Pengertian Polis Asuransi dan Cara Tepat Memilihnya

Pengertian polis asuransi dan cara tepat memilihnya bisa Anda ketahui dengan membaca artikel ini. Pertama – tama, mari kita samakan definisi asuransi. Pada dasarnya, asuransi merupakan sejumlah layanan yang diberikan untuk risiko atau situasi yang mungkin akan Anda hadapi di kemudian hari.

Pengertian Polis Asuransi dan Cara Tepat Memilihnya

Pengertian Polis Asuransi dan Cara Tepat Memilihnya

Pengertian Polis Asuransi

Asuransi juga memiliki banyak istilah, salah satunya polis asuransi. Sebenarnya, pengertian polis Asuransi jauh lebih kompleks dari definisi tersebut.

Di mana Anda butuh pertimbangan yang matang serta pemahaman yang sangat cukup sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa dari sebuah perusahaan asuransi.

Meski asuransi bukan merupakan hal yang asing lagi, namun faktanya masih banyak orang yang belum terlalu memahami fungsi terlebih seluk beluknya.

Bicara soal asuransi di Indonesia, ada banyak sekali jumlah perusahaan yang bergerak di bidang tersebut dan bertahan hingga saat ini.

Tentu saja ini juga didorong oleh perkembangan asuransi yang dapat dikatakan cukup baik. Terbukti dari jumlah pengguna asuransi di Indonesia semakin banyak saja dari tahun ke tahun.

Berikut ini adalah tips dalam memilih polis asuransi yang tepat.

Pada paragraf awal telah dijelaskan bahwa asuransi memiliki banyak istilah, seperti polis asuransi misalnya. Definisi polis asuransi yang selama ini dipahami oleh banyak orang adalah sejumlah dana yang nantinya akan disetorkan kepada pihak perusahaan asuransi per bulannya (premi).

Padahal, itu bukanlah definisi yang tepat karena jelas premi asuransi dan juga polis asuransi adalah dua hal yang berbeda dalam dunia asuransi.

Polis asuransi yang sesungguhnya adalah sebuah bukti berupa perjanjian tertulis yang dilakukan oleh kedua pihak.

Yaitu perusahaan asuransi sebagai penanggung serta pihak nasabah yang menggunakan layanan asuransi sebagai tertanggung.

Isi perjanjian tertulis atau pengertian polis asuransi tersebut umumnya menjelaskan seputar hak dan kewajiban antara pihak penanggung dan juga tertanggung.

Yang sekaligus menjadi bukti tertulis yang sah dalam perjanjian yang dilakukan oleh kedua belah pihak tersebut.

Baca Juga:  Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Asuransi untuk Keluarga

Tips Memilih Polis Asuransi Yang Tepat

Polis asuransi juga yang dapat dikatakan sebagai pengikat di antara perusahaan asuransi dan juga nasabah. Karena adanya keterikatan tersebut.

Maka masing – masing pihak tidak dapat lepas dari tanggung jawabnya sebagaimana yang telah disetujui pada polis asuransi.

Oleh karena itu, penting untuk memilih polis asuransi yang tepat dan dapat Anda intip tips berikut untuk mengetahuinya.

1. Sebisa mungkin, pilih layanan asuransi yang memungkinkan Anda cukup menggunakan satu polis yang sama untuk seluruh anggota keluarga yang Anda miliki.

Hal ini juga dapat menghemat anggaran Anda karena cukup membayar satu polis saja untuk seluruh kebutuhan anggota keluarga.

2. Anda harus memahami terlebih dahulu syarat – syarat yang ditentukan dalam polis, seperti bagaimana sistem perhitungan premi yang diterapkan dan juga tidak lupa besaran biaya premi yang harus Anda tanggung tiap bulannya.

Selain itu, Anda juga harus menanyakan lebih rinci mengenai jenis pertanggungan yang dapat Anda klaim nantinya.

3. Sesuaikan polis asuransi dengan kebutuhan Anda. Hindari membeli asuransi yang perlindungannya bahkan tidak Anda ketahui akan Anda butuhkan atau tidak.

Meskipun akan ada banyak sekali jebakan seperti penawaran harga yang murah, namun jangan sampai Anda tergoda karena justru hal ini hanya akan membuang – buang uang Anda.

Baca Juga:  Strategi Memilih Asuransi Kesehatan Yang Tepat

Sebaiknya pula, Anda menggunakan dua layanan asuransi kesehatan sekaligus atau yang juga dikenal dengan istilah double claim. Manfaat yang akan Anda terima tentunya jauh lebih besar dan menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *