Pinjaman Bank Atau Online Yang Memberikan Pinjaman Tanpa Jaminan?

Pinjaman Bank Atau Online – Pinjaman adalah salah satu hal bisa dikatakan cukup lumrah dan banyak diminati oleh masyarakat. Bagaimana tidak, kebutuhan yang semakin meningkat tidak sebanding dengan besaran pendapatan yang kecil. Kebutuhan pinjaman guna pemenuhan modal usaha juga menjadi minat yang cukup besar. Karena bagaimanapun konsep sebuah bisnis yang bagus tidak akan bisa berjalan tanpa modal atau biaya operasional.

Oleh sebab itu pinjaman tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit pun mulai di berikan pada masyarakat baik oleh Bank atau oleh lembaga non Bank. Sebagian orang mungkin ada yang memilih Bank sebagai tujuan meminjam sejumlah dana, alasannya karena Bank terbilang cukup aman. Baca Juga: Kemudahan Pengajuan Pinjaman di Lembaga Pemberi Pinjaman Non-Bank

Pinjaman Bank Atau Online?

Mending Pilih Mana, Pinjaman Bank Atau Online Yang Memberikan Pinjaman Tanpa Jaminan?

Namun, ada juga yang meminjam pada non Bank misalnya pada perusahaan fintech yang meminjamkan uang secara online dan mudah. Lalu, Antara Bank dan online sebenarnya mana yang lebih baik? Berikut ulasannya.

1. Pinjaman Bank atau Kredit Bank

Hampir semua masyarakat sudah tahu apa itu Bank dan juga produk kredit yang menjadi salah satu produknya. Ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan saat meminjam uang ke Bank:

  • Kredit Bank dinilai mampu memberikan limi kredit yang cukup tinggi dibandingkan pinjaman online.
  • Pemberian bunga yang dilakukan oleh Bank biasanya akan sangat kompetitif sebab hampir seluruh Bank diharuskan untuk mengikuti nilai suku bunga yang telah ditentukan oleh Bank Indonesia sebagai bagian dari regulator Bank.
  • Cukup banyak pilihan Bank yang sudah tersedia. Dari mulai Bank yang berskala daerah, nasional bahkan yang berskala perkreditan rakya sampai syariah yang benar-benar menerapkan sistem sesuai syariah dan bebas dari riba.
  • Nasabah atau debitur juga biasanya akan diasuransikan
  • Tenor atau jangka waktu kredit bisa sangat disesuaikan sesuai kebutuhan nasabah.
Namun, selain memiliki kelebihan kredit perbankan juga mempunyai kekurangan, diantaranya:
  • Harus mempunyai riwayat kredit yang cukup baik dari Bank
  • Proses persetujuan untuk memperoleh pinjaman biasanya akan memakan waktu sampai berhari-hari hingga tidak cocok jika untuk kebutuhan yang sangat darurat dan mendadak
  • Beberapa produk kredit yang ditawarkan Bank biasanya ada saja yang mewajibakan para debitur untuk mempunyai kartu kredit
  • Limit kredit juga biasanya akan jauh dari nilai agunan yang akan diberikan.
  • Untuk beberapa produk pinjaman biasanya akan dikenakan penalty untuk pelunasannya sebelum sampai pada batas waktu

2. Pinjaman Tunai Online

Walaupun saat ini sudah ada beberapa Bank berskala nasional yang sudah mulai meluncurkan produk pinjaman secara online, namun pembahasan pada point ini akan berfokus pada perusahaan non Bank. Saat ini sudah cukup banyak perusahaan yang memanfaatkan peluang teknologi, salah satunya adalah fintech yang mulai membuka peluang pinjaman secara online kepada masyarakat. Tidak hanya Bank saja, perusahaan non Bank yang memberikan pinjaman secara online pun memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah diantaranya.

Baca Juga: Keunggulan KTA Online serta Kemudahan Yang Diberikan

Kelebihan pinjaman tunai online:

  • Biasanya dalam pemenuhan dokumen administrasi pinjamana tunai online lebih mudah jika dibandingkan dengan pinjaman Bank
  • Proses persetujuan pinjaman pun bisa Anda lakukan dalam waktu yang singkat, bisa dalam 1 hari bahkan dalam hitungan jam saja.
  • Proses pengajuan bisa Anda lakukan kapan saja tanpa harus mendatangi langsung kreditur yang bersangkutan.
  • Melakukan pinjaman secara online tidak akan dikenakan penalty jika melunasi pinjaman sebelum waktu jatuh temponya selesai.
  • Tidak akan meminta adanya agunan atau jaminan lainnya pada nasabah
  • Dana bisa Anda gunakan sebagai salah satu keperluan, termasuk untuk kebutuhan yang sangat mendesak atau sangat darurat
  • Tenor sangatlah fleksibel, bisa selama 6 minggu sampai 36 bulan
  • Biasanya beberapa perusahaan juga tidak mengharuskan nasabahnya untuk mempunyai riwayat kredit yang bagus.
Lalu apa kekurangan pinjaman online dari lembaga non Bank?

Biasanya pinjaman yang akan diberikan hanya boleh dalam waktu jangka pendek saja, selain itu jumlah pinjamannya pun sangatlah kecil maksimal ada yang hanya 6 juta atau bahkan ada yang hanya 4 juta saja. Namun, pinjaman online biasanya akan sangat cocok digunakan bagi Anda memang sangat membutuhkan uang dalam jangka waktu sangat cepat.

Dengan mengetahui informasi mengenai apa saja kelebihan serta kekurangan dari pinjaman Bank dan Non Bank, maka Anda sudah bisa menentukan kepada Bank atau Non Bank Anda akan mengajukan sejumlah pinjaman. Anda sudah bisa tahu juga, sejauh mana kemampuan Anda melakukan pinjaman apakah akan sangat cocok dengan Bank atau justru cocok dengan pinjaman secara online,

Satu hal lagi yang sangat perlu Anda ingat, baik melakukan pengajuan pinjaman pada Bank atau pun pinjaman secara online pada perusahaan Non Bank, para nasabah haruslah tetap menjaga kedisiplinan saat melakukan pembayaran angsuran.

Karena jika Anda terus saja melakukan penunggakan malah akan menumpuk pembayaran bahkan bunga yang Anda harus bayarkan bisa lebih besar. Selain itu, karena semakin besar tunggakan maka beban Anda pun akan semakin bertambah dan bisa saja Anda malah tidak mampu membayar sejumlah tagihan yang harus segera Anda lunasi.

Jadi, mending mana, Pinjaman Bank Atau Online? Baca juga: Rekomendasi Fintech Yang Bisa Memberikan Pinjaman Online Tanpa Jaminan dan Kartu Kredit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *