Tulis ArtikelMulai Menulis & Share Artikel Terbaikmu Disini Sekarang !

Pinjam Uang Online VS Tarik Tunai Kartu Kredit, Mana Yang Lebih Baik?

Pinjam Uang Online VS Tarik Tunai Kartu Kredit – Kondisi keuangan tidak selamanya akan sehat, ada saja situasi darurat yang mengharuskan kamu meminjam sejumlah dana sebagai salah satu solusinya. Nah, cara peminjaman dana pun sangat beragam, diantaranya ada pinjaman uang online dan tarik tunai kartu kredit. Lantas, diantara keduanya maling yang paling menguntungkan?

Pinjam Uang Online VS Tarik Tunai Kartu Kredit

Untuk melihat mana yang jauh lebih baik mari kita bandingkan antara pinjaman uang online dengan tarik tunai kartu kredit

Pinjam Uang Online VS Tarik Tunai Kartu Kredit, Mana Yang Lebih Baik?
Pinjam Uang Online VS Tarik Tunai Kartu Kredit

PINJAM UANG ONLINE

Pinjam uang online, sesuai dengan namanya, proses pinjaman ini akan dilakukan secara online. Dari awal administrasi sampai pencairan dananya pun Anda tidak perlu mendatangi lembaga keuangannya secara langsung. Hanya perlu menyiapkan berkas persyaratan yang diminta dan melengkapinya secara online.

Untuk fasilitas pinjaman yang akan diberikan pada umumnya akan di tawarkan dalam bentuk KTA atau kredit tanpa agunan yang proses pencairan dananya dinilai lebih cepat.

Lalu, siapa yang menyediakan pinjaman online? Pinjaman online pada umumnya di berikan oleh lembaga keuangan non ban, pihak ketiga dan juga perusahaan fintech. Baca Juga: Rekomendasi Fintech Yang Bisa Memberikan Pinjaman Online Tanpa Jaminan dan Kartu Kredit

Proses pengajuannya juga sangat mudah loh, kamu bisa melakukan dimana saja dan kapan saja, asalkan ada laptop dan koneksi internet, kamu sudah bisa langsung registrasi di situs peminjaman online kemudian melampirkan scan semua dokumen yang diminta.

Jika pengajuannya diterima, uang akan langsung ditransfer ke rekening Anda!

Berapa suku bunga pinjaman uang online?

Lalu, bagaimana dengan tingkat suku bunga pada pinjam uang online? Untuk suku bunganya, biasanya akan sangat bervariasi. Ini dikarenakan penyedia layanannya cukup beragam.

Jadi, saat Anda coba membandingkan suku bunganya, Anda jangan kaget ya jika ternyata setiap lembaga pinjaman online memiliki nilai yang berbeda satu dengan yang lainnya. Ada yang hanya 3% per bulan atau ada juga yang 1% per hari.

Sehingga walaupun proses pencairan dana dan registrasinya dinilai cepat, bahkan ada saja lembaga yang bisa memberikan pinjaman hanya dengan modal KTP, bunga yang akan diberikan akan sangat tinggi.

Saat pinjam uang online apakah ada biaya tambahan lain?

Untuk biaya lain-lain yang dikenakan selain bunga akan tergantung pada platform atau lembaga yang memberikan pinjaman secara online. Ada saja platform yang mengharuskan si peminjam membayar biaya administrasi dan persetujuan kredit di awal. Namun ada juga platform yang tidak menambahkan biaya apapun pada nasabah.

Bagaimana sistem pelunasan pinjaman uang online?

Untuk proses pelunasan pinjaman uang secara online juga cukup beragam. Lagi-lagi akan sangat bergantug pada platform yang akan kamu pakai. Ada saja platform yang mengharuskan Anda membayar tiap bulan dengan rutin plus bunganya sampai waktu jatuh tempo berakhir.

Namun biasanya untuk perusahaan fintech mereka hanya membolehkan nasabah melakukan pelunasan pinjaman sampai 30 hari saja. Mengapa? Karena dana yang dipinjamkannya juga terbatas, atau tidak terlalu besar. Biasanya hanya berkisar antara 4-10 juta saja. Jadi, akan lebih cocok digunakan untuk mereka yang membutuhkan pinjaman jangka pendek.

Baca Juga: Tips Cara Mendapatkan Pinjaman Uang Tunai Tanpa Jaminan

TARIK TUNAI KARTU KREDIT

Selanjutnya adalah tarik tunai kartu kredit yang bisa Anda lakukan di mesin ATM. Namun, walaupun dilakukan dimesin ATM, tarik tuna kredit berbeda dengan tarik tunai debet ya.

Apa bedanya?

Kalau tarik tunai debet, maka uang yang Anda ambil tentunya adalah uang yang ada di dalam rekening Anda sendiri. Sedangkan untuk tarik tunai kredit, uang yang Anda ambil bukanlah uang yang ada di dalam rekening Anda tapi uang yang dipinjamkan oleh bank yang menerbitkan kartu Anda.

Dan tentunya karena judulnya saja “kredit” pastinya Anda akan ditagih atau diharuskan membayar kembali uang yang Anda pinjam dan saat pelunasannya harus ditambahkan dengan beban bunga yang sudah ditentukan.

Untuk proses penarikan uangnya juga bisa Anda lakukan di ATM manapun. Asal ada logo visa atau mastercard-nya, sedangkan untuk nominal yang bisa kamu peroleh adalah 40-60% dari total limit kredit Anda.

Berapa suku bunga tarik tunai kartu kredit

Untuk bunga tarik tunai dengan kartu kredit akan diterapkan secara langsung oleh Bank Indonesia. Maksimlanya adalah 2,25% per bulan, atau 26,95% pertahunnya. Bunga tersebut akan diberlakukan selama Anda tidak melunasi tagihan kartu kredit Anda.

Saat tarik tunai kartu kredit apakah ada biaya tambahan lain?

Untuk penarikan uang secara tunai lewat kartu kredit pada umumnya akan ada biaya tambahan. Misalnya saja kredit bank BRI maka ada biaya administrasi sebanyak 4% dari nominal uang yang Anda tarik. Atau bisa juga 60 ribu per transaksinya.

Atau misalnya saat Anda ingin menarik uang dari kartu kredit sebanyak 100 ribu rupiah maka dengan otomatis Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar 60 ribu rupiah. Cukup besar bukan? Oleh sebab itu Anda harus mempertimbangkan matang-matang saat akan melakukan penarikan uang secara kredit.

Baca Juga: Jenis-Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Limit, Wilayah Berlaku, dan Afiliasinya

Bagaimana sistem pelunasan tarik tunai kartu kredit?

Untuk proses pelunasan kartu kredit biasanya akan disatukan dengan jumlah total tagihan dari kartu kredit Anda secara bulanan. Jadi, Anda bisa beban melakukan penarikan kapan saja dan membayar dengan jumlah minimum berapa saja. Namun resikonya akan ada bunga di bulan depan yang terus beranak.

Antara Pinjam Uang Online VS Tarik Tunai Kartu Kredit keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Dari perbandingan di atas, Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi keuangan Anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *