Perbedaan Bank Syari’ah Vs Bank Konvensional Yang Perlu Anda Tahu

Perbedaan Bank Syari’ah vs Bank Konvensional – Saat ini Banyak orang belum mengerti perbedaan antara bank syariah dan bank konvensional. Meskipun ada sebagian yang sudah menggunakan kedua Bank tersebut. Itu dikarenakan banyak orang sulit memahami beberapa istilah baru yang digunakan oleh bank syariah dibandingkan dengan bank konvensional.

Kebanyakan Orang hanya sekedar fokus untuk menggunakan layanan Bank. Tidak ada keinginan untuk lebih tahu mengenai Perbedaan Bank Syari’ah vs Bank Konvensional terutama dari sistem kedua perbankan tersebut.

Sebetulnya jika anda cermati perbedaan bank syariah dengan bank konvensional ini terletak pada istilah yang digunakan dan prinsip dasar layanan kedua Bank di Indonesia. Di dua hal inilah sering membuat orang kebingungan dalam memahaminya.

Baca Juga:  Pengelompokan Jenis - Jenis Bank Syariah di Indonesia

Perbedaan Bank Syari’ah vs Bank Konvensional

Perbedaan Bank Syari'ah Vs Bank Konvensional Yang Perlu Anda Tahu

Untuk itu agar lebih tahu sedikit tentang perbedaan kedua jenis bank tersebut Berikut hal yang perlu Anda ketahui Perbedaan bank syariah dan Bank Konvesional:

1. Akad

Untuk Bank syari’ah untuk Semua transaksi (akad) yang dilakukan harus sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah Islam, dengan berdasar Al-Qur’an dan Hadist dan telah difatwakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sedangkan bank Konvensional semua trasaksi sudah ada ketentuan yang ditetapkan oleh pihak bank yang dilandasi pada hukum positif yang berlaku di Indonesia. Intinya Perbedaan perbankan syariah dengan perbankan konvensional berdasarkan prinsip dasar operasionalnya.

2. Keuntungan

Bank syariah mengunakan pendekatan dengan sistim bagi hasil untuk mendapatkan keuntungan. Sedangkan untuk Bank konvensional menerapkan sistem bunga tetap atau bunga mengambang pada setiap pinjaman yang diberikan pada nasabah.

Oleh karena itu, bank konvensional menganggap bahwa usaha yang dijalankan oleh nasabah akan selalu untung. Dengan konsep biaya untuk menghitung keuntungan yang sudah ditentukan oleh pihak Bank.

3. Pengelolaan Dana

Bank syariah akan menolak untuk menyalurkan kredit yang diinvestasikan pada kegiatan bisnis yang melanggar hukum Islam.

Sedangkan Bank Konvensional menyalurkan kredit berdasarkan kesehatan usaha nasabah dan tidak melanggar hukum positif.

Baca Juga:  Pengelompokan Jenis - Jenis Bank Syariah di Indonesia

4. Hubungan Bank dan Nasabah

Hubungan bank dengan nasabah juga menjadi faktor penting yang membedakan bank syariah dan bank konvensional. Di bank syariah, nasabah diperlakukan sebagaimana seorang mitra alias partner.

Sedangkan pada bank konvensional hubungan nasabah dan bank disebut kreditur dan debitur. Perlu anda ketahui juga, untuk Pengawasan Setiap sistem transaksi yang dilakukan bank syariah harus dibawah pengawasan Dewan Pengawas.

Di bank konvensional setiap sistem transaksi tidak diawasi selain oleh hukum positif. Itulah tadi perbedaan Bank Syari’ah dengan Bank Konvesional yang bisa anda ketahui, untuk lebih simplenya, Secara Garis Besar Bisa perhatikan pada tabel dibawah ini:

Tabel Perbedaan Bank Syari’ah vs Bank Konvensional

No.

Bank Syari’ah (Bagi hasil)

Bank Konvensional (Sitem Bunga)

1.
penentuan besarnya
resiko bagi hasil dibuat pada waktu akad
dengan berpedoman pada kemungkinan untung dan rugi
Penerimaan suku bunga dibuat pada waktu akad dengan pedoman harus selalu untuk pihak Bank
2.
Besarnya nisbah bagi hasil berdasarkan
pada jumlah keuntungan yang diperoleh
Besarnya persentase berdasarkan pada jumlah uang (modal) yang dipinjam
3.
Jumlah pembagian bagi hasil meningkat
sesuai dengan peningkatan jumlah pendapatan bank
Jumlah pembayaran bunga bank tidak meningkat walaupun jumlah keuntungan bank mengalami meningkat
4.
Bagi hasil tergantung dari keuntungan yang dijalankan, namun jika kegiatan mengalami kerugian maka kerugian akan di tanggung
bersama
Pihak bank menerima beban pembayaran bunga pada nasabah, meskipun kondisi keuangan bank tidak sedang tidak  menentu

Secara umum kedua lembaga keuangan ini mempunyai cara kerja hampir sama hanya sedikti perbedaan.Selebihnya tinggal anda sebagai nasabah menentukan mana yang lebih cocok untuk anda jadikan tempat kerjasama.

Baca Juga:  Pengelompokan Jenis - Jenis Bank Syariah di Indonesia

Ulasan mengenai perbedaan bank syari’ah vs bank Konvensional hanya sebagai bahan pengetahuan dan gambaran mengenai sistim kerja bank. Soal pilihan itu dikembalikan masing-masing mana yang terbaik menurut individu. Semoga artikel ini bermanfaat!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *