Perbedaan dan Pengertian Kredit Multiguna dan KTA

Kredit Multiguna dan KTA – Perbedaan Kredit Multiguna Dengan KTA- Saat ini Bank menawarkan banyak model kredit atau pinjaman dana, dengan banyaknya jenis beragam bentuknya.

Sehingga anda sebagai nasabah harus mengetahui terlebih dahulu jika ingin melakukan atau memutuskan untuk meminjam uang ke bank. Jika anda sudah faham ini akan sangat membantu, agar terhindar kendala di kemudian hari.

Hal ini Jangan dianggap remeh, sehingga membuat anda terkecoh dengan pola berfikir yang penting uangnya cepat cair. Kebanyakan memang pola pikir seperti itu sering menghinggapi sebagian orang yang ingin kredit di bank.

Awal mula niat meminjam uang di bank untuk mengatasi masalah, tapi dengan kecerobohan anda malah membuat anda susah pada akhirnya. Jadi ketika mau memutuskan berhutang ke bank pelajari dan pikirkan betul-betul ke depannya sehingga tidak membebani diri.

Baca Juga:  Ingin Menabung? Kenali Dulu Produk - Produk Tabungan Ini

Usahakan juga untuk meminjam uang ke tempat lembaga keuangan yang sudah terpercaya untuk sistem perkreditan atau pinjaman uang.

Perbedaan dan Pengertian Kredit Multiguna dan KTA

Perbedaan dan Pengertian Kredit Multiguna dan KTA

Di dalam sebuah bank memiliki dua sistem pinjaman uang, sistem tersebut di bedakan berdasarkan cepat atau tidaknya proses pencairan dana nya yaitu: Kredit Multiguna dan KTA. (Kredit Tanpa Agunan.

Kedua sistem tersebut memiliki sistem perbedaan yang mencolok dari segi proses pencairannya. hal ini juga bisa di lihat dari setiap karakteristik jenis kredit mana yang tepat untuk di pilih.Tentunya setiap sistem memiliki kelebihan dan Kredit multi guna.

Seperti namanya, kredit tersebut bisa kredit dengan sistem multi guna dan di perlukan adanya aset untuk jaminan ke bank. Kredit multiguna juga dikenal sebagai Gadai barang berharga atau Gadai Sertifikat Rumah dan banyak istilah dalam pinjaman Multiguna ini.

Intinya kredit multiguna adalah anda (nasabah) boleh meminjam uang di bank jika memiliki jaminan (anggunan) berupa BPKB atau Sertifikat Rumah,setifikat tanah.

Resikonya jika anda meminjam uang atau kredit di bank tidak dapat membayar hutang (kredit Macet), maka sebagai ganti pembayaran jaminan anda yang dianggunkan tadi yang akan di ambil (disita) oleh pihak bank.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Bank Memberikan Pinjaman Tanpa Jaminan

Karakteristik Sistem Kredit Multiguna dan KTA

Ada beberapa karakteristik sistem pinjaman uang di Bank yang dapat anda perhatikan pada kredit dengan rsistem multi seperti:

Karakteristik kredit multi guna

  • Rendahnya bunga pinjaman.
  • Tenor kredit lebih panjang.
  • Lebih besarnya jumlah pinjaman, bahkan hingga miiaran.
  • Lamanya proses pencairan. Karena ada proses penilaian dari bank.
  • Syarat haruslah komplit.
  • Lebih sering di gunakan untuk pinjaman dalam waktu yang lama.

Sedangkan seperti pinjaman untuk modal Kredit tanpa agunan (KTA) Yang ini tentu berbeda dari sistem Kredit dengan anggunan.

Beberapa bank di indonesia ada yang menawarkan kredit dengan sistem KTA. Misalnya KTA Bank BCA dari bank BCA atau KTA Bank BNI dari Bank BNI.

Kredit tanpa agunan merupakan kredit yang dapat dilakukan tanpa harus memberi jaminan (angguanan) ke bank. Jenis kredit yang satu ini bisa di pilih bagi siapapun yang butuh uang cepat tapi Nasabah tersebut tidak memiliki jaminan.

Namun jangan senang dulu. Walaupun namanya kredit tanpa agunan bukan berarti asset yang di miliki tidak bisa disita jika tidak mampu membayar hutang atau cicilannya.

Jika kredit anda macet Bank bisa saja mengajukan ke pengadilan untuk merebut aset yang harganya seimbang dengan hutang yang anda miliki.

Kredit tanpa agunan juga memiliki karakteristik sendiri yang pastinya juga berbeda antar kredit multi guna dengan KTA, dan berikut merupakan karakteristik KTA.

Baca Juga:  Inilah Untung Rugi Take Over Kredit Mobil Yang Harus Anda Ketahui

Karakteristik Kredit Tanpa Agunan (KTA)

  • Tentu memiliki bunga yang tinggi karena tidak adanya jaminan.
  • Jangka waktu untuk melunasi hutang pendek sekitar satu sampai dua tahun.
  • Jumlah pinjaman juga lebih sedikit hanya sampai lima puluh juta.
  • Proses pencairannya cepat.
  • Dilakukan untuk hal hal yang mendesak, seperti membayar sekolah, memperbaiki rumah, dan lain

Dua sistem pinjaman tersebut memiliki proses dan sifat yang sangat berbeda.  Hal ini dapat menjadi informasi bagi siapapun yang ingin pinjam uang ke bank agar mengetahui sistem dan prosesnya.

Setiap perbedaan pasti memiliki kesamaan, dimana persamaanya adalah di saat nasabah akan menentukan untuk meminjam sistem kredit yang mana.

Maka kedua sistem tersebut mewajibkan Anda memikirkan bagaimana Anda sebagai para calon peminjam bisa melunasi pinjaman sampai lunas dan Anda harus benar mempertimbangkan sistem kredit yang mana yang pas sesuai kebutuhan.

Jika Anda memerlukan waktu panjang dan dana besar, tentu pilihan yang tepat adalah kredit multi guna. Begitu juga sebaliknya. Jadi bukan urusan cepat cairnya, Mudah tidaknya sebaiknya anda ketahui dulu Tips Agar Pengajuan Kredit Anda Diterima Oleh Bank.

Jadi sebaiknya anda fikirkan dengan matang sebelum mengajukan pinjaman agar dikemudian hari tidak memberatkan Anda ketika membayar Angsuran (cicilan) setiap bulannya.

Yang jelas pertimbangan sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda pada saat memilih sebuah system per kreditan. Itulah tadi perbedaan dan pengertian kredit multiguna dan KTA.

Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mengajukan kredit atau pinjaman uang ke bank. Dengan begitu anda sudah tahu apa keuntungan dan apa konsekuensi kedepannya. Namun sebaiknya jika anda tidak terlalu memerlukan uang yang mendesak jangan mengajukan kredit.

Baca Juga:  9 +6 Jenis Tabungan Bank CIMB Niaga dan Keuntungannya

Karena biar bagaimanpun yang namanya kredit tentu akan memberatkan anda selain membayar pinjaman pokok anda juga akan dibebani dengan bunga pinjaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *