in

Mengenal Macam-macam Diskon

Mengenal Macam Diskon – Pada hari-hari seperti sekarang ini, kondisi keuangan negara melemah, banyak orang belajar berhemat uang. Bukanlah hal yang susah, mereka melakukan hal ini untuk kesejahterahan kehidupannya pada masa yang mendatang. Mereka lebih condong membeli barang dengan harga murah kualitas baik dari pada beli barang yang mahal.

Diskon. Diskon merupakan favorit semua orang, tidak hanya wanita, walaupun wanita lebih suka berbelanja dari pada pria. Diskon akan tetap menjadi perbincangan yang hangat. Lalu mengapa wanita lebih identik dengan diskon? Sebab, banyak barang wanita yang dapat di produksi murah dari pada barang yang di pakai laki-laki. Ini merupakan salah satu alasannya. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan laki-laki tidak menyukai diskon bukan? Bayangkan saja jika pada produk toko olahraga ada diskon besar-besaran, laki-laki juga akan tetap pergi untuk melihat (Apalagi produk olahraga terkenal).

Tidak di pungkiri diskon merupakan favorit semua orang. Tapi, apakah pernah terbesit pada benak anda “Bagaimana bisa toko ini mendapatkan untung jika melakukan diskon sebesar ini?” jika memang anda memikirkannya, maka artikel ini akan menjawab pertanyaan anda.

Pada artikel ini, kita akan mengenal lebih dalam mengenai diskon, macam-macam diskon. Diskon sendiri adalah potongan harga yang di berikan oleh toko/ lembaga. Tujuan diskon ini diadakan adalah untuk menjual barang-barang yang susah dijual, biasanya di gunakan toko untuk cuci gudang (Di lakukan pada akhir tahun). Sebab, pada tahun yang baru mereka akan melakukan stok ulang, barang yang di jual dalam cuci gudang ini sendiri barang-barang lama yang sudah di stok dari awal tahun, namun masih belum habis terjual. Diskon pun bermacam-macam, sesuai dengan lama barang tersebut.

Berikut merupakan Jenis/ macam Diskon:

  • Up to Diskon

Tidak jarang kita melihat pada toko dan lainnya dengan banner dan spanduk besar dengan tulisan “Diskon Up to 70%”. Biasanya tulisan pada banner yang mereka miliki 70% dengan besar, dan tulisan “Up to” dengan kecil, ini merupakan sebuah trik dari toko tersebut untuk menggaet pengunjung agar tertarik pada toko mereka.

Yang di maksudkan diskon jenis ini adalah adanya diskon pada toko mereka, Hingga diskon yang terbesar, 70%. Berhati-hati dengan tulisan ini, coba mulai di mengerti sekali lagi, apa maksud kata “Hingga” tersebut. Diskon yang ada pun beragam dalam toko tersebut.

Ini tidak di salah. Sebab, ini merupakan strategi marketing di setiap toko masing-masing cara mereka untuk mendapatkan pembeli.

Baca Juga: 19 Tips Smart Berhemat Pengeluaran hari ini Saat Belanja Supermarket

  • Diskon Member

Diskon kedua ini adalah diskon dimana mereka memberikan hanya untuk pelanggan setia produk dan toko mereka. Biasanya mereka memiliki artibut dari toko mereka, berupa member card atau stamp dan lainnya. Banyak macam dari diskon member ini, ada yang mulai tingkatan kartu keanggotaan, jika memiliki kartu dalam tingkat 3 mendapatkan diskon 10%, jika memiliki kartu tingkat 2 mendapatkan diskon 15%, dan tingkat 1 mendapatkan diskon 30%.

Ini merupakan strategi kedua, kasaran dari diskon ini adalah anda akan mendapatkan diskon jika anda membeli kartu keanggotaan, atau anda bisa mendapatkan kartu keanggotaan jika anda mencapai nominal tertentu dalam pembelian produk. Memberi diskon tidak menjadi hal yang susah jika produk terjual, bukan?

  • Diskon Plus

Biasanya kita dapat menemukan diskon jenis ini pada departemen store seperti; matahari, metro, dan sejenisnya. Diskon ini sangat mengecoh pengunjung, karena tertulis diskon besar dengan ada tambahan diskon kecil. Contohnya saja; Baju dengan diskon 50% dengan tambahan diskon 20%. Bagi orang awam yang jarang berbelanja, mereka akan menambahkan kedua diskon tersebut sehingga mereka mengira mendapatkan diskon 70%. Namun, kenyataan bukanlah demikian. Yang dimaksut diskon ini adalah harga awal di diskon 50% dan hasil dari diskon tersebut baru di diskon 20%.

Ini adalah strategi marketing lainnya, ketika orang mengira akan mendapatkan diskon dengan banyak padahal tidak demikian, jika kita melihat, diskon 50%+ 20% perhitungan diskon hanyalah 55%. Mereka menggunakan tulisan diskon ini untuk mengecoh pembeli, dengan membuat pembeli merasa mendapatkan banyak keuntungan dalam membeli produk mereka.

  • Diskon dalam waktu sempit

Diskon jenis satu ini di gunakan biasanya dalam Midnight sale, Flash sale dengan memberikan waktu pada diskon tersebut. Banyak cara melakukannya, ada dengan waktu yang terbatas saja.

Ini merupakan cara marketing, mereka menggunakan waktu yang tersedia sangat sempit untuk membelinya, dan seakan memacu pembeli untuk membeli tanpa berpikir panjang. Ini cara mendesak customer untuk membeli. Waktu terbatas tersebut akan membuat esensi, jika anda tidak memilih sekarang, maka anda bisa kehabisan atau bahkan tidak ada kesempatan untuk membeli dengan harga tersebut.

  • Diskon Bersyarat

Diskon bersyarat ini sedikit ada kemiripan dengan diskon up to. Kesamaannya adalah mereka membuat spanduk ada diskon dengan tulisan “S&K berlaku” dengan font yang kecil. Strategi marketing yang sama juga di gunakan untuk mengecoh pembeli. Para calon konsumen banyak melihat diskon ada berapa dan menghiraukan syarat dan ketentuannya.

Pada diskon bersyarat ini bisa di bagi menjadi 2 jenis diskon bersyarat, antara lain;

  1. Diskon Kredit

Pada diskon ini biasanya penjual akan memberikan diskon dengan syarat, jika anda dapat melunasi dalam jangka waktu 30 hari maka akan di berikan diskon sebesar 30%, jika anda melunasi dalam 45 hari maka akan diberikan diskon sebesar 25% dan lainnya.

Diskon ini sendiri dilakukan dengan cara memberikan piutang kepada konsumen yang datang ber belanja.

Baca Juga di : Kapan kita layak memiliki kartu kredit

           2. Diskon Tunai

Diskon bersyarat kedua ini adalah diskon yang bisa di bilang sangat jujur sebab diskon berlaku sesuai yang tertulis pada keterangan brosur.

  • Diskon Penjual

Diskon ini banyak di temui di pasar Tradisional. Diskon penjual ini biasanya di temukan jika penjual di pasar menjual dengan harga tinggi. Namun, pembeli meminta harga yang jauh lebih rendah. Kesepakatan harga ini juga bisa termasuk di dalam diskon, sebab adanya penurunan harga, perbedaannya adalah diskon jenis ini dilakukan secara langsung tanpa ada keterangan tertulis pada banner.

  • Diskon Kartu

Diskon ini biasanya di berikan kepada orang-orang yang memiliki tabungan pada bank atau memakai hal tertentu. Biasanya bank akan memberikan penawaran potongan harga pada mereka yang menggunakan jasa dan layanannya. Kedua mereka menawarkan produk mereka, jika memakai produk dari bank mereka.

Baca Juga: Syarat Membuka Tabungan Mandiri Mitra Usaha TabunganMu

Dari sekian banyak diskon, ada 1 hal penting yang perlu di ketahui bahwa setiap orang mengambil keputusan untuk ber jualan itu untuk mendapatkan untung. Tidak ada 1 orang pun yang mau berjualan untuk rugi. Maka dari itu, kita dapat simpulkan sekarang, bahwa harga yang sudah di diskon tersebut sudah memberikan keuntungan yang lebih kepada penjual. Maka, harga sebelum diskon tersebut adalah harga dimana sudah di naikan otomatis keuntungan dari penjualan barang tersebut lebih besar.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Perbedaan Investasi Saham dan Reksa Dana Saham

Perbedaan Investasi Saham dan Reksa Dana Saham

Perhatikan! Hal Ini Membuat Uang Anda Cepat Habis!

Perhatikan! Hal Ini Membuat Uang Anda Cepat Habis!