Tulis ArtikelMulai Menulis & Share Artikel Terbaikmu Disini Sekarang !

Premi Asuransi Mobil All Risk AXA, Apa Saja yang Dihitung?

Premi Asuransi Mobil All Risk AXA – Ibarat teman hidup, perlindungan terhadap mobil yang merupakan salah satu aset berharga perlu diperhatikan. Salah satunya dengan mengasuransikannya melalui perusahaan asuransi yang terpercaya. Pasalnya, potensi kerusakan atau kehilangan tidak bisa diluputkan begitu saja. Mobil tergores, penyok, atau bahkan hancur dan hilang adalah hal yang bisa sewaktu-waktu terjadi. Dan ini haruslah diperhitungkan sejak dini.

Asuransi Mobil All Risk AXA

Premi Asuransi Mobil All Risk AXA, Apa Saja yang Dihitung?

 

Salah satu perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi mobil adalah AXA Mandiri. Tidak hanya jenis asuransi total loss only, AXA juga menawarkan jenis asuransi mobil all risk AXA yang mungkin bisa Anda pilih untuk memproteksi aset mobil Anda.

Jadi, jika mobil Anda rusak akibat kecelakaan, tabrakan, atau bahkan hilang, Anda tidak perlu khawatir kehilangan sebagian atau keseluruhan dari aset Anda yang berharga ini. Nah, untuk produk asuransi mobil yang ditawarkan AXA, antara lain:

1. Asuransi mobil jenis silver. Produk asuransi ini memungkinkan Anda untuk memilih jenis perlindungan; asuransi mobil total loss only, atau asuransi mobil all risk AXA. Produk asuransi ini juga menawarkan jaminan perluasan dengan penambahan premi tentunya.

2. Asuransi mobil gold. Jenis asuransi ini khusus untuk Anda yang ingin memproteksi mobil Anda dengan asuransi mobil all risk AXA.

3. Asuransi mobil platinum. Jenis asuransi ini sama dengan asuransi gold, yakni menawarkan asuransi mobil all risk AXA. Hanya saja nilai pertanggungan pihak ketiga dan perawatan pengemudi jika terjadi kecelakaan lebih besar dibanding jenis gold.

4. Asuransi mobil platinum plus. Dibanding yang lainnya, asuransi ini termasuk ke dalam kategori yang istimewa karena memberikan pertanggungan yang paling besar.

Baca Juga: Perhatikan Hal-Hal ini Sebelum Menggunakan Asuransi Mobil All Risk

Premi asuransi mobil all risk AXA

Di sini kita tidak akan membahas keseluruhan dari keempat jenis asuransi tersebut, namun fokus pada asuransi mobil all risk AXA. Untuk asuransi mobil all risk AXA, sebagai pemegang polis Anda pun memperoleh jaminan atau perlindungan atas kerusakan sebagian ataupun menyeluruh, perlindungan pemogokan, gempa bumi, banjir, dan lainnya.

Selain perawatan supir dan penumpang, Anda juga memperoleh jaminan pihak ketiga. Di paket silver, jaminan pihak ketiga berkisar Rp10.000.000, sementara di paket gold yang menjadi paket khusus asuransi mobil all risk AXA, jaminan pihak ketiganya mencapai Rp25.000.000, sedang untuk perawatan supir dan penumpang masing-masing Rp10.000.000.

Adapun jaminan pihak ketiga di asuransi platinum sebesar Rp50.000.000 dan platinum plus sebesar Rp250.000.000 dengan perawatan supir dan penumpang masing-masing Rp20.000.000.

Apa saja yang masuk ke dalam perhitungan biaya premi asuransi mobil all risk AXA?

Secara rata-rata, perusahaan asuransi menetapkan biaya premi di kisaran 0,80% untuk asuransi total loss only, dan 2%-3% untuk asuransi all risk. Tentunya dengan perhitungan risiko dan perlindungan perluasan masing-masing, sebagaimana polis yang disepakati. Dan dalam perhitungan premi ini, AXA sendiri memperhitungkan:

1. Kapan tahun mobil Anda keluar;
2. Jenis dan tipe mobil yang Anda miliki;
3. Aksesoris mobil;
4. Jaminan perluasan.

Baca Juga: Pilihlah Asuransi Mobil Terbaik untuk Melindungi Mobil Anda

Awas Terjebak!

Tidak sedikit nasabah pemegang polis asuransi yang tidak mengetahui secara detail produk asuransi, dan baru menyadarinya saat risiko itu terjadi. Tidak jarang mereka membayar premi mahal, dengan anggapan akan mendapatkan semua jaminan atau perlindungan. Begitupun dengan jaminan perluasan.

Harus diketahui bahwa tidak semua perusahaan asuransi memberikan jaminan perluasan, seperti jaminan pihak ketiga. Namun, hanya meng-cover ganti rugi yang terjadi akibat kerusakan.

Jaminan atau perlindungan untuk pihak ketiga, bencana, atau kebakaran biasanya masuk dalam perluasan perlindungan, dan ada penambahan premi yang dikenakan. Jadi, tanyakan dulu hal tersebut kepada agen atau perusahaan asuransi Anda agar Anda memperoleh perlindungan yang maksimal.

Beruntung dalam perhitungan premi asuransi total loss maupun asuransi mobil all risk AXA, jaminan perluasan sudah masuk dalam hitungan. Anda juga dapat memilih salah satu dari empat jenis asuransi mobil AXA yang telah disebutkan di atas, apakah akan mengambil asuransi total loss only atau all risk dalam paket silver; atau mengambil asuransi khusus asuransi mobil all risk AXA dalam paket gold dan platinum.

Selain jaminan perluasan pihak ketiga, nasabah juga harus mengetahui terkait perhitungan risiko yang harus ditanggung sendiri (own risk). Berapa nilai kerusakan atau risiko yang harus Anda tanggung sendiri, dan apakah besaran premi yang dibayarkan sudah termasuk jaminan atau perlindungan akan risiko ini.

Biasanya nasabah atau pemegang polis beranggapan kalau asuransi yang diambilnya sudah mencakup keseluruhan dari kerusakan atau kerugian yang dialami. Kemudian pada saat klaim, pihak asuransi tidak memenuhi klaim yang diajukan tersebut. Inilah yang terkadang banyak menyebabkan kesalahpahaman antara pemegang polis dengan pihak asuransi.

Baca Juga: 6 Tips Membaca Polis Asuransi Agar Mudah Memahami

Tapi Anda tak perlu khawatir, agen asuransi yang profesional tentunya akan mau menjelaskan secara rinci dan terbuka kepada Anda terkait jaminan atau pertanggungan seperti apa yang dapat Anda peroleh ketika membeli produk asuransi tersebut. Tidak semata-mata mengejar target atau keuntungan semata. Namun, agar tidak terjebak, sebaiknya Anda pelajari lebih dulu produk asuransi yang akan Anda ambil beserta risiko kerugian yang dijamin.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *