in

Remaja Susah Menabung? Lakukan Cara Ini!

Remaja susah menabung – Generasi milenial sering terkenal menjadi generasi yang sangat boros. Tidak jarang dari mereka membeli sesuatu yang tidak sesuai dengan usia mereka. Membeli barang yang mewah, pergi ke tempat yang mahal dan banyak sebagainya. Ingatlah uang yang kita pakai bukan berasal dari jerih payah kita. Tidak semua orang memiliki kondisi keuangan keluarga dan seseorang baik, makin kesini makin banyak perusahaan yang gulung tikar. Maka, semua orang harus makin pintar mengelola keuangan.

Baca Juga Di: 7 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Keluarga Bagi yang Berpenghasilan Tidak Tetap

Kesadaran untuk menabung memang seharusnya berasal dari dalam diri dan hati kita. Tidak bisa dipaksa, namun saya pecaya jika anda membuka artikel ini berarti anda memang ingin belajar dan berusaha menabung. Berikut akan kita bahas lebih mendalam mengenai menabung.

Cara Menabung Yang Mudah Dilakukan

1. Ubah Cara Pandang anda mengenai Menabung

Langkah pertama yang harus di lakukan untuk menabung adalah mengubah cara pandang anda mengenai menabung. Koreksi sekali lagi, apa makna menabung untuk anda? Apakah anda merasa sia-sia jika menabung? Ubah cara pandang dan pola pikir anda mengenai menabung. Jangan ber prasangka buruk dengan menabung, sebab, menabung memberikan anda banyak manfaat yang mungkin belum anda ketahui sekarang.

Jika anda memiliki pikiran yang buruk mengenai menabung, maka mulai ubah pikiran anda dengan “Menabung membuatku menjadi lebih kaya.” Atau apapun yang membuat anda dapat berpikir positif tentang menabung.

2. Pilih Cara Menabung Anda

Jika anda berpikir menabung hanya dapat di lakukan dengan cara taru uang di toples dan anda merasa tidak aman dengan hal tersebut. Maka anda salah! Jangan membuat alasan untuk tidak menabung, karena sekarang banyak sekali cara untuk menabung. Tidak hanya menabung di toples yang diketahui banyak orang, hari ini ada Bank yang siap untuk anda jadikan objek menabung anda. Menabung dengan cara apapun bisa anda pakai, mungkin dengan menyimpan di koperasi dan banyak sebagainya.

3. Menabung dalam Jumlah Kecil

Jika anda merasa terlalu berat menabung dalam jumlah yang banyak, maka tabunglah dalam jumlah yang kecil. Sisakan uang saku anda untuk menabung, jika memang banyak pengeluaran anda, maka anda mulai menabunglah dengan uang 100 rupiah atau pun bisa menggunakan uang kertas 2000 rupiah.

Mungkin terlihat sangat kecil jumlahnya, namun percaya saja, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Hari ketika anda melihat tabungan anda banyak, baru anda merasakan, uang 2000 adalah uang yang berharga, dengan uang itu bisa mencapai 2 juta rupiah.

4. Membeli apa yang anda Butuhkan Bukan apa yang anda Inginkan.

Manusia adalah mahkluk yang tidak memiliki batas dalam keinginannya. Ini salah satu alasan mengapa yang dinamakan ilmu ekonomi, sebab manusia memiliki keinginan dan hasrat yang tidak terbatas sedangkan sumber daya yang dimiliki oleh dunia sangat terbatas.

Beli dan konsumsilah hal yang anda perlukan sehari-hari, jangan membeli hal yang memenuhi hasrat anda. Karena jika anda memenuhi hasrat anda, itu tidak akan ada habisnya. Contohnya; Anda memiliki uang yang terbatas yang cukup untuk makan anda selama  hari, namun karena anda pergi bersama teman dan melihat sepatu terbaru keluar di toko kesayangan anda, apakah yang akan anda pilih? Jika anda memilih membeli sepatu baru, maka mulai saat ini berubahlah!

Atur prioritas anda, apakah sepatu merupakan hal yang sangat anda butuhkan? Lihat stok sepatu dirumah, apakah memang masih cukup dan dapat digunakan? Jika iya, mulai sekarang anda harus memilih mengurungkan niat anda untuk berbelanja sepatu. Sebab, makan adalah hal yang anda lebih perlukan dari pada membeli sepatu.

5. Menambah Pemasukan Anda!

Jika anda merupakan seorang remaja yang masih sekolah atau mahasiswa yang tidak bekerja (Hanya kuliah) maka anda bisa mencari pekerjaan freelance yang di mana anda tidak perlu datang ke tempat bekerja, anda dapat bekerja sesuai waktu luang anda dan sesuai kemampuan anda. Tidak ada hal yang terlalu susah untuk menabung, jika memang itu berasal dari dalam hati anda maka akan banyak cara yang dapat di temukan untuk ini.

Pekerjaan freelance sendiri tidak mengharuskan anda untuk hadir. Pekerjaan ini bersifat fleksibel, bisa membuat artikel dan banyak lainnya. Uang dari hasil ini bisa anda tabung lebih lagi.

Lalu pertanyaannya, setelah anda menabung, apakah hasil yang di dapatkan dalam melakukan upaya menabung ini?

Manfaat Menabung

  • Mengajarkan Kita Untuk Berkomitmen

Mungkin anda merasa bingung, kok bisa menabung itu mengajarkan untuk berkomitmen? Coba lihat sekali lagi, jika anda mau menabung 2000 rupiah per hari, maka anda memacu diri anda sendiri untuk menabung. Anda belajar mengenai apa arti dari komitmen walaupun dengan hal yang sederhana.

Seperti pepatah mengatakan, jika anda bisa di percaya hal kecil, maka anda akan di berikan kepercayaan dalam hal yang besar. Sama seperti halnya dalam menabung, jika anda bisa berkomitmen dalam menabung hal kecil, maka anda juga bisa berkomitmen dengan hal yang lebih besar.

  • Berjaga-jaga akan Keperluan Mendesak

Tidak pernah ada yang tahu kapan kita terkena sakit, karena tidak ada orang yang sengaja membuat penyakit. Salah satu manfaat dari anda menabung adalah untuk hal mendesak seperti ini, anda memiliki keuangan yang pas-pasan. Tiba-tiba anda merasa kurang enak pada tubuh anda. Uang tabungan akan siap dan siaga untuk anda gunakan ke dokter. Bayangkan jika anda tidak memiliki sepersenpun tabungan, maka jika ada hal mendadak yang terjadi dalam kehidupan anda, anda tidak dapat berbuat banyak hal.

  • Mengajarkan Kita untuk Mandiri

Menabung mengajarkan kita untuk hidup lebih mandiri. Orang tua mungkin masih memberikan uang saku kepada kita, namun apa tujuan orang tua memberi kita uang saku? Bukankah untuk makan sehari-hari? Mandiri yang di maksudkan disini adalah membeli barang dengan uang kita sendiri. Jika anda memiliki suatu barang tujuan yang anda inginkan untuk membeli namun orang tua anda juga tidak memiliki dana, satu-satunya jalan adalah menabung uang saku yang mereka berikan. Dengan menabung anda dapat membeli barang yang anda inginkan tersebut dengan hasil tabungan anda.

Anda belajar mandiri dan berjuang akan sesuatu apa yang ingin anda capai.

  • Investasi dalam Jangka Panjang

Menabung memang tidak dapat rasakan hasilnya dalam jangka 2 hari, namun ini merupakan investasi jangka panjang, dimana anda dapat merasakannya dalam jangka yang lama jika anda melakukan tabungan ini secara rutin. Banyak keunutunfan dari investasi jangka panjang ini sendiri bisa di gunakan untuk membeli rumah, mobil, bahkan modal usaha anda kedepan. Hanya dengan perbuatan sederhana yang dilakukan, akan membuat perubahan besar terjadi.

Baca Juga: Jenis Investasi Jangka Panjang Yang Menguntungan

Demikian merupakan pembahasan kita mengenai menabung. Menabunglah dari usia sedini mungkin, itu akan memudahkan kehidupan anda di masa yang akan mendatang, tabungan anda akan mempersiapkan anda untuk menjalani masa depan yang sama sekali belum di ketahui apa yang akan terjadi.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Perhatikan! Hal Ini Membuat Uang Anda Cepat Habis!

Perhatikan! Hal Ini Membuat Uang Anda Cepat Habis!

Pengertian, Jenis, Penyebab dan Dampak Inflasi Yang Harus Diketahui

Pengertian, Jenis, Penyebab dan Dampak Inflasi Yang Harus Diketahui