Mengenal Jenis-Jenis Laporan Keuangan Dalam Dunia Akuntansi

Mengenal Jenis-Jenis Laporan Keuangan – Membuat laporan keuangan merupakan salah satu cara untuk mengetahui tentang keuangan sebuah perusahaan. Selain itu dapat di gunakan untuk melihat sampai mana dan juga bagaimana kinerja dari pada sebuah perusahaan pada periode tertentu.

Dengan di buatnya sebuah laporan keuangan para pemimpin atau pun pejabat yang berwenang dapat melihat lebih detail tentang kondisi keuangan sebuah perusahaan secara detail.

Bisa di baca dari data-data aktual mengenai kondisi sebenarnya sebuah perusahaan. Perusahaan berkembang biasanya memiliki sistem pelaporan keuangan yang baik dan juga tertata dengan rapih dan juga tepat.

Tanpa adanya sebuah laporan keuangan , sebuah perusahaan akan terkena kesulitan dalam melakukan beberapa analisis yang terjadi dalam perusahaan dan kesulitan dalam meng evaluasi sebuah kinerja perusahaan.

Mengenal Jenis-Jenis Laporan Keuangan

Jenis-Jenis Laporan keuangan

Meskipun laporan keuangan bisa di satukan , namun beberapa orang membagi -bagi laporan keuangan menjadi beberapa jenis lapiran.

Tujuannya adalah membuat lebih sederhana pelaporan yang di buat dan tidak akan tertukar antara sebuah laporan dengan laporan lainnya.

Baca Juga:  7 Contoh Laporan Keuangan Lengkap dan Terbaru

tercatat ada empat jenis laporan keuangan yang ada dalam dunia akuntansi. beberapa di antaranya adalah :

Laporan Laba Rugi

Bisa di tebak dari namanya bahwa jenis laporan ini memiliki fungsi untuk membantu kita dalam mengetahui tentang pergerakan atau pun laporan lainnya tentang laba dan rugi sebuah perusahaan.

Perhitungannya sendiri adalah ketika sebuah perusahaan memiliki pendapatan lebih besar dari pada biaya operasional. Atau pun beban perusahaan hal itu memberikan arti bahwa usaha anda sedang memperoleh lama.

Namun sebaliknya apabila pendapatan perusahaan malah lebih kecil dari pada beban sebuah perusahaan hal itu menandakan perusahaan kita sedang mengalami kerugian yang besar kecilnya bisa di hitung dari laporan sebuah keuangan.

Biasanya, terdapat 2 cara yang lebih sering di gunakan untuk menyusun sebuah laporan laba dan rugi. Ke dua cara tersebut adalah cara langsung dan cara bertahap.

– Metode Langsung, cara ini memang cara yang paling mudah dari pada cara bertahap. Kita sebagai seorang penyusun laporan hanya perlu menjumlahkan dari seluruh pendapatan dari hal yang paling awal sampai paling akhir dari kelompok.

Lalu kemudian menguranginya dengan total beban biaya sebuah perusahaan dalam periode tertentu  yang sedang berlangsung.

– Metode bertahap, seperti yang sudah di sampaikan tadi bahwa cara ini memang lebih sulit. Di karena kan pendapatan perusahaan di pisahkan menjadi 2 kategori yaitu kategori pendapatan operasional yang dimana berasal dari kegiatan pokok perusahaan.

Dan pendapatan non operasional yang dimana pendapatnya berasal dari luar kegiatan pokok perusahaan. Pembagian kategori di atas juga berlaku pada beban atau pun biaya perusahaan yang sedang berjalan.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Jauh Komponen Laporan Keuangan Bank

Laporan Perubahan Modal

Jenis laporan selanjutnya adalah laporan perubahan modal.  seperti yang kita ketahui sebagai sebuah perusahaan sudah pasti akan ada perubahan modal awal yang di tanam .

Hal itu terjadi karenamodal harus di gunakan untuk menjalankan operasional perusahaan dan juga karena adanya penambahan dari perputaran laba yagn di dapat oleh sebuah perusahaan.

Penggunaan modal itu sangat penting mengingat hal itu adalah sebuah awal dari perusahaan. Laporan perubahan modal yang sering di sebut dengan nama capital statement. Merupakan salah satu jenis laporan yang masuk dalam ilmu akuntansi.

Berfungsi untuk memberikan informasi secara menyeluruh mengenai perubahan modal. Ataupun ekuitas dari sebuah perusahaan dalam beberapa periode tertetu ataupun satu periode.

Laporan perubahan ini memang memiliki fungsi sebagai penunjuk dari seberapa besar perubahan modal yang terjadi di sebuah perusahaan dalam rentan waktu tertentu.

Neraca

Jenis laporan selanjutnya adalah laporan neraca. Laporan jenis ini merupakan salah satu jenis laporan yang masuk dalam ilmu akuntansi yang dimana menyajikan akun-akun aktiva, kewajiban , dan modal salah satu periode khusus.

Neraca itu sendiri biasanya terdiri dari pada du abentuk yaitu bentuk horizontal dan juga bentuk vertikal. Dalam laporanya senidir nilai dari modal neraca pada neraca meruapkan nilai yang tercatat pada laporan perubahan modal.

Kesimbangan dari pada neraca sendiri dapat tercapai. Karena adanya laporan perubahan modah yang sudah terdiri dari pendapatan dan juga biaya yang tercarat secara kompleks pada laporan rugi dan laba.

Laporan Arus Kas

Jenis-Jenis Laporan Keuangan yang terakhir adalah laporan arus kas. Jenis laporan ini sudah pasti sering di pakai oleh beberapa orang. Gunanya untuk mengetahui tentang arus kas yang telah diperoleh dan juga di keluarkan.

Di dalam sebuah perusahaan yang besar pun laporan arus kas ini sangatlah penting. Tujuannya untuk mengetahui secara pasti berputaran arus dana yang ada di dalam perusahaan tersebut.

Hal itu meliputi kemana dana itu pergi dan dari mana saja dana perusahaan masuk. Dengan begitu para petinggi perusahaan dapat mengontrol secara penuh dana perusahaan yang di miliki.

Dan juga mengontrol untuk mengetahui tidak ada arus kas yang terbuang karena hal yang tidak perlu. cara mengetahui arus kas masuk dapat di lihat dari beberapa sumber tertentu.

Seperti hasil dari sebuah kegiatan operasional dan juga kas yang di peroleh dari beberapa pendanaan atau pinjaman.

Sedangkan untuk arus kas keluar sendiri bisa di lihat dari berapa besar beban biaya yang harus di keluarkan oleh sebuah perusahaan dengan berbagai tujuan dan pemanfaatannya.

Baca Juga:  Jenis - Jenis Laporan Keuangan Perusahaan Dalam Akuntansi

Itulah beberapa Jenis-Jenis Laporan Keuangan dalam sebuah perusahaan baik perusahaan besar atau pun kecil. Beberapa laporan di atas sifatnya.

Wajib bagi seseorang yang menginginkan perusahaannya agar tetap maju dan berjaya dengan persaingan ekonomi yang terus meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *