in ,

Penting Untuk Pemula, Cara Transaksi Bitcoin Agar Tidak Rugi!

Bagi para pemula, tidak akan mudah jika ingin terjun ke dalam dunia investasi Bitcoin atau mata uang virtual yang saat ini tengah booming. Karena ada beberapa hal yang harus benar-benar dipahami, dari mulai bagaimana cara mendapatkan Bitcoin dan cara transaksi Bitcoin agar bisa untung.

Penting Untuk Pemula, Cara Transaksi Bitcoin Agar Tidak Rugi

Penting Untuk Pemula, Cara Transaksi Bitcoin Agar Tidak Rugi!

Nah, jika berbicara mengenai Cara Transaksi Bitcoin ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut adalah pembahasannya

1. Teknik dagang jika kondisi pasar sedang dalam keadaan super positif

Kondisi pasar dalam keadaan positif berarti sedang mempunyai kecenderungan kenaikan harga. Misalnya saja di pagi hari harganya mencapai 4 juta, beberapa jam kemudian nilainya sudah meningkat menjadi 4,1 juta, dan terus setiap jam nya mengalami perubahan seperti itu. Dalam kondisi ini proses perdagangan Bitcoin dianggap relatif lebih mudah. Kenapa?

Karena Anda hanya cukup membeli Bitcoin dengan harga murah saja, kemudian menjualnya lagi dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga beli. Anda sudah bisa menikmati profit sampai kenaikan harganya benar-benar sudah jenuh. Saat itulah, Anda harus berhenti melakukan pembelian dan menunggu kembali harganya turun.

Bagi para pemula yang baru saja mencoba, sebaiknya jangan pernah serakah untuk menentukan target penjualan, selama sudah memperoleh profit maka Anda harus mengontrol diri Anda agar tidak berlebihan yang malah bisa menyebabkan Anda mengalami kerugian.

2. Teknik dagang saat kondisi pasar super negative

Salah satu hal yang sangat ditakuti oleh para pedagang Bitcoin adalah, saat bagaimana harga akan cenderung mengalami penurunan. Misalnya pagi hari 4 juta, kemudian malah turun jadi 3,9 juta, penurunan terus saja berlangsung hingga beberapa saat.

Jika Anda mencoba untuk membeli dan juga menjual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga beli sebelumnya, maka bisa dipastikan itu malah mengakibatkan Anda mengalami kerugian. Karena tidak adanya yang ingin membeli Bitcoin Anda jauh di atas harga pasarnya. Kecuali si pembeli sedang sangat membutuhkan.

Baca Juga: Inovasi Penggunaan Bitcoin Yang Dianggap Sangat Revolusioner

Misalnya saja, jika kita masukan ke dalam contoh kasus:

A memiliki saldo Bitcoin sebanyak 3 BTC, ia membelinya saat harga 43 juta padahal saat ini harga Bitcoinnya sedang ada di angka 4,2 juta. Jika A semakin memaksakan untuk menjualnya maka A akan mengalami kerugian. Namun, A menyadari bahwa harga Bitcoin akan cenderung turun sampai 3,9 juta, karena pasar internasional sedang mengalami penurunan dan pastinya akan diikuti oleh pasar Indonesia. Maka A akan melakukan penjual pada 3 BTC nya dengan harga 4,2 juta, maka A akan memperoleh setidaknya 12,6 juta.

Dengan sejumlah uang tersebut A berhasil meraih Bitcoin dengan harga 4 juta karena pasar mulai bergerak sesuai dengan perkiraan A. Makai ia berhasil mendapatkan 3.15 BTC.

Kemudian, keesokan harinya ternyata harga Bitcoin mulai bergerak naik menjadi 4,2 juta kembali dan A memutuskan untuk menjual semua Bitcoin yang ia peroleh menjadi 13,2 juta, atau berarti ia bisa memperoleh keuntungan setidaknya diatas 500 ribu.

Baca Juga: Kisah Roger Ver, Beli Bitcoin Murah Yang Berakhir Jadi Milyader

Jika melihat pada contoh diatas maka kita bisa melihat bahwa jika terjadi kesalahan pembelian untuk waktu sebelumnya kita bisa mengambil kesempatan untuk turunnya harga yang tajam dan kemudian menambahkan keuntungan dengan cara tersebut atau setidaknya Anda bisa mengurangi adanya kerugian.

3. Teknik dagang saat kondisi pasar sedang satgnan

Tidak hanya positif dan negatif saja, kondisi pasar stagnan juga bisa saja terjadi. Kondisi pasar seperti ini cenderung membosankan namun memiliki keuntungannya tersendiri untuk para pedagang small medium. Alasannya karena harga akan sangat mudah untuk diprediksi. Cukup dengan melakukan pemasangan jaring harga beli yang low dan harga jual sedikit diatas harga beli, maka profit bisa Anda peroleh. Anda bisa mengulanginya terus tiap jam.

Bagaimana cara memperkirakan harga pasar?

Untuk bisa memperkirakan berapa harga pasar, bagi para pemain forex mereka terbiasa dengan cara membaca grafik angka yang cukup ruwet. Tapi, bagaimana dengan kita yang hanya bertindak sebagai seorang pedagang saja? Berikut adalah indikator yang perlu Anda perhatikan untuk bisa memperkirakan harga:

  • Harga Bitcoin di Indonesia Cenderung Positif

Tiap harinya proses supply BTC yang ada di seluruh dunia terus saja bertambah melebihi angka 1 juta dollar dari kalangan miner seluruh dunia, sampai akhir tahun 2016. Namun, di Indonesia ternyata jumlah pembelinya lebih besar dibandingkan dengan jumlah miner yang ada. Sehingga akan cenderung lebih tinggi dari pasar lainnya, yaitu Rusia atau China yang juga banyak terdapat para minernya.

Baca Juga: Bitcoin Mining, Salah Satu Cara Mendapatkan Bitcoin

  • Market Indonesia Merupakan Follower

Kondisi pasar Indonesia itu berisikan orang-orang yang sama sekali tidak mau mengalami kerugian dan bahkan sangat takut untung. Karena kita selalu saja melihat harga luar terlebih dahulu, apakah naik atau turun. Sehingga kita dapat memanfaatkan harga internasionalnya di ticker. Jika ternyata terjadi selisih lebih dari angka 150.000 pada umumnya harga kita pasti bisa mengikuti.

Informasi diatas bisa membantu Anda untuk mengetahui lebih luas mengenai Cara Transaksi Bitcoin. Khususnya bagi para pemula yang masih meraba-raba. Terutama bagi yang baru saja ingin menggunakan Bitcoin sebagai alat transaksinya.

Written by kautsarnabilah

Content Specialist | Ilustrator | Senang membaca dan jalan-jalan.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Umat Muslim Ingin Berhaji? Bisa Coba Lakukan Jenis Investasi Ini

Umat Muslim Ingin Berhaji? Bisa Coba Lakukan Jenis Investasi Ini

Tips Investasi Bitcoin Untuk Pemula

5 Tips Investasi Bitcoin Bisa Anda Coba Khusus Pemula