in

Mengenal Jenis Investasi yang Berbahaya, Agar Lebih Waspada

Mengenal Jenis Investasi yang berbahaya – Investasi menjadi salah satu cara alternatif yang bisa Anda lakukan untuk menyiapkan dana masa depan, sekaligus memperoleh keuntungan. Dan saat ini ada begitu banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih, seperti investasi emas, saham, reksadana, valas, deposito, ataupun investasi properti.

Selain mencermati profil risiko dari jenis investasi yang akan Anda pilih, salah satu hal yang paling penting Anda ketahui adalah memastikan bahwa jenis investasi tersebut bukanlah termasuk jenis investasi yang berbahaya, alias investasi bodong. Maklum saja, banyak celah yang bisa dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Salah satunya, dengan menawarkan produk investasi “abal-abal”.

Bukan hanya menyasar mereka yang awam soal investasi, berita mengenai investasi bodong juga pernah dialami oleh orang-orang yang termasuk dalam kategori berpendidikan baik. Pasalnya, mereka akan berupaya menggunakan berbagai cara yang cukup meyakinkan untuk menarik investor, ataupun orang yang baru akan memulai investasi untuk menginvestasikan uangnya pada produk yang mereka tawarkan.

Mengenal Jenis Investasi yang Berbahaya, Agar Lebih Waspada

Karena itu, selain penyebaran informasi yang dilakukan pihak otoritas, Anda sebagai masyarakat juga paham dan sadar akan hal tersebut. Jadi, ketika Anda ditawarkan seseorang untuk berinvestasi, Anda harus cermat dalam menghitung keuntungan yang diperoleh. Jangan hanya karena tawaran mendapatkan keuntungan yang tinggi, Anda langsung menyetujui untuk menjadi investor pada produk investasi yang ditawarkan tersebut.

Mengenal Jenis Investasi yang Berbahaya

Kenali terlebih dahulu perusahaan investasi ataupun orang yang menawarkannya, serta profil risiko dari produk investasi tersebut. Misalnya, jika Anda mendapatkan tawaran berinvestasi dengan keuntungan 100%, atau bahkan lebih dari nilai pokok, Anda harus lihat kembali jenis investasi, karakteristik, dan profil risikonya.

Mintalah simulasi perhitungannya, dan bandingkan dengan jenis investasi sejenis yang ditawarkan perusahaan investasi lainnya. Selain menghindari kerugian besar di masa yang akan datang, Anda pun bisa merasa aman dan tenang dalam melakukan investasi. Berikut beberapa jenis investasi yang berbahaya atau investasi bodong yang perlu Anda ketahui.

1. Investasi penggandaan uang

Anda mungkin pernah mendengar kasus investasi penggandaan uang. Jenis investasi ini sudah merugikan banyak orang. Kerugian yang ditanggung para investornya pun tidak bisa dibilang sedikit, banyak dari mereka yang harus kehilangan uang hingga ratusan juta, bahkan miliaran.
Biasanya, di awal penawarannya, investasi ini memang cukup meyakinkan Anda.

Salah satunya, dengan menciptakan seorang tokoh atau orang yang sudah sukses berinvestasi dengannya. Hal tersebut dilakukan untuk bisa menjaring dana yang lebih besar dari para investor. Namun ketika sudah banyak investor yang masuk, dana yang sudah disetorkan oleh investor tidak dapat dikembalikan oleh pelaku.

2. Investasi dalam bentuk emas palsu

Mengenal Jenis Investasi yang Berbahaya, Agar Lebih Waspada

Emas menjadi salah satu jenis investasi yang menarik investor. Selain sifatnya yang terbilang lebih likuid, investasi emas dipilih karena risiko kerugiannya sangat minim. Sebab, harganya mengalami kenaikan setiap tahunnya. Karena itu, jenis investasi ini juga berpeluang dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin berbuat jahat. Mereka dengan tanpa bersalah menawarkan investasi dalam bentuk emas koin, lempengan, ataupun logam, namun emas yang ditawarkan tersebut sebenarnya adalah emas palsu.

Biasanya, pelaku meminta korbannya untuk menyetorkan uang yang akan ditukarkan ke dalam sejumlah emas. Selain itu, harga yang ditawarkan untuk pembelian emas tersebut lebih murah daripada harga pasarannya, sehingga membuat Anda tergiur untuk tidak membelinya. Dan dengan iming-iming memiliki harga jual yang lebih tinggi di kemudian hari. Jadi, waspadalah akan hal ini.

3. Investasi dari pemindahan harta warisan

Jenis penipuan investasi pemindahan harta warisan biasanya dilakukan melalui layanan teknologi internet. Mereka mencoba meyakinkan ke sejumlah orang tentang jenis investasi ini melalui layanan surel atau email. Tawarannya, dana sekaligus keuntungannya baru akan ditransfer dan dapat dicairkan jika Anda telah melakukan transfer sejumlah uang.

Pelaku beralasan, dana yang Anda transfer tersebut merupakan dana untuk pengurusan proses pencairan dana yang nilainya sangat besar. Untuk jenis kejahatan ini, pelakunya tentu saja bisa dari orang-orang luar negeri ataupun dalam negeri yang memang ingin berniat jahat. Jadi, berhati-hatilah.

Nilai keuntungan yang ditawarkan mereka pun cukup beragam. Mulai dari 15% sampai dengan 30%, bahkan lebih, dan biasanya dalam bentuk dolar. Karena itu, membuat sebagian orang yang sedang lengah atau tidak berpikir panjang dengan senang hati mentransfer uangnya kepada pelaku, yang pada akhirnya menghilang tanpa kabar.

Beberapa hal yang perlu dicermati sebelum Investasi

Selain ketiga jenis investasi yang berbahaya tersebut, berbagai instrumen investasi lainnya juga dimungkinkan dapat dimanfaatkan oleh para pelaku tindak kejahatan. Tapi, hal ini jangan sampai membuat Anda takut untuk memulai investasi. Karena dari penjelasan tersebut, Anda tentu dapat mengambil kesimpulan untuk mengenali jenis investasi yang berbahaya dengan mencermati beberapa hal berikut:

1. Jangan tergiur dengan keuntungan yang tinggi, terlebih jika di luar logika Anda.

2. Jangan terkecoh dengan tokoh yang dimunculkan sebelum Anda tahu kebenarannya.

3. Jangan terburu-buru dalam membuat keputusan sebelum Anda menghitung nilai dan keuntungan investasi dengan cermat.

4. Kenali perusahaan investasi atau orang yang menawarkan investasinya kepada Anda.

5. Kenali karakteristik dan profil risiko dari produk investasi yang ditawarkan.

6. Buatlah persentase perhitungan untung ruginya, dan bandingkan dengan jenis investasi yang ditawarkan oleh perusahaan atau pihak lain.

Itulah beberapa hal tips untuk mengenal investasi berbahaya. Ini penting sebelum anda melakukan atau memutuskan untuk berinvestasi. Tujuannya tidak lain agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Written by Zonkeu

Suka mencoba hal baru penuh tantangan yang memaksa otak untuk selalu berfikir keras

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Persyaratan Klaim Asuransi Mobil ACA

Persyaratan Klaim Asuransi Mobil ACA

Apa Saja Kelebihan Asuransi Mobil ACA? 4 Hal Ini Sebaiknya Anda Tahu!

Apa Saja Kelebihan Asuransi Mobil ACA? 4 Hal Ini Sebaiknya Anda Tahu!