Ini Pentingnya Harus Mengganti Pin ATM Anda Secara Berkala

Mengganti PIN ATM salah satu cara antisipasi terhadap kejahatan. Kerana Automatic Teller Machine ATM) merupakan fasilitas dari perbankan jika tidak hati-hati bisa saja anda menjadi korban kejahatan.

Dengan menggunakan ATM anda dapat menarik ataupun menyetor uang tunai tanpa anda harus datang langsung ke bank yang bersangkutan. Namun untuk dapat mengakses ATM, baik itu kartu debit ataupun kartu kredit diperlukan PIN (personal identification number).

Tahukah anda dibalik kemudahan juga ada sebuah bahaya menghadang pengguna ATM? Tak terkecuali anda menggunakan ATM BRI, Mandiri, BNI, BCA, BTN. Intinya semua bank yang menggunakan fasilitas ATM sebagai alat transaksi.

Mengganti Pin ATM Antisipasi Kejahatan

Ini Pentingnya Harus Mengganti Pin ATM Anda Secara Berkala

Pernahkah anda mendengar di berita nasabah yang tiba-tiba kehilangan seluruh uangnya secara mendadak?. Mereka adalah korban kejahatan dengan modus Skimming.

Dengan modus ini seluruh data yang ada di dalam kartu ATM akan terdata. Sehingga pelaku dapat mengambil uang yang ada di dalam rekening korban.

Modus ini dilakukan dengan cara memasang skimmer di mesin ATM. Bentuknya sebuah alat kecil dan tipis yang dipasang di depan slot kartumesin ATM. Berfungsi untuk dapat merekam data data yang ada di dalam kartu ATM yang anda gunakan.

Alat ini biasanya tidak disadari oleh nasabah, sehingga otomatis saat memasukkan kartu ATM ia sudah menjadi korban kejahatan skimmer.

Selain itu pelaku juga memasang kamera pengawas tambahan di sekitar ATM. Fungsinya untuk merekam gerakan tangan anda saat memasukkan kode pin ATM anda.

Setelah mereka mendapatkan seluruh data-data dan juga PIN ATM, maka pelaku dengan cepat akan menguras semua saldo yang ada di dalam rekening korban. Modus seperti ini biasa dikatakan masih sangat sulit untuk dihindari.

Selain dibutuhkan kejelian dan ketelitian saat berada di mesin ATM. Salah satu kelemahan kartu ATM yang ada di Indonesia adalah masih menggunakan magnetic stripe atau pita magnetic yang berwarna hitam dan ada di bagian belakang kartu sebagai sarana penyimpanan data.

Padahal kalau bank bisa lebih jeli lagi penggunaan kartu debit ATM menggunakan chip. Karena ini memiliki tingkat keamanan lebih tinggi dibandingkan dengan magnetic stripe. Inilah mengapa sekarang kebanyakan kartu kredit sudah menggunakan chip untuk keamanan penggunanya.

Baca Juga:  Cara Daftar SMS Banking BRI dan Aktivasi Via ATM

Lakukan Secara Berkala Mengganti PIN ATM

PIN (Personal Identification Number) berisikan password penting untuk melindungi keamanan dana nasabah di rekening bank. Dengan mengganti password secara berkala nasabah akan merasa nyaman dan aman saat melakukan berbagai transaksi perbankan.

Dari pihak bank sendiri juga sudah memberikan sosialiasi untuk rutin mengganti pin ATM secara berkala. Hal ini demi untuk keamanan nasabah itu sendiri supaya terhindar dari modus kejahatan skimmer.

Melakukan penggantian pin ATM secara berkala adalah sebuah hal wajib yang mau tidak mau harus dilakukan oleh semua nasabah bank. Biasanya mereka yang enggan mengganti pin ATM secara berkala beralasan kalau penggantian pin ATM ini akan merepotkan.

Terutama bagi mereka yang sering lupa, jelas mengganti pin ATM secara berkala adalah sebuah permasalahan yang cukup serius. Tapi sayang mereka tidak sadar kalau kerepotan ini sendiri ditujukan untuk keamanan dana mereka sendiri.

Tujuannya agar terhindar dari resiko bobolnya rekening tabungan dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Apakah kejahatan di ATM hanya ini saja? Tentu saja tidak, ada modus lain yang tidak kalah meresahkan. Modus kejahatan perbankan dengan menggunakan skimmer saat ini sudah mulai bisa diatasi.

Menghindari Resiko Bobolnya Rekening Tabungan

Untuk menghindari Pembobolan rekening Tabungan Nasabah beberapa bank memasang alat tambahan. Seperti alat anti skimmer, menyisir kamera-kamera pengawas yang bukan milik bank tersebut.

Tindakan ini disebut bisa meminimalisir korban kejahatan skimmer, walaupun belum semua bank melakukannya. Modus kejahatan lainnya selain skimmer adalah dengan call center palsu yang tertempel di ATM.

Modus yang biasanya digunakan pelaku adalah dengan mengganjal slot kartu ATM sehingga kartu terjepit didalamnya. Di kondisi yang sama, ada satu pelaku lainnya yang berpura-pura berada di tempat kejadian.

Dan orang ini akan menyarankan untuk menelepon call center palsu yang stikernya ditempel di lokasi kejadian. Bahkan tidak jarang mereka meminjamkan handphonenya supaya korban menelepon ke call center palsu tersebut untuk meminta bantuan.

Saat korban menelepon, secara tidak sadar korban akan digiring kedalam pembicaraan. Pada akhirnya meminta nomer pin ATM korban dengan dalih untuk mengecek kondisi rekening korban. Meminta korban untuk datang ke bank keesokan harinya untuk mengambil ATM yang “terjepit” tadi.

Disaat korban sudah pergi dari mesin ATM, pelaku yang ada di tempat kejadian segera mengambil kartu ATM yang terjepit tadi dan menguras habis isi rekening milik korban.

Baca Juga:  Cara Registrasi dan Aktivasi Danamon Online Banking

Perilaku Sehat Transaksi Bikin Hati Nyaman

Perilaku sehat transaksi bikin hati nyaman

Segala macam resiko kejahatan perbankan pastilah bisa dihindari. Disinilah arti pentingnya mengganti pin ATM secara berkala supaya anda bisa terhindar dari kejahatan skimmer.

Alat skimmer ini bisa didapatkan dengan mudah di pasar gelap dengan harga yang cukup terjangkau. Harganyapun tidak sampai $500 sehingga para pelaku kejahatan bisa melakukan aksi kejahatan ini di kemudian hari.

Bahkan mereka yang sudah expert dapat membuat alat ini dengan sangat mudah. Selain mengganti ATM  secara berkala anda bisa juga melakukan beberapa tindakan preventif supaya terhindar dari kejahatan ini, baik yang menggunakan skimmer ataupun call center palsu.

Selalu Perhatikan Tempat Memasukkan Slot Kartu Mesin ATM

Kalau menemukan sesuatu yang aneh dan tidak biasa, jangan sekali-sekali menggunakan mesin ATM tersebut. Perhatikan baik-baik sekeliling anda. Curigalah kalau ada kamera pengawas yang mengarah kearah anda mengetik pin ATM.

Berhati-hatilah saat menekan PIN ATM jangan sampai ada yang tahu selain anda sendiri. Perhatikan lokasi ATM dimana anda akan mengambil uang terutama di malam hari. Hindari tempat-tempat sepi dan carilah ATM yang berada di dalam area bank karena lebih aman.

Dan jangan terlalu sering ke ATM yang sama karena anda tidak tahu siapa orang di luar sana yang memperhatikan anda setiap harinya. Catatlah nomer call center bank anda, jangan hiraukan nomer call center lain selain nomer call center resmi.

Selalu Periksa Saldo Rekening Anda Secara Teratur

Terutama setelah anda keluar dari ATM, inilah pentingnya anda mempunyai internet banking ataupun sms banking yang membuat anda bisa mengetahui saldo rekening anda setiap saat.

Anda juga bisa mengetahui dengan segera kalau ada transaksi yang aneh dan tidak lazim. Kalau anda adalah pengguna kartu kredit, mintalah supaya tagihan anda dikirim dalam bentuk surat elektronik untuk menghindari kejahatan kartu kredit.

Saat anda memasuki ATM, perhatikan dengan seksama kondisi ATM yang anda datangi. Cek slot kartu yang sering kali digunakan pelaku kejahatan skimmer.

Baca Juga:  Tips Merawat dan mengatasi Kartu Atm Tidak Terbaca

Pastikan Tidak Ada Yang Aneh Disana

Pastikan tidak ada yang aneh saat anda memasukkan kartu kedalam mesin ATM. Kalau anda merasakan hal yang aneh saat memasukkan kartu kedalam mesin ATM, jangan sekali-sekali memasukkan pin ATM dan segeralah membatalkan transaksi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *