in

Perhatikan! Hal Ini Membuat Uang Anda Cepat Habis!

Apakah anda pernah merasa sudah berusaha irit namun pada akhirnya belum akhir bulan, eh uang udah habis duluan? Ini bisa jadi ada kesalahan dalam me-manage keuangan anda. Jika anda merasa perlu untuk menabung untuk masa depan anda, dan anda ingin tahu menagapa uang anda cepat habis, maka di artikel ini anda akan menemukan jawabannya.

Keuangan dalam kehidupan sangat berarti. Jika anda menabung dan tidak mengetahui mengapa uang anda banyak habis yang mungkin anda tidak ketahui sebabnya, maka ini akan menjadi jawaban untuk anda. Tujuan dari artikel ini di buat adalah untuk anda bisa lebih menjaga keuangan anda dan mengeluarkan uang untuk sesuatu yang lebih penting dan perlu. Ini bukan berarti selama ini anda mengeluarkan sia-sia, namun bisa jadi anda salah mengalokasikan keuangan anda.

Sebelumnya, manfaat dari lebih menghemat lagi adalah untuk banyak hal, anda bisa mengalokasikan uang anda untuk persiapan menghadapi kehidupan yang baru, bahkan pada masa seperti  sekarang ketika keuangan negara terombang-ambing, ini merupakan hal yang perlu anda ketahui. Selain itu, anda juga bisa menyimpan untuk keperluan lain, mungkin anda perlu untuk membeli rumah kedepan.

Perhatikan! Hal Ini Membuat Uang Anda Cepat Habis!

Walaupun uang yang di simpan tidak terlalu banyak, namun jika hal kecil anda lakukan, itu akan menjadi hal yang besar di kemudian hari, menabung adalah investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan. Membantu orang tua juga bisa di lakukan, belajar untuk perhatian dengan orang tua kita. Mereka tidak menunjukan kesusahan di depan kita, namun kita tidak tahu apa yang sedang mereka alami.

Hal-hal yang membuat uang cepat habis;

  • Membeli Air Minum Kemasan

Membeli air minum kemasan memang tidak salah, malah sangat di anjurkan. Namun, jika anda membeli air minum kemasan secara terus menerus maka itu bukanlah upaya penghematan. Lebih baik membawa minum dari rumah dengan botol minum sendiri, jika anda memnyadari porsi minum anda banyak, maka bawalah lebih dari 1 botol. Ini akan banyak membuat uang anda tidak sia-sia.

Selain itu, membeli air mineral galon itu jauh lebih murah dari pada anda membeli air kemasan kecil. Seperti harganya, mungkin pada awal ketika anda belum memiliki galon, harga cukup mahal berada pada angka Rp.40.000- Rp. 50.000, namun ada pilihan air isi ulang untuk anda.

Untuk air isi ulang sendiri sangatlah murah, hanya Rp. 10.000 bahkan banyak yang di bawah angka tersebut. Dalam upaya penghematan, air galon isi ulang dapat menjadi rekomendasi terbaik untuk anda.

Baca Juga: 7 Cara Simpel Mengelola Keuangan Pribadi Yang Baik

  • Sering Membeli Makan Di Luar

Jika di rumah atau kos anda memiliki kompor, manfaatkan fasilitas itu untuk memasak. Seperti yang kita ketahui, makanan adalah hal pokok yang sangat kita butuhkan, namun jika anda membeli makanan di luar setiap hari, selain kesehatan tidak terjamin, anda juga membuat dompet anda terkena dampak kanker (Kantong Kering).

Coba bayangkan saja, jika anda membeli makanan di pinggir jalan, anggaplah harga Rp. 10.000, 1 hari anda makan sebanyak 3x maka Rp. 30.000/ hari dalam seminggu anda bisa menghabiskan Rp. 280.000 itu pun jika anda makan dengan harga Rp. 10.000 sekali makan, namun pada kenyataannya anda akan makan menghabiskan budget lebih dari pada itu bukan?

Sekarang coba banyangkan jika anda memilih untuk memasak sendiri, bahan makanan yang anda beli di pasar sangat murah, anda juga masih  bisa menawar. Harga sayuran juga sangat murah 1 ikat kangkung Rp 1.500 bisa di makan 2x dalam porsi 1 orang. Uang Rp 30.000 anda sehari makan, dengan berbelanja di pasar dan memasak sendiri anda dapat menghabiskan budget yang sama untuk 1 minggu makan. Murah bukan?

  • Uang Parkir

Ini untuk anda yang suka berpergian, uang parkir memang terlihat ringan hanya berkisar antara Rp. 2.000 – Rp. 4.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 – 10.000 untuk pengendara mobil. Namun bayangkan jika dalam 1 hari anda berpergian ke 2 tempat yang berbeda, dengan harga parkir motor Rp. 3.000, maka anda akan menghabiskan Rp 6.000 sehari untuk biaya parkir motor anda.

Memang untuk ukuran sehari sangat sedikit coba anda bayangkan dalam jangka waktu 1 bulan, anda bisa menghabiskan uang kurang lebih Rp. 180.000 hanya untuk parkir saja. Namun kenyataannya anda sering menghabiskan lebih dari itu untuk parkir, belum lagi harga parkir sekarang terus menerus naik.

Di beberapa kota di Indonesia, parkir sudah melalui hitungan per jam, bukankah ini akan membuat pengeluaran anda lebih boros?

  • Memiliki Banyak SmartPhone

Memiliki banyak Hp atau SmartPhone membuat anda menjadi sangat boros. Hal ini di sebabkan anda harus membeli pulsa untuk HP tersebut, dan itu sangat memakan uang. Belum lagi jika semua HP anda terkonek internet, anda harus membeli kuota. Mungkin pandangan anda adalah memiliki nomer banyak agar menelepon lebih murah ke orang lain. Namun ini sangat membuat anda boros, memang akan lebih murah menelepon ke orang lain. Tapi bukan kah anda harus mengisi pulsa pada telepon tersebut setiap bulan? Jika tidak, ada masa tenggang dan masa aktif anda. Ini akan membuat dompet anda lebih tipis.

Pakailah 1 nomor telepon dan HP, ini akan jauh lebih menguntungkan dari pada anda memakai banyak nomor.

  • Membeli Barang Bekas

Memang ini akan membuat pengeluaran anda lebih sedikit. Membeli barang bekas sangat di perbolehkan dalam penghematan, namun jika anda membeli barang bekas yang sudah rapuh dan rusak, anda bukan malah hemat, malah lebih boros lagi. Jika anda mencari barang bekas, maka pilih dengan teliti, cari barang yang masih bisa di pakai dalam jangka waktu yang lama. Jangan hanya membeli barang bekas asal-asalan bukan membuat anda untung, eh malah buntung.

Baca Juga Di: Macam – macam diskon

  • Memakai kartu ATM yang Jarang Ada Mesinnya

Saya mengerti, sebenarnya maksud anda agar tidak mengambil terus menerus. Namun sekarang pada kenyataannya anda akan tetap membutuhkan uang tersebut. Apa yang anda lakukan jika anda membutuhkan uang? Anda akan mengambil pada ATM lain dengan logo ATM BERSAMA. Untuk sekali dua kali mungkin ini tidak akan kerasa.

Namun jika setiap anda memerlukan uang 1 hari sekali? Anda akan kehabisan uang untuk biaya administrasi. Biaya administrasi setiap kali pengambilan di Bank lain Rp. 6.500, kali aja sebulan anda sudah menghabiskan Rp. 195.000. Uang makan untuk 10 hari sudah melayang sia-sia.

Jika anda memiliki alasan anda akan mengambil uang lebih banyak ketika anda menemukan ATM bank anda. Sekarang pertanyaannya, apakah uang anda tidak cepat habis jika anda mengambil uang banyak dan anda letakan di dompet anda? Bukankah sama saja? Jadi usahakan memilih bank dengan mesin ATM yang banyak. Atau mungkin anda bisa memakai 2 jenis bank yang berbeda, dimana 1 bank anda gunakan untuk tabungan dan 1 lagi untuk pemakaian sehari-hari, ini akan membantu anda.

Baca Juga Di : Cara Transfer Uang Lewat ATM Bersama

Demikian adalah hal simpel yang dapat uang anda cepat habis. Belajar mengurangi hal diatas, maka anda akan merasakan dampaknya.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Mengenal Macam-macam Diskon

Remaja Susah Menabung? Lakukan Cara Ini!

Remaja Susah Menabung? Lakukan Cara Ini!