Perbedaan Tabungan dan Deposito, Penting Untuk Diketahui !

Perbedaan Tabungan dan Deposito, Penting Untuk Diketahui !

Perbedaan Tabungan dan Deposito – Produk Bank tabungan dan deposito sama-sama bisa digunakan untuk menyimpan uang. Keduanya juga memiliki suku bunga. Jika diperhatikan sekilas memang mirip, tapi antara tabungan dan deposito sebenarnya dua hal yang sangat berbeda.

Ada banyak sekali perbedaan antara tabungan dan deposito ini, jadi sebelum memilih salah satu dari dua produk ini sebaiknya anda harus mengetahui terlebih dulu perbedaannya.

Jangan sampai anda sudah memutuskan namun belum faham, jadi akan menimbulkan penyesalan bila sudah terlanjur memilih.

Perbedaan Tabungan dan Deposito

Perbedaan Tabungan dan Deposito, Penting Untuk Diketahui !

 

Namanya produk, terutama produk bank tentu ada kekurangan dan kelebihan. Tergantung anda bijak dalam memilih dan menggunakannya. Yang lebih penting lagi jika produk Bank tersebut bisa menguntungkan.

Baca Juga:  Sebelum Menabung! Ketahui Dulu Jenis Produk Tabungan Bank Mandiri

Kembali lagi kemasalah awal mengenai perbedaan Tabungan dan deposito. Jadi apa perbedaan menyimpan uang di tabungan dan deposito, Untuk lebih jelasnya Anda bisa baca ulasanya dibawah ini agar lebih faham.

1. Perbedaan Tabungan dan Deposito Waktu Penarikan Dana

Berkaitan dengan waktu penarikan dana, Jika deposito Tabungan investasi yang baru bisa ditarik dengan waktu tertentu. Tentu saja penarikan yang sesuai dengan ketentuan Bank. Misalnya 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, dan seterusnya.

Seandainya anda menyimpan uang di deposito dengan jangka waktu 12 bulan, maka dana yang disimpan baru bisa diambil 12 bulan kemudian pada saat jatuh tempo.

Pengambilannya pun hanya bisa dilakukan di bank, tidak bisa lewat ATM. Atau jika anda belum mau mengambil dananya maka bisa diperpanjang lagi dengan jangka waktu tertentu dengan syarat dan ketentuan dari bank.

Sedangkan untuk tabungan anda bisa bebas dalam penarikannya, kapan saja anda mau menarik dana bisa dilakukan. Misalnya hari ini menabung selang beberapa menit pun bisa diambil kembali. Pengambilannya bisa lewat ATM atau langsung mengambil di kantor cabang Bank bersangkutan.

Untuk menyikapinya, Jika anda punya dana yang pemakaiannya tidak darurat atau tidak terpakai dalam waktu dekat, maka memilih deposito sangat tepat. Karena deposito memiliki bunga yang lebih besar ketimbang tabungan.

Namun jika anda nabung hanya untuk pembayaran dan mengamankan uang anda saja, memilih tabungan itu lebih baik. Karena sewaktu-waktu uang bisa anda tarik dan gunakan.

Baca Juga:  Investasi Emas atau Bitcoin? Mana Yang lebih Menguntungkan

2. Perbedaannya Bunga Deposito Lebih Tinggi daripada Tabungan

Selanjutnya Perbedaan Tabungan dan Deposito selain adanya jangka waktu penarikan, pembeda antara tabungan dan deposito lainnya adalah seperti suku bunga. Jika deposito memiliki suku bunga yang lebih tinggi daripada tabungan.

Biasanya, suku bunga tabungan maksimal hanya 3% saja. Dengan bunga yang hanya 3% ini bahkan untuk biaya administrasi bulanan saja mungkin sudah habis.

Bandingkan dengan deposito yang memiliki suku bunga sekitar 5-7%. Setidaknya masih ada sisa setelah dipotong biaya administrasi bulanan.

Deposito jelas lebih menguntungkan jika anda miliki uang yang tidak terpakai dan tersimpan di bank dalam jangka waktu yang cukup lama.

Biar di bank manapun bunga deposito pasti akan lebih tinggi dibanding tabungan. Karena uang deposito itu sebenarnya instrument investasi. Dana selalu aktif, inilah yang membuat pihak bank memberikan bunga besar.

3. Deposito itu Investasi, Tabungan itu Menyimpan

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa deposito merupakan instrument investasi. Sama seperti halnya saham, obligasi, reksa dana, dan lain sebagainya.

Hanya saja tentu tingkat keuntungannya tidak sebesar jika anda investasi di saham, obligasi, reksa dana dan sejenisnya. Rendahnya tingkat keuntungan tersebut sebanding lurus dengan risikonya yang rendah pula.

Jadi kalau anda sedang belajar investasi maka deposito ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan tabungan hanya untuk tempat menyimpan uang atau menabung dan mengamankan uang anda yang bisa di ambil kapan saja.

Tidak tepat jika anda berniat menabung untuk mengharap tambahan penghasilan. Karena ini bukan investasi dengan menimbun dana dalam jangka waktu lama. Yang ada malah harus membayar biaya administrasi bulanan.

Mungkin cukup itu saja ulasan mengenai perbedaan tabungan dan deposito. Semoga anda bisa faham dan berfikir mana yang tepat bisa anda gunakan. tentu saja ini disesuaikan dengan keperluan anda tentunya.

Baca Juga:  Manfaat Deposito Berjangka Untuk Nasabah Bank

Namun semua keputusan ada ditangan anda untuk memilih tabungan atau deposito. Jika anda ingin bisa mendapatkan keuntungan dengan sistem bagi hasil sistem bank syariah perlu anda pertimbangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *