in

Pentingnya Kartu Kredit bagi Masyarakat di Zaman Now

Pengertian Kartu Kredit – Di Indonesia, credit card digunakan sebagai alat transaksi non tunai selain kartu debet dan kartu ATM. Mengutip data terbaru yang dirilis oleh Bank Indonesia, hingga akhir Maret 2017 lalu, jumlah credit card yang beredar di Indonesia saat itu mencapai 17,59 juta unit credit card. Bila dibandingkan dengan yang beredar di Indonesia pada tahun 2010 yaitu sebanyak 13,57 juta.

Maka selama kurun waktu 6 tahun terakhir, jumlah credit card yang beredar menjadi sekitar 30% atau 5% per tahun. Kartu kredit adalah kartu berbahan plastik yang telah diterbitkan oleh bank yang memberikan hak kepada orang yang memenuhi syarat tertentu dan tertera namanya di kartu untuk menggunakannya.

Pentingnya Kartu Kredit bagi Masyarakat di Zaman Now

Kartu kredit sebagai alat pembayaran secara kredit atas perolehan barang atau jasa, dan atau untuk menarik tunai dalam batas kredit yang ditentukan oleh pihak penerbit. Pemegang kartu sesuai dengan namanya di credit card, dapat membayar kembali kredit tersebut 100% atau disebut full payment.

Bisa juga membayar dengan jumlah minimal 10% atau disebut minimum payment atau bisa juga diantara keduanya. Pemegang kartu biasanya juga diberikan kelonggaran membayar kredit tersebut secara cicilan dengan membayar tingkat bunga yang telah ditetapkan.

Untuk kartu yang termasuk kredit tanpa jaminan (unsecured loan) akan memiliki risiko tinggi yaitu gagal bayar. Maka dari itu, biasanya kebanyakan bank mematok bunga cukup tinggi.

Baca Juga:  Cara Withdraw Payza ke Bank Lokal Dengan Mudah

Cara Mendaftar Pembuatan Kartu Kredit

Ada beberapa cara untuk memiliki credit card. Cara pertama yaitu dengan melakukan apply langsung ke bank, semua bank membuka layanan pembuatan di kantor cabang mereka. Selanjutnya dengan melakukan apply online di website bank. Sebagian dari banyak bank sudah melengkapi kanal aplikasi melalui situs atau website.

Lalu dengan melakukan apply melalui direct sales. Bank penerbit sudah memiliki tenaga penjual langsung yang bisa Anda temui di mall atau di pusat perbelanjaan. Berikutnya melakukan apply melalui situs fintech. Anda bisa mengajukan apply online pada pihak ketiga yang hadir dalam platform perbandingan produk keuangan.

Di situs ini, Anda bisa langsung membandingkan produk yang ada di pasar dan menemukan yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebelum Anda mendaftar alangkah baiknya Anda mengetahui jenis-jenis beserta fungsinya terlebih dahulu. Berikut ini saya akan membahas tentang jenis-jenis kartu kredit berdasarkan fungsinya antara lain:

Credit card, berfungsi sebagai alat pembayaran transaksi jual beli barang atau jasa dimana pelunasan atau pembayarannya dapat dilakukan dengan sekaligus atau dengan cara mencicil sejumlah minimum tertentu.

Charge Card, berfungsi sebagai alat pembayaran transaksi jual beli barang atau jasa dimana nasabah harus membayar seluruh tagihan secara penuh pada akhir bulan atau bulan berikutnya dengan atau tanpa biaya tambahan.

Debit card, sebagai pembayaran atas transaksi jual beli barang atau jasa dengan menggunakan kartu debit ini namun tidak menggunakan uang tunai. Akan tetapi pembayarannya dilakukan dengan cara mendebit (mengurangi) secara langsung saldo rekening simpanan pemegang kartu dan dalam waktu yang sama mengkredit rekening penjual (merchant) sebesar jumlah nilai transaksi pada bank penerbit (pengelola).

Cash Card, pemegang kartu menggunakannya untuk menarik uang tunai baik langsung pada kasir bank maupun melalui ATM bank tertentu yang biasanya digunakan di hotel, pusat perbelanjaan, atau wilayah perkantoran.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu E-Payment, Serta Pengertian dan Manfaatnya

Manfaat dari Penggunaan Kartu Kredit

Pentingnya Kartu Kredit bagi Masyarakat di Zaman Now

Perkembangan penggunaan credit card semakin banyak diminati masyarakat disebabkan karena masyarakat merasakan semakin pentingnya penggunaannya sebagai alat pembayaran dan mengambil uang tunai dalam hal kepraktisan, menimbulkan rasa nyaman dan aman.

Kegiatan itu juga tidak terlepas dari pembebanan pajak sebagai kewajiban masyarakat untuk membebankan pajak pada setiap transaksi atau biaya yang harus dibayar atas penggunaan fasilitas atau kepemilikan suatu barang.

Untuk pendaftar pemula, sebaiknya Anda dapat memilih kartu dengan pendapatan 3 juta per bulan. Seperti BCA card gold atau BNI mastercard silver & BNI visa silver. Selain iurannya yang tidak terlalu banyak, tetapi juga akan mendapat reward.

BCA Card Gold, reward mencapai hingga 5% transaksi dilakukan di beberapa tempat seperti Ace Hardware, AlfaMidi, AirAsia, Dunkin Donuts, Gramedia, Matahari, Mitra 10, Pizza Hut, Shell, Solaria, TransMart Carrefour, Super Indo.

Mendapatkan gratis upsize untuk semua jenis minimum di outlet Starbucks di seluruh Indonesia. Untuk iuran tahunannya bagi pemula ini hanya Rp 125.000 per tahun. Selain itu, nilai 1 point reward hanya Rp 1000. Poin reward ini bisa Anda gunakan unutk berbelanja atau kebutuhan lainnya.

BNI Mastercard Silver & BNI Visa Silver, dapat digunakan sebagai BNI dana tunai. Dapat melakukan transfer dana dari kartu kredit Anda ke rekening bank lain. Diskon mencapai hingga 33% untuk digunakan di merchant food & beverage rekanan BNI.

Baca Juga:  Fasilitas Pembayaran Online (e-Payment) dan Contohnya

Ada juga pemberian diskon hingga 20% + cash back hingga Rp 150.000 di GarudaIndonesia.com. Nasabah akan dikenakan bunga untuk penggunaan BNI dana tunai ini. Promo diskon juga dapat berubah pada setiap waktu dan hanya berlaku di merchant yang sudah dilakukan kerjasama.

Written by Zonkeu

Suka mencoba hal baru penuh tantangan yang memaksa otak untuk selalu berfikir keras

Tinggalkan Balasan

Jenis dan Manfaat Kartu Kredit CIMB Niaga Untuk Pengguna

Jenis dan Manfaat Kartu Kredit CIMB Niaga Untuk Pengguna

Keuntungan Kartu Kredit DBS, Pasar yang Dapat Diperoleh?

Keuntungan Kartu Kredit DBS, Pasar yang Dapat Diperoleh?