Sebelum Ajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA), Pertimbangkan 5 Hal Ini

Kredit Tanpa Agunan ( KTA ) – Sekarang ini kredit makin menjamur dimana-mana, mulai dari kredit uang tunai, kredit logam mulia, kredit kendaraan, kredit properti dan lain sebagainya. Ditambah lagi ada kredit tanpa agunan istilah populernya KTA.

Sebenarnya dengan adanya kredit, masyarakat pada umumnya menjadi lebih dimudahkan. Dengan begitu masyarakat bisa belajar investasi dengan menyisihkan sebagian penghasilannya untuk alokasi kredit.

Jika tidak melalui kredit rasanya akan terasa sulit untuk melakukan investasi dengan dana segar. Pasalnya jika mengumpulkan uang sedikit demi sedikit rasanya susah.

Setelah uang tersebut terkumpul kebanyakan orang akan menggunakannya untuk berbagai kebutuhan yang belum tentu jelas, sehingga uang mereka langsung habis begitu saja.

Kredit Tanpa Agunan ( KTA )

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Ajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan)
KTA (Kredit Tanpa Agunan) Via @https://blog.duitpintar.com

Beberapa Hal Yang Harus di Pertimbangan Sebelum Mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Untuk memutuskan mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan) agar pengelolaan keuangan menjadi semakin baik. Sebaiknya dipikirkan matang-matang dengan mempertimbangkan beberapa aspek seperti halnya sebagai berikut:

1. Sebelum Mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan) Harus Mempunyai Tujuan Yang Jelas

Sebelum mengajukan kredit tanpa agunan, hal pertama yang paling wajib untuk dipertimbangkan adalah tujuannya untuk apa.

Jika anda mengajukan kredit tanpa agunan namun tidak mempunyai tujuan yang jelas, saya sarankan lebih baik dibatalkan saja. Apabila anda tetap memaksakannya, kemungkinan besar keuangan anda akan menjadi berantakan.

Karena nantinya uang hasil pinjaman tersebut tidak jelas pemakaiannya untuk apa, sehingga habisnya pun tidak jelas. Ibarat orang pergi tanpa arah tujuan yang jelas pasti akan tersesat.

2. Mempunyai Alasan Yang Jelas Sebelum Mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Jika memutuskan untuk melakukan pengajuan kredit tanpa agunan, maka wajib disertai dengan alasan yang jelas. Agar nantinya diharapkan akan lebih bermanfaat dan bisa lebih berkembang pengelolaan keuangannya.

Misalnya seperti untuk keperluan nambah modal usaha ataupun akan membuka usaha yang sudah direncanakan dengan matang. Pasti hasilnya akan lebih jelas dan terstruktur dengan baik.

Baca Juga:  Tips Cara Mendapatkan Pinjaman Uang Tunai Tanpa Jaminan

3. Mempunyai Penghasilan Yang Mumpuni Sebelum Mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Idealnya jika ingin mengajukan kredit tanpa agunan, setidaknya 30 persen dari penghasilan anda tiap bulan sudah bisa digunakan untuk alokasi pembayaran cicilan setiap bulannya.

Sisanya 70 persen bisa dibagi-bagi untuk keperluan lainnya. Selanjut anda harus memperhatikan terlebih dahulu kondisi pengelolaan keuangan, saat akan mengajukan kredit tanpa agunan.

Jika 30 persen dari penghasilan anda tidak mencukupi untuk digunakan dalam membayar cicilan setiap bulannya, saya sarankan untuk tidak melanjutkan keinginan tersebut.

Dikhawatirkan nantinya malah anda tidak mampu membayarnya. Akibatnya malah membuat anda menjadi pusing dan susah sendiri. Ingat ya jika ingin

4. Wajib Mempunyai Penghasilan Tetap Ataupun Pekerjaan Tetap

Bisa membayar cicilan tiap bulannya saja tidak cukup, jika anda bekerja masih berstatus kontrak. Artinya untuk pembayaran cicilan hanya bisa dipenuhi selama kontrak tersebut belum habis.

Selanjutnya jika masa kontrak tersebut sudah habis, pastinya anda akan kebingungan. Mending kalau langsung diperpanjang ataupun dapat kerja lagi dengan cepat, kalau tidak anda sendiri yang akan kesulitan.

Untuk itu diperlukan perhitungan yang matang. Boleh mengajukan pinjaman, namun anda harus menentukan waktu cicilan tersebut berapa lama. Kemudian sebisa mungkin disesuaikan dengan batas kontrak kerja anda berakhir.

Ketika kontrak anda habis, cicilan pinjaman tersebut juga sudah selesai. Jadi pengelolaan uang anda bisa tetap stabil dan dalam kondisi baik.

Sama halnya jika anda seorang pengusaha, pastikan rata-rata penghasilan anda terlebih dahulu setiap bulannya sudah cukup atau belum untuk membayar cicilan.

Jika 30 persen penghasilan anda sudah cukup dan bahkan lebih untuk membayar cicilan, berarti anda sudah masuk dalam kategori mampu.

Selanjutnya jika berkeinginan mengajukan pinjaman, sudah tidak ada yang dikhawatirkan lagi. Usaha makin lancar, pengelolaan keuangan makin membaik, cicilan pun juga lancar. Nah, yang seperti ini bisa dikatakan seimbang.

Baca Juga:  Perbedaan dan Pengertian Kredit Multiguna dan KTA

5. Tidak Mempunyai Tanggungan Kredit Di Tempat Lain

Banyaknya berbagai cicilan yang anda lakukan setiap bulannya, pasti akan membuat anda menjadi pusing. Berbeda lagi bila semua total cicilan anda tersebut masih dalam kadar 30 persen dari penghasilan.

Berarti itu masih termasuk dalam kategori ideal, jadi bisa dianggap masih aman-aman saja. Namun jika cicilan anda banyak, tapi masih saja berkeinginan mengajukan pinjaman lagi, saran saya urungkanlah niat anda tersebut.

Selesaikan terlebih dahulu tanggunggan anda yang sedang berjalan, setelah semuanya selesai, baru ajukan pinjaman kembali. Saya jamin pengelolaan keuangan anda tidak akan memburuk, justru bisa jadi akan berpeluang untuk membaik.

Nilai yang dapat dipetik disini adalah disiplin dan berkomitmen, kedua komponen tersebut yang akan menjadi kunci dalam memperbaiki pengelolaan keuangan anda.

Dapat diambil kesimpulan bahwa kredit tanpa agunan diulas dan jelaskan secara rinci di atas diharapkan bisa mempermudah anda saat mempelajari. Dan juga memahami lebih dalam lagi sehingga nantinya bisa dijadikan sebagai referensi anda dikemudian hari.

Baca Juga:  16 Alasan Mengapa Pengajuan KTA, KPR, dan Kartu Kredit Anda Ditolak

Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai Sebelum Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Ajukan Kredit Tanpa Agunan ( KTA ). Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel saya ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *