in

Syarat dan Cara Klaim Asuransi Mobil ACA Kredit

Cara Klaim Asuransi Mobil ACA Kredit – Bagi sebagian orang, memiliki kendaraan bermotor atau mobil menjadi salah satu kebutuhan yang diperlukan untuk menunjang mobilitasnya. Tidak hanya dengan melakukan pembelian secara tunai, setiap orang kini bisa mengupayakan kepemilikan mobil melalui pembelian dengan sistem kredit atau mencicil.

Sistem kredit ini biasanya bisa dilakukan melalui pinjaman perbankan maupun perusahaan pembiayaan atau leasing yang bekerja sama dengan pihak dealer mobil. Dengan kata lain, ketika Anda tidak memiliki dana tunai, Anda dapat menanyakan segala persyaratan dan prosedur kepemilikan mobil dengan sistem kredit kepada pihak dealer mobil ataupun perusahaan pembiayaan yang terpercaya.

Baca Juga: Tips Menentukan Asuransi Mobil All Risk Bulanan yang Tepat

Selain itu, Anda juga perlu mencari tahu tentang jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kenapa? Karena asuransi akan memberikan jaminan atau perlindungan terhadap mobil Anda jika terjadi kerusakan. Baik kerusakan karena kecelakaan, tabrakan, atau musibah lainnya, seperti perampasan, hilang, atau terdampak bencana alam.

Syarat dan Cara Klaim Asuransi Mobil ACA

Syarat dan Cara Klaim Asuransi Mobil ACA
Image via: http://www.majalahasuransi.com/

Ya, dengan kepemilikan asuransi mobil paling tidak Anda dapat meminimalisir risiko kerugian yang Anda alami. Apalagi beberapa perusahaan asuransi kini juga memberikan layanan tambahan bagi pemegang polis jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Layanan tambahan tersebut mencakup layanan mobil ganti, derek, hingga layanan gawat darurat 24 jam.

Artinya, ketika Anda harus mengalami suatu musibah, Anda dapat menghubungi langsung pihak asuransi untuk membantu menangani hal tersebut. Nah, untuk jaminan atau perlindungan dan layanan tersebut, masing-masing perusahaan asuransi tentunya memiliki persyaratan dan prosedur yang berbeda-beda.

Hal ini tentunya penting diketahui oleh Anda yang ingin membeli mobil, baik dengan cara pembelian tunai, kredit, baru, atau bekas. Anda harus mencari tahu, apakah layanan klaim yang diberlakukan oleh perusahaan asuransi mobil yang dibeli secara tunai. Sama dengan kepemilikan mobil kredit. Meskipun hal tersebut sudah banyak diulas oleh media ataupun situs-situs online, Anda harus memastikan seberapa akurat informasi tersebut.

Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir, sekarang ini sudah banyak perusahaan asuransi yang memberikan layanan secara online. Anda bisa masuk ke salah satu website perusahaan asuransi, seperti asuransi mobil ACA untuk mengetahui cara klaim asuransi mobil ACA kredit. Kemudian cari tahu, tahapan apa yang harus Anda lakukan, dan seperti apa syaratnya.

Baca Juga: Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk ACA Yang Benar

Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit

Sebelum masuk lebih jauh pada cara klaim asuransi mobil, kita perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan klaim, sehingga kita tidak perlu bingung saat harus melalui proses dan prosedurnya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), klaim adalah tuntutan pengakuan atas suatu fakta bahwa seseorang berhak memiliki atau mempunyai sesuatu.

Jadi, klaim dalam layanan asuransi bisa diartikan, upaya yang dilakukan oleh pemegang polis kepada perusahaan asuransi guna memperoleh ganti rugi atas risiko yang termasuk dan menjadi bagian dari jaminan atau tanggungan dari perusahaan asuransi tersebut. Upaya atau tindakan yang dilakukan oleh pemegang polis dimaksud adalah yang mencakup kerusakan mobil, kecelakaan, mobil hilang, dirampok, atau dirampas, dan risiko lainnya yang termasuk di dalam polis.

Nah, untuk bisa melakukan klaim asuransi mobil kredit, Anda terlebih dahulu harus melakukan pengaduan terkait kerugian atau kerusakan yang Anda alami. Tidak terkecuali jika mobil Anda hilang, dirampas, atau terdampak bencana alam. Pastikan, apakah kerugian atau kerusakan mobil kredit tersebut termasuk dalam jaminan atau perlindungan dari pihak asuransi?. Lalu, buatlah kronologisnya. Agar lebih jelas, berikut ini cara klaim asuransi mobil kredit yang bisa Anda lakukan:

1. Foto bagian mobil Anda yang rusak

Selain keterangan jelas terkait kerugian atau kerusakan mobil yang Anda alami, Anda perlu mendokumentasikan atau foto langsung bagian mobil yang rusak. Foto ini untuk diserahkan kepada dealer atau perusahaan yang memproses dan memberikan pengajuan mobil kredit. Anda.

Dengan kata lain, ini menjadi bukti atas kerugian atau kerusakan yang terjadi pada mobil Anda. Biasanya, dealer maupun perusahaan tersebut sudah memperhitungkan risiko tersebut saat melakukan penjualan ke konsumen.

2. Siapkan beberapa dokumen utama sebagai syarat pengajuan klaim

Setelah Anda foto kerusakan yang terjadi pada mobil Anda, siapkan beberapa dokumen pribadi dan dokumen lainnya terkait kepemilikan mobil kredit Anda. Seperti salinan atau fotokopi polis dealer asuransi, SIM, dan STNK. Dan mintalah surat keterangan dari kepolisian jika kerusakan mobil yang Anda alami terbilang sangat serius, atau mencapai 75%.

Ketika semua dokumen ini sudah lengkap, Anda bisa menyerahkan dokumen tersebut ke pihak dealer untuk kemudian diproses. Dan mengikuti prosedur yang diberlakukan oleh dealer mobil tersebut.

3. Datang langsung ke dealer untuk melakukan proses klaim

Salah satu hal yang disarankan ketika mobil Anda mengalami kerusakan, kecelakaan, atau hilang. Anda bisa mendatangi langsung dealer tempat pengajuan kredit mobil Anda untuk melakukan pengaduan dan melengkapi prosedur klaim.

Baca Juga: Asuransi Kesehatan BNI Life, Manfaat dan Keunggulannya

Sebelum masuk pada tahapan lain, biasanya Anda akan diminta untuk mengisi formulir klaim yang telah disediakan oleh pihak dealer. Di samping membuat catatan kronologis lengkap kejadian yang menyebabkan mobil Anda rusak sebagian atau rusak total. Klaim baru akan diproses jika Anda telah memenuhi dan melengkapi beberapa prosedur yang dipersyaratkan oleh pihak dealer.

Written by Zonkeu

Suka mencoba hal baru penuh tantangan yang memaksa otak untuk selalu berfikir keras

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Ingin Cari Bank Syariah di Indonesia? Ini 10 Rekomendasi Yang Terbaik Saat Ini

Ingin Cari Bank Syariah di Indonesia? Ini 10 Rekomendasi Yang Terbaik Saat Ini

Ingin Investasi di Bank Syariah? Sebaiknya Perhatikan Hal-Hal Ini

Ingin Investasi di Bank Syariah? Sebaiknya Perhatikan Hal-Hal Ini