mengenal investasi saham khususnya pengetahuan dasar mengenai investasi saham, yang mana bisa Anda jadikan wawasan tambahan dalam dunia saham, khususnya saham online.

Pengertian Saham

Sebelum beranjak ke investasi saham, tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenal investasi saham  atau apa itu saham. Menurut definisi baku dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), bahwa saham merupakan surat berharga sebagai bukti kepemilikan perusahaan. Dengan kata lain, Anda akan memiliki sebagian atau keseluruhan perusahaan, jika Anda memiliki saham pada perusahaan atau lembaga tersebut.

Bagaimana cara mendaftar saham?

Sebagai investor individual atau pemula, Anda tidak bisa langsung saja bermain jual beli saham. Hal ini bisa membuat Anda tertipu dan rugi oleh orang lain alias pemegang saham lain. Sehingga, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana prosedur dari main saham tersebut. Anda bisa mendaftarkan terlebih dahulu diri Anda jika ingin memutuskan untuk segera memulai bermain saham.

Anda bisa mendaftarkan diri ke perusahaan broker saham alias perusahaan yang menyediakan saham untuk Anda. Broker saham ini biasa disebut juga sebagai sekuritas yang merupakan perantara antara pemilik saham dengan pembeli saham. Nah, sekuritas atau perusahaan broker saham ini umumnya dilandasi oleh lembaga yang bernama Bursa Efek Indonesia (BEI).

Baca juga : Cara Investasi Saham di Bursa Efek Indonesia

Peran Broker Saham

Tentunya Anda mulai memahami bagaimana peran broker saham untuk para pemain saham setelah membaca ulasan di atas. Ya. Broker saham ini perannya adalah sebagai perantara antrara penjual dan pembeli saham. Dengan adanya broker saham ini, maka transaksi pun dapat berjalan dengan lancar aman. Untuk mencari broker saham, Anda tidak perlu kerepotan ataupun susah.

Broker Saham Online

Karena di jaman yang serba canggih ini, mulai banyak broker saham bertebaran di dunia internet alias broker berbasis online. Anda bisa mencari broker saham yang terpercaya untuk menjadi perantara Anda dalam bermain saham. Intinya, Anda haru memilih dan benar-benar mendapatkan broker saham yang terpercaya.

Broker saham yang terpercaya adalah broker saham yang sudah memiliki sertifikat atau legalitas yang resmi dari pemerintah. Sehingga, ia dipayungi oleh lembaga badan hukum dalam bertransaksi. Dengan demikian, dana atau uang yang Anda salurkan ke broker akan aman terkendali. Dan Anda bisa bermain saham atau berinvestasi dengan sehat dan aman.

Umumnya, para broker akan memberikan konsultasi atau solusi terbaik untuk para investornya. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi, jika Anda sebagai pemain saham pemula alias baru saja menjadi pemain. Bahkan kebanyakan para broker sekarang juga memberikan beberapa software gratis kepada para investornya agar investornya bisa bermain saham dengan puas dan untung.

Baca juga : Cara Bermain Saham Agar Aman dan Menguntungkan

Karena prinsip para broker adalah, jika Anda semakin untung dalam bermain saham melalui perantaranya, maka dia akan semakin untung pula mendapatkan komisi dari penjual saham. Itulah rantai keuntungan dalam berinvestasi atau berbisnis. Tapi, pada umumnya para broker tidak mendapatkan fee atau komisi dari penjual saham.

Maka, biasanya kita sebagai pihak investor akan dikenakan biaya tambahan atau fee tambahan setiap kali kita bertransaksi. Atau dengan bahasa sederhananya adlah biaya admin. Untuk sekuritas atau broker saham ini memiliki fee admin yang berbeda-beda.

Namun, untuk broker yang ber plat merah alias di bawah naungan pemerintah biasanya tarifnya lebih tinggi dibandingkan dengan broker-broker swasta. Hal itu wajar saja, karena broker ber plat merah sudah terpercaya dan sudah tinggi namanya.

Waktu yang Tepat dalam Bertransaksi

Anda bisa melakukan transaksi jual beli saham di jam kerja yang biasanya disebut sebagai Hari Bursa pada umumnya yaitu :

  • Sesi 1 :

Senin – Kamis, jam 9 s/d 12 siang

Jumat, jam 9 s/d 11.30 siang

  • Sesi 2 :

Senin – Kamis, jam 1.30 s/d 4 sore

Jumat, jam 2 s/d 4 sore

Cara Supaya Untung dalam Investasi Saham

Pada umumnya, untuk mendapatkan keuntungan yang sangat besar tergantung dari lihainya permainan Anda dalam memainkan jual beli saham dalam melakukan trading. Namun, jika Anda masih pemula, jangan terlalu cemas, karena semua butuh proses. Dan Anda akan terbiasa dan mulai ahli ketika sudah terbiasa dan sering melakukannya.

Cara paling umum yang dilakukan oleh para investor atau pemain saham adalah membeli saham dengan harga yang sangat rendah dan menjualnya dengan harga yang sangat tinggi. Istilah sederhananya Anda membeli dengan harga seratus, lalu Anda jual dengan harga seribu. Sehingga Anda mendapatkan keuntungan hingga 900.

Ada juga cara lain dalam mendapatkan keuntungan dalam bermain saham yaitu dengan melakukan pembagian dividend an SHORT alias memprediksi harga saham yang akan jatuh. Namun, cara ini jarang dilakukan oleh kebanyakan investor saham di Indonesia. Karena cara ini disebut sebagai cara gambling alias cara nekat. Hanya orang-orang yang bernyali besar yang berani menggunakan cara ini.

Baca juga : Cara Investasi Saham Untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan

Itulah sedikit ulasan mengenai investasi saham untuk Anda ketahui sebelum Anda memutuskan untuk terjun di dunia trading atau saham. Anda bisa mulai dari sekarang untuk mengurangi rasa penasaran Anda. Selamat mencoba.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *