Penyebab Gagalnya Investasi Emas Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gagalnya Investasi Emas – Pada saat ini, kita bisa melihat banyak sekali orang yang tertarik untuk mencoba peruntungan mereka dalam investasi emas,  Investasi emas adalah sebuah kegiatan investasi yang memanfaatkan naik turunnya harga emas di pasaran.

Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bagi orang-orang yang kurang paham bisa saja mengalami kerugian atau kegagalan dalam investasi emas ini. Sebelum mengetahui tentang penyebab gagalnya investasi emas dan cara mengatasinya kita wajib tahu dulu apa itu investasi emas?

Meskipun masih banyak investasi lainnya, seperti reksa dana, saham, obligasi dan deposito, namun tetap banyak orang memilih investasi emas. Itu karena harga emas diprediksi masih memiliki potensi untuk terus naik sehingga dianggap lebih aman dibanding investasi lain.

Investasi emas paling umum dilakukan dalam bentuk emas perhiasan atau antam (Aneka Tambang). Maksud dari emas antam disini adalah logam mulia yang diberi sertifikat resmi oleh PT. Aneka Tambang.

Penyebab Gagalnya Investasi Emas

Penyebab Gagalnya Investasi Emas Dan Cara Mengatasinya

Lantas apa yang membuat seseorang mengalami kerugian dalam investasi emas? Meskipun dianggap paling menguntungkan, tapi mengapa diluar sana masih banyak ditemukan investor emas tidak sukses. Bahkan ada yang sampai mengalami kebangkrutan.

Baca Juga:  Perbedaan Trading Forex dan Trading Saham Yang Harus Anda tahu

Apa saja penyebab Gagalnya Investasi Emas? Kita bisa melihat penjelasan dibawah ini.

1. Salah satu penyebab terbesar penyebab gagalnya investasi emas adalah salah kaprah yang menyebutkan bahwa harga emas dipastikan hanya naik termasuk harga emas Antam. Hal itu memeng benar adanya, namun yang dimaksud dalam hal ini adalah kecenderungannya.

Didalam peningkatan nya harga emas juga mengalami fluktuasi atau naik turun. Itu artinya penurunan harga masih bisa terjadi meskipun tidak seimbang dengan kenaikannya, oleh karena itu pemilihan momentum berperan penting di sini.

Orang – orang yang mengalami kegagalan dalam investasi emas biasanya salah memilih momentum untuk menjual atau membeli emas mereka. Keinginan untuk diuntungkan tinggi, namun malas untuk mengecek perkembangan harga emas dunia ataupun harga emas antam.

Setelah melakukan penanaman modal dalam bentuk membeli emas bukan berarti kita bisa bersantai mengharapkan keuntungan makin besar. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa harga emas mengalami fluktuatif.

Untuk menyiasati fluktuasi ini perlu dilakukan pengecekan terhadap harga emas secara berkala agar para investor dapat menentukan saat yang tepat untuk melakukan investasi (pembelian) atau menjualnya.

Di zaman yang modern ini juga banyak tersedia aplikasi yang memberikan informasi mengenai harga emas dunia sehingga kita lebih mudah dalam melakukan investasi, tinggal seberapa jeli kita dalam memilih aplikasi yang dianggap paling akurat.

Baca Juga:  6 Tips Investasi Deposito Berjangka Agar Aman

Cara Mengatasi Penyebab Gagalnya Investasi Emas

Tips Cara Investasi Emas Batang

Dua hal diatas menjadi penyebab paling sering dan paling fatal terjadinya kegagalan dalam investasi emas. Namun ada baiknya agar semakin tercapai keuntungan secara maksimal kita juga harus menhindari beberapa hal berikut ini:

1. Melihat kemajuan zaman modernisasi, akhir-akhir ini banyak ditemui adanya transaksi emas secara online. Namun ada baiknya hal itu tidak dilakukan, meski diberikan tawaran keuntungan yang menggiurkan.

Akan tetapi kalau sudah terlanjur membeli emas tanpa fisik, pastikan pihak yang menyimpan emas dapat dipercaya dan emas itu disimpan di tempat aman yang bisa diambil kapanpun. Hindari membeli emas dalam bentuk perhiasan jika memang ingin berinvestasi.

Hal ini dikarenakan akan memunculkan komponen biaya pembuatan saat pembelian dan saat dijual. Umum nya toko emas tidak selain menghitung kadar dan beratny, tapi juga tingkat kerumitan ketika pembuatan perhiasan.

Selain itu penggunaan perhiasan yang terlalu mencolok juga mengundang kejahatan. Pembelian emas dalam bentuk logam mulia (LM) murni standar 99,99 persen, produksi dan bersertifikat PT Aneka Tambang (Antam) lebih disarankan, karena tidak memunculkan biaya tambahan pembuatan.

Sebagai investasi sewajarnya kita memperlakukan emas sebagai barang yang perlu dijaga. Gunakan lah tempat penyimpanan paling aman menurut anda. Lebih efektif dan aman jika dititipkan ke bank atau pegadaian supaya lebih aman dan tetap bisa diambil sewaktu – waktu.

Pembelian emas dalam ukuran besar memang dinilai lebih menguntungkan jika dibandingkan ukuran kecil karena dari segi harganya lebih besar. Meskipun dalam pembelian besar pendanaan yang disiapkan juga cukup besar.

Namun wajib diketahui juga bagi para investor bahwa emas dalam bentuk yang terlalu besar akan lebih sulit dijual dibanding emas berukuran kecil. 

Baca Juga:  7 Pilihan Investasi Menguntungkan Bagi Yang Masih Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *