Pentingnya Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Muda

Mempersiapkan Dana Pensiun – Baik Anda adalah seorang penguasaha ataupun pekerja biasa, kesalahan terbesar yang dilakukan oleh kebanyakan orang adalah mereka lupa mempersiapkan kehidupan saat mereka pensiun.

Semakin lama seseorang bekerja maka semakin menurun pula kondisi fisik dan kesehatan seseorang yang pada akhirnya berdampak pada kondisi keuangan seseorang. Disisi lain laju pendapatan tidak akan pernah bisa seimbang dengan laju umur.

Apalagi saat mendekati usia pensiun dimana masa produktif akan benar benar berhenti. Disaat ini pendapatan akan menurun dan menjadi tidak seimbang dengan pengeluaran. Pada perusahaan pemerintah, mereka sudah mempersiapkan dana pensiun bagi para karyawannya.

Begitu juga dengan beberapa perusahaan swasta yang sudah mulai mempersiapkan dana pensiun bagi karyawannya yang sudah memasuki masa pensiun. Namun bagaimana dengan anda yang tidak mendapatkan dana pensiun?

Dikarenakan anda adalah seorang pengusaha atau memang tidak ada dana pensiun dari perusahaan tempat anda bekerja.

Pentingnya Mempersiapkan Dana Pensiun

Persiapkan Dana Pensiun Anda Sedini Mungkin

Mempersiapkan Dana Pensiun tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Semua harus dilakukan sejak dini atau tepatnya saat anda mulai bekerja supaya anda bisa mendapatkan dana pensiun yang maksimal.

Kalau usia anda saat ini adalah 30 tahun. Anda masih mempunyai waktu hingga 25 tahun untuk mempersiapkan dana pensiun. Dengan demikian anda tidak perlu khawatir saat memasuki masa pensiun kelak.

Baca Juga:  Tips Mengelola Keuangan Pribadi Yang Baik dan Tepat

Bagaimana caranya anda Mempersiapkan Dana Pensiun? Salah satunya dengan membuat tabungan khusus pensiun. Kalau anda berpikiran tabungan hanyalah untuk persiapan belanja ataupun dana darurat maka anda salah besar.

Salah satu fungsi tabungan adalah untuk mempersiapkan pensiun kelak. Ini sangatlah penting karena mempersiapkan dana pensiun semenjak muda akan membuat masa pensiun anda kelak lebih santai dan bahagia.

Lebih dari 30 tahun anda bekerja, masa pensiun sudah sewajarnya kalau digunakan untuk menikmati hidup dengan lebih santai dan bahagia. Anda bisa saja memulai dengan menyisihkan 10% dari penghasilan anda sekarang ini.

Dimana anda sebelumnya dapat menghitung rasio antara kebutuhan dan tabungan. Kalau memang memungkinkan untuk menabung diatas 10% maka jangan ragu untuk melakukannya.

Menabung juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, banyak pertimbangan yang diperlukan sebelum akhirnya membuka tabungan di bank tertentu. Lakukan survey terlebih dahulu mana tabungan yang lebih menguntungkan untuk digunakan sebagai dana pensiun kelak.

Kehidupan yang seperti ini tidaklah mudah, diperlukan manajemen keuangan yang sangat ketat dan disiplin mengingat laju inflasi setiap tahunnya akan membuat nilai tabungan anda terasa lebih kecil di masa mendatang.

Pentingnya Mempersiapkan Dana Pensiun

Sepintas rencana seperti ini memang indah terdengar namun permasalahannya terkadang realitanya sangat berbeda dengan ekspektasi. Berbagai kebutuhan pokok yang kian meningkat membuat banyak orang berpikir ulang untuk menabung.

Jangankan untuk menabung, untuk memenuhi kebutuhan pokok saja terkadang sulit. Permasalahan inilah yang seringkali hinggap di benak banyak orang, apakah masih bisa mempersiapkan dana pensiun di tengah kondisi yang sulit seperti ini? Jawabannya tetap sama seperti diatas.

Bisa karena manajemen keuangan yang sangat ketat dan disiplin. Yang perlu anda kontrol sebenarnya bukanlah pengeluaran anda, melainkan anda mengatur gaya hidup anda.

Cek lagi mengenai pemasukan dan pengeluaran anda, evaluasi dan kalau memang memungkinkan dilakukan pembenahan gaya hidup. Sudah seharusnya anda melakukannya demi masa depan anda yang lebih baik.

Baca Juga:  5 Cara Mengelola Uang Pinjaman Agar Tidak Tertimbun Utang

Akan jauh lebih baik saat anda sudah mempunyai keluarga, pasangan anda akan bisa membantu anda dalam pengawasan keuangan anda sehingga anda bisa lebih ketat dan disiplin, sehingga semua rencana keuangan anda bisa terwujud.

Namun bagaimana ceritanya kalau Anda sudah bekerja selama sekian tahun akan tetapi masih belum bisa sama sekali menyisihkan sebagian uang untuk tabungan pensiun? Pertanyaan ini memang sering diajukan.

Sebenarnya untuk menjawab pertanyaan tersebut cukup mudah. Karena ini biasanya berkaitan dengan gaya hidup dan tidak adanya kontrol antara pemasukan dan pengeluaran harian atau bulanan.

Maka yang perlu dilakukan jika Anda mengalami hal seperti itu adalah segera mungkin melakukan evaluasi diri.

DPLK, alternatif dana pensiun yang bisa anda gunakan

DPLK, Alternatif Dana Pensiun Yang Bisa Anda Gunakan

DPLK adalah Dana Pensiun Lembaga Keuangan dimana program ini diperuntukkan bagi mereka yang benar benar ingin memiliki dana pension.

DPLK ini sebenarnya memiliki prinsip yang tidak berbeda jauh dengan tabungan berjangka, dimana anda hanya dapat mencairkan dana anda saat jatuh tempo.

Kalau anda melakukannya sebelum tanggal jatuh tempo maka anda akan terkena penalty. Yang menarik dari program ini adalah, anda dapat memilih system pencairan dimana dana anda dibagi rata perbulan. Sehingga bisa menjadi penghasilan anda seperti semasa anda bekerja atau bisa juga diambil sekaligus.

Baca Juga:  BPJS Kesehatan atau Asuransi Kesehatan Swasta?

Unit Link, Program dari Asuransi yang Dapat Difungsikan Sebagai Jaminan Hari Tua

Unit Link adalah produk asuransi kesehatan yang digabungkan dengan investasi. Dimana unit link memiliki nilai manfaat dan jangka waktu hingga 99 tahun.

Mengapa unit link bisa dijadikan alternative dana pensiun? Ada orang yang bisa melewati masa pensiun dengan sehat, namun ada juga yang melewati masa pensiun dengan berbagai macam penyakit.

Selain investasi yang sudah kita siapkan semenjak dini, unit link juga menawarkan program asuransi kesehatan yang sangat berguna apabila kita memasuki masa pensiun kelak.

Dimana kita tidak usah lagi memikirkan mengenai biaya kesehatan karena sudah tercover dari biaya asuransi unit link ini.

Kelebihan Utama Produk Unit Link

Ada tiga kelebihan utama produk unit link ini dibandingkan produk asuransi konvensional yang bisa anda pertimbangkan sebagai alternative jaminan hari tua anda.

1. Dengan membeli produk unit link, maka anda tidak hanya mendapatkan proteksi asuransi jiwa dan kesehatan seperti halnya produk asuransi pada umumnya. Anda juga mendapatkan nilai investasi yang bisa anda hitung dan tentukan besarannya sebelum anda memutuskan mengambil unit link.

2. Premi yang sedikit diatas asuransi konvensional akan membuat anda menabung secara rutin dan berkala yang akan menambah nilai investasi anda.

3. Tidak hanya menawarkan investasi + asuransi kesehatan, unit link juga menawarkan berbagai rider (asuransi tambahan) yang bisa anda gunakan sebagai proteksi masa pensiun anda kelak.

Baca Juga:  Alternatif Transfer Uang Tanpa Rekening Bank

Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak agar masa pensiun anda lebih sejahtera

Selain DPLK dan unit link, investasi juga bisa menjadi alternative dana pensiun anda yang sangat tepat. Pilihlah investasi yang nilainya semakin meningkat dari tahun ke tahun, seperti tanah, emas ataupun surat berharga yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Walaupun relatif sulit karena membutuhkan dana yang besar. Tidak ada salahnya mulai menabung atau mencicil dari sekarang demi masa pensiun anda kelak.

Singkirkan anggapan kalau masa pensiun itu identik dengan penurunan gaya hidup. Karena dengan pola dan gaya hidup yang tepat sejak dini termasuk juga dalam hal menabung untuk masa pensiun kelak anda dapat meningkatkan kesejahteraan anda di masa pensiun mendatang.

Sekalipun masa pensiun anda masih beberapa puluh tahun di depan. Tapi inilah masa paling ideal untuk memulai menyiapkan tabungan dana pensiun anda/ Mempersiapkan Dana Pensiun sedini mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *