Selain Mining, Ini Dia Cara Lain Untuk Mendapatkan Bitcoin

Selain Mining, Ini Dia Cara Lain Untuk Mendapatkan Bitcoin – Saat ini mendengar istilah Bitcoin rasanya sudah menjadi hal biasa. Pasalnya eksistensi mata uang virtual ini semakin hari semakin ngetren. Bahkan kita juga mungkin sudah banyak ads banner yang dipasang di website-website. Bertujuan untuk mengajak orang menggunakan Bitcoin sebagai alat transaksi. Atau hanya sekedar investasi dan tempat penimbun kekayaaan.

Cara untuk mendapatkan Bitcoin yang terbilang cukup sulit adalah dengan melakukan penambangan atau dinamakan Bitcoin Mining. Mengapa sulit? Karena para pengguna harus memiliki keahlian mumpuni.

Karena ia harus memainkan serangkaian rumus matematis dan algoritma tertentu agar bisa memperoleh sejumlah Bitcoin. Bahkan para miner sebutan untuk penambang Bitcoin, harus mempunyai komputer canggih. Baca juga: Cara Membuat Akun Bitcoin Indonesia dan Verifikasi Gratis

Cara Lain Untuk Mendapatkan Bitcoin Selain Mining

Selain Mining, Ini Dia Cara Lain Untuk Mendapatkan Bitcoin

Nah, lalu bagaimana dengan Anda yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan penambangan? Berikut adalah cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh Bitcoin:

1. Mendapatkan Bitcoin Dari Orang Lain

Pada dasarnya mata uang Bitcoin merupakan mata uang virtual maka bisa Anda bisa mendapatkan Bitcoin dengan cara melakukan penukaran barang atau pun jasa. Misalnya saja, Anda mempunyai toko online yang menjual sejumlah barang tertentu, dan dalam proses transaksinya Anda membolehkan siapa saja melakukan pembayaran menggunakan Bitcoin.

Lalu, pertanyaan yang mungkin muncul di dalam pikiran Anda adalah “setelah mendapatkan Bitcoin, saya harus menyimpannya dimana?” Pertanyaan yang kerap disampaikan oleh para pemula. Untuk penyimpanannya, Anda bisa membuat sebuah dompet Bitcoin di platform yang menyediakan layanana Bitcoin dan Anda bisa menggunakan Bitcoin Wallet Adress.

Jika diibaratkan dengan perdagangan konvensional maka Anda harus mempunyai rekening bank sendiri. Jika tidak punya, mau ditransfer kemana uangnya? Begitu juga dengan mata uang Bitcoin, mau dikirimkan kemana jika kita tidak mempunyai Bitcoin Wallet? Memperoleh Bitcoin pada umumnya akan lebih mudah dan juga lebih murah dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya seperti transfer antar bank negara yang prosesnya sangat panjang.

2. Membeli Bitcoin

Cara selanjutnya agar Anda bisa mendapatkan Bitcoin adalah dengan cara membeli sejumlah Bitcoin dari seorang broker. Cara kerjanya tidak terlalu rumit, hampir mirip dengan money changer. Namun perbedaannya adalah mata uang virtual yang akan dibeli adalah Bitcoin tak berwujud dan akan dilakukan secara online. Kita juga bisa menemukan orang-orang yang mampu membeli sejumlah bitcoin pada platform jual beli milik broker.

Ada beberapa tips yang sebaiknya Anda perhatikan saat akan memilih platform jual beli Bitcoin:

  • Sebaiknya Anda memilih platform yang kredibel serta terpercaya. Melakukan riset lebih dulu akan sangat lebih baik. Seperti Anda mencari tahu mengenai seluk beluk perusahaan, serta review dari para penggunanya.
  • Anda juga sebaiknya bisa memastikan bahwa platform tersebut mempersilahkan jual beli menggunakan mata uang lokal (rupiah)
  • Pastikan juga biaya tambahannya murah. Misalnya saja biaya untuk menarik dana rekening dari bank lokal.

Sedangkan, untuk melakukan pembelian Bitcoin ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan yaitu membeli Bitcoin secara langsung, membeli Bitcoin dari sebuah bursa exchange dan melakukan trading, dan juga memembeli Bitcoin dari komunitas tertentu.

Baca juga: Cara Mengisi / Membeli Saldo Bitcoin Indonesia Dengan Cepat

  • Pembelian Bitcoin Dengan Cara Instan

Anda bisa melakukan pembelian Bitcoin dengan cara instan, ini merupakan cara yang terbilang cukup mudah. Anda bisa membeli Bitcoin dengan menyesuaikan pada nilai kurs saat itu. Sehingga Anda hanya cukup memasukkan uang rupiah atau berapa Bitcoin yang ingin Anda beli. Proses pembeliannya juga bisa Anda lakukan lewat transfer bank, atau pun penyedia layanan e-wallet.

Pembelian instan Bitcoin juga diibaratkan seperti kita sedang membeli sejumlah mata uang asing di money changer. Cukup dengan memberi tahu berapa jumlah yang ingin dibeli maka semuanya sudah bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Namun, tentu saja harga yang akan digunakan bukanlah harga pasar, tapi harga yang terbentuk karena proses jual dan beli.

  • Membeli Bitcoin Dari Bursa dan Melakukan Trading

Selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk membeli Bitcoin adalah dengan melakukan exchange. Cara ini akan menunjukan bahwa Bitcoin adalah bagian dari instrument trading. Cara ini cukup banyak digunakan oleh para trader agar bisa memperoleh keuntungan besar dalam waktu yang sangat singkat.

Para trader biasanya akan melakukan proses transaksi jual beli dengan cara yang intens agar bisa memperoleh keuntungan. Besarnya keuntungan yang diperoleh juga merupakan selisih dari harga jual dan harga Bitcoin saat itu.

Baca juga: Trading Bitcoin VS Emas, Mana yang Lebih Untung?

  • Membeli Bitcoin dari Komunitas

Cara terakhir untuk melakukan pembelian Bitcoin adalah bisa dengan melalui komunitas tanpa harus memakai platform atau pun aplikasi khusus. Anda bisa memperolehnya dengan melakukan transaksi jual beli lewat komunitas yang isinya para pengguna Bitcoin. Namun, Anda juga harus berhati-hati, karena bisa saja resikonya lebih besar. Misalnya resiko Bitcoin yang tidak kunjung dikirim setelah Anda membayar.

Itulah cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh Bitcoin. Jika memang Anda benar-benar tidak mampu melakukan penambangan, cara di atas bisa Anda coba praktekkan. Namun, jangan lupa untuk berlatih dan ketahui seluk beluk Bitcoinnya lebih dulu agar Anda mempunyai strategi yang tepat saat ingin melakukan transaksi menggunakan Bitcoin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *