Merawat Kartu Kredit Agar Tidak Rusak, Begini Caranya

Jika kartu kredit atau biasa disebut Credit Card rusak tentu akan menjadi kendala dalam bertransaksi. Seperti Kartu Kredit menjadi sering gagal untuk bertransaksi atau reject karena fisik kartu kredit tidak terbaca (rusak).

Apabila kita tidak membawa uang cast dan kartu kredit tidak bisa digunakan. Tentu akan membuat malu sekali. Hal ini tentu saja tidak kita harapkan. Untuk menghindari hal tersebut maka sangat penting untuk menjaga fisik kartu kredit supaya tidak cepat rusak.

Cara Merawat Kartu Kredit Yang Benar

Merawat Kartu Kredit Agar Tidak Rusak, Begini Caranya

Merawat Kartu Kredit agar kartu bisa tahan lama dan tidak mengalami kerusakan. Namun biasanya yang tidak jarang terjadi kerusakan kartu kredit ini sering kali terjadi pada chipnya. Maka dari itu untuk Merawat Kartu Kredit (credit Card) agar tidak cepat rusak chipnya maka lakukan hal berikut:

1. Simpan kartu kredit anda di dalam dompet

Simpan kartu kredit anda di dalam dompet,  Dengan begitu kartu anda akan terhindar dari gesekan yang akan mengakibatkan chip kartu kredit rusak.

Seperti contoh menyimpan dalam saku celana, menyimpan dalam Tas, menyimpan dalam jok motor. Selain bisa lupa anda juga akan kemungkinan besar bisa tercecer.

Baca Juga:  Buku Tabungan Hilang? ini Syarat, Biaya Yang Harus Dipersiapkan

2. Membiarkan kartu kredit di dalam tas tanpa ada pengaman

Membiarkan kartu kredit di dalam tas tanpa ada pengaman, seperti dimasukan dalam plasti sampul yang tebal atau dimasukkan ke dalam dompet.

Ini untuk menghindari kerusakan pada chip kartu anda akibat dari gesekan atau sentuhan dengan barang didalam tas.

3. Menyimpan kartu kredit yang bisa dijangkau oleh anak-anak.

Ini untuk menghindari kartu tersebut dimainkan oleh anak-anak dan kemungkinan besar akan membuat rusak kartu kredit anda.

4. Jangan mengunakan mesin EDC Chip tapi selalu menggunakan mesin EDC yang sudah deep.

Saat ini sebenarnya peraturan dari Bank Indonesia sudah mewajibkan merchant untuk mengunakan mesin EDC deep tapi masih aja ada merchant yang menyimpan mesin EDC CHIP.

Selain kerusakan yang bisa diakibatkan hal diatas yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah meminjamkan Kartu kredit anda ke siapapun.

Sebenarnya hal ini adalah ketentuan umum dari semua penerbit kartu kalau pemegang kartu dilarang keras untuk meminjamkan Kartu kreditnya.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Lembaga Keuangan di Indonesia dan fungsinya

Bagaimana Cara Membersihkan Kartu Kredit

Bila terjadi sesuatu hal terhadap fisik kartu kredit anda, biasanya dengan ditandai transaksi selalu gagal, jangan keburu panik dulu cobalah hal berikut untuk mengatasinya:

1. Silahkan ambil penghapus pensil, kemudian bersihkan chip kartu kredit anda dengan cara menggosok bagian chip dengan halus dan setelah dirasa cukup anda bisa mencobanya untuk transaksi kembali.

2. Bersihkan Fisik kartu kredit anda dengan tissue kering dengan cara perlahan, setelah dirasa bersih coba kembali kartu kredit anda untuk melakukan transaksi.

Bagaimana Bila Kartu Kredit Tetap Gagal Digunakan

Setelah semua cara diatas sudah anda lakukan dan hasilnya masih juga kartu kredit anda belum bisa diatasi dan masih selalu gagal. Untuk melakukan transaksi maka yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut :

1. Silahkan hubungi bank penyedia kartu kredit anda melalui telpon atau Call center dan terlebih dahulu pastikan apa penyebab transaksi anda gagal.

Bila transaksi gagal karena jaringan maka sebaiknya anda menggunakan jenis kartu kredit yang lain dari bank yang berbeda.

2. Bila transaksi gagal disebabkan karena terjadi error pada mesin EDC, disarankan supaya deep kartu anda di Mesin EDC milik bank penerbit kartu anda.

3. Bila transaksi selalu gagal karena terjadi kerusakan pada kartu maka mintalah call center bank anda untuk membuat laporan permintaan kartu yang baru (reembose).

Untuk percetakan kartu baru biasanya nasabah akan dikenakan. Biayanya sebesar 45 ribu sampai 50 ribu tergantung ketentuan bank pernerbit kartu kredit yang bersangkutan.

Baca Juga:  Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BNI via SMS Banking

Semoga cara menjaga agar fisik kartu kredit tidak rusak ini bisa bermanfaat bagi anda, khususnya bagi pengguna kartu kredit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *