in

Tips Cara Mendapatkan Pinjaman Uang Tunai Tanpa Jaminan

Pinjaman Uang Tunai, Memang  Uang bukan segalanya, namun segalanya butuh uang. Sebuah ungkapan yang sudah tak asing lagi didengar oleh masyarakat sekarang ini. Untuk kebanyakan orang, ungkapan tersebut memang benar adanya.

Memenuhi kebutuhan dan keinginan semua membutuhkan finansial yang memadai. Sayangnya, tidak semua orang dapat memenuhi semua kebutuhannya seorang diri. Terkadang dalam memenuhi kebutuhannya, seseorang membutuhkan bantuan orang lain.

Berangkat dari hal itu, maka muncul lah suatu layanan yang menawarkan jasa pinjaman. Lembaga ini dapat membantu orang yang membutuhkan dengan memberikan sejumlah pinjaman dengan imbalan atau jaminan setelahnya.

Pinjaman Uang Tunai Tanpa Jaminan

Pinjaman Tanpa Jaminan, Begini Tips Mendapatkannya

Lewat layanan pinjaman ini, tentunya masyarakat yang membutuhkan akan merasa sangat terbantu. Lalu bagaimana bila ada masyarakat yang membutuhkan pinjaman tapi tidak memiliki jaminan apapun?

Baca Juga:  Pinjaman Bank Atau Online Yang Memberikan Pinjaman Tanpa Jaminan?

Jangan khawatir. Berawal dari banyaknya kasus yang membutuhkan pinjaman namun tidak memiliki jaminan. Beberapa lembaga membebaskan para peminjam dari jaminan. Ada dua lembaga penyedia layanan pinjaman tanpa jaminan yang bisa Anda pilih, yaitu lembaga bank dan lembaga non bank.

Untuk lembaga Bank, pinjaman tanpa jaminan disebut sebagai KTA (Kredit Tanpa Agunan). KTA sendiri merupakan suatu program dari pemerintah yang memberikan pinjaman dengan perantara bank BUMN maupun bank swasta dan diperuntukan bagi masyarakat. Lembaga pemberi pinjaman bank biasanya dipilih jika Anda membutuhkan pinjaman dengan jumlah yang cukup besar.

Pinjaman ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk biaya pengobatan, membuka sebuah bisnis, biaya sekolah, atau keperluan yang dirasa tidak terlalu penting seperti biaya untuk pernikahan atau membeli barang-barang tersier lainnya.

Sedangkan jika Anda membutuhkan pinjaman yang nominalnya tidak begitu besar, cepat cairnya, tanpa jaminan, dan dengan persyaratan yang tidak bertele-tele, Anda bisa memilih menggunakan jasa pinjaman dari lembaga non bank. Untuk lembaga non bank, sebenarnya dasar pemikirannya masih sama dengan lembaga bank.

Disana Anda bisa mendapatkan pinjaman berjangka waktu pendek dengan jumlah uang yang relatif lebih kecil bila dibanding pinjaman ke bank. Walau dirasa mudah, meminjam di lembaga non bank tetap membutuhkan beberapa persyaratan.

Hal ini sebagai cara lembaga agar pinjaman yang diberikan dapat dibayar kembali.  Beberapa persyaratan yang Anda butuhkan meliputi KTP, fotokopi Kartu Keluarga, NPWP, dan surat keterangan kerja beserta slip gajinya.

Baca Juga:  4 Hal Yang Seharusnya Kamu Lakukan Setelah Melunasi Hutang

Syarat dan Prosedur Pengajuan Pinjaman Uang Tunai Tanpa Jaminan

Tempat Yang Memberikan Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil

Selain dokumen-dokumen diatas, Anda juga harus memenuhi syarat dan prosedur pengajuan pinjaman tanpa jaminan yang akan dijelaskan berikut ini:

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

WNI adalah syarat paling utama untuk dapat mengajukan pinjaman tanpa jaminan. Maka dari itu dibutuhkan kartu identitas berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang dapat membuktikan status warga negara Anda.

2. Batas Usia

Untuk dapat mengajukan pinjaman tanpa jaminan, minimal Anda berumur 21 tahun atau maksimal Anda berumur 60 tahun. Walau begitu, sebenarnya ada beberapa lembaga pinjaman yang memberikan keringanan dengan memperbolehkan usia 18 tahun mengajukan pinjaman.

Ada banyak alasan lembaga pinjaman membatasi usia peminjamnya. Salah satunya adalah untuk memastikan para peminjamnya sudah cukup dewasa dari segi finansial sehingga proses pengembalian kedepannya berjalan dengan baik.

3. Batas Penghasilan

Selain batas usia, batas penghasilan juga menjadi syarat yang harus Anda penuhi. Maka dari itu dalam mengajukan pinjaman tanpa jaminan Anda perlu menunjukan slip gaji pekerjaan Anda.

Batas penghasilan ini sendiri tergantung ketentuan dari lembaga pinjaman yang bersangkutan. Biasanya lembaga non bank memberlakukan batas penghasilan minimal sesuai UMR (Upah Minimum Regional) daerah masing-masing.

4. Nominal Pinjaman

Untuk nominal pinjaman di lembaga non bank berkisar antara 3 juta sampai 5 juta dengan jangka waktu peminjaman yang relatif pendek yaitu 15 sampai 30 hari.  Karena mudah dan cepat, bunga yang dibebankan kepada peminjamannya pun cukup besar yaitu 1% per hari.

Artinya jika Anda meminjam dengan jangka waktu 15 hari, Anda harus membayar bunga sebesar 15%. Untuk keterlambatan dalam pembayaran, Anda akan dikenakan biaya keterlambatan sebesar 50 ribu di hari pertama dan 10 ribu untuk hari berikutnya.

Setelah membaca penjelasan diatas, meminjam tanpa jaminan di lembaga non bank bisa dianggap menguntungkan atau bahkan bisa merugikan. Semua tergantung bagaimana cara Anda untuk menyikapi dan menyelesaikannya.

Jika Anda benar-benar berusaha membayar tepat pada waktunya, Anda mungkin akan diuntungkan. Namun jika Anda bertele-tele dalam membayar tentunya Anda akan merasa dirugikan karena bunga semakin menumpuk.

Baca Juga:  Mau Pinjam Uang di Bank, Tapi Masih Punya Hutang? Begini Caranya

Tips melakukan Pinjaman Uang Tunai Tanpa Jaminan

5 Keuntungan Pinjaman Uang Online Tanpa Jaminan Serta Syarat Proses Pencairannya

Sebagai tips Agar Anda tidak merasa dirugikan dalam melakukan Pinjaman tanpa jaminan, Anda perlu melakukan tiga hal berikut ini:

1. Pinjam sesuai kebutuhan

Pinjamlah uang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pikir dan perhitungkan matang-matang jumlah pinjaman dan jumlah bunga berdasarkan jangka waktu pinjaman Anda.

2. Lengkapi persyaratan

Lengkapilah persyaratan sesuai dengan yang disyaratkan lembaga pemberi pinjaman. Cek setiap dokumen dengan amat detail dan gunakanlah dokumen yang benar-benar milik Anda. Hal ini agar jika terjadi masalah kedepannya dapat diselesaikan dengan baik dan benar.

3. Perhatikan waktu jatuh tempo

Perhatikan masa jatuh tempo pinjaman Anda. Jangan sampai Anda melampaui jangka waktu yang telah ditentukan, hal ini agar Anda tidak perlu membayar biaya keterlambatan yang bila dihitung-hitung nominalnya cukup besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mengenal Apa Manfaat dan Fungsi Rekening Koran

Apakah Boleh Pinjam Uang Online Untuk Acara Pernikahan?

Apakah Boleh Pinjam Uang Online Untuk Acara Pernikahan?