Keuntungan Menabung di Bank Mandiri Syariah

Sebelum Syarat dan Keuntungan Menabung di Bank Mandiri Syariah (BSM) tentu anda ingin mengetahui terlebih dahulu sejarah awal berdirinya bank ini. Bank Berdirinya Syariah mandiri tidak lepas dari Bank Mandiri dengan sistem konvensional.

Setelah keadaan krisis moneter pada 1997 maka pada tahun 1999 berdirilah Bank Syariah Mandiri (BSM). Ini cikal bakalnya adalah Bank Susila Bakti (BSB). Pada saat itu pemerintah melakukan tindakan penggabungan (merger) empat bank.

Bank yang masuk dalam penggabungan adalah Bank Dagang Negara, Bank Bumi Daya, Bank Exim, dan Bapindo. Sekarang menjadi satu bank baru yang terkenal sampai saat ini yaitu bernama PT Bank Mandiri (Persero). Terbentuk pada tanggal 31 Juli 1999.

Kebijakan pemerintah terhadap penggabungan tersebut juga menempatkan dan menetapkan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sebagai pemilik mayoritas baru BSB.

Syarat dan Keuntungan Menabung di Bank Mandiri Syariah

Syarat dan manfaat Menabung di Bank Syariah Mandiri

Tim Pengembangan Perbankan Syariah memandang bahwa pemberlakuan UU tersebut. Hala ini merupakan momentum yang tepat untuk melakukan konversi PT Bank Susila Bakti dari bank konvensional menjadi bank syariah.

Oleh karena itu, Tim Pengembangan Perbankan Syariah segera mempersiapkan sistem dan infrastrukturnya. Sehingga kegiatan usaha BSB berubah dari bank konvensional menjadi bank yang beroperasi berdasarkan prinsip syariah Islam dengan nama PT Bank Syariah Mandiri.

Baca Juga:  Syarat dan Keuntungan Jenis Tabungan Dollar di Bank Syariah Mandiri ( BSM )

Produk Tabungan Bank Syariah Mandiri

Bank Syariah mandiri sendiri memiliki beberapa produk tabungan yaitu Tabungan BSM, BSM Tabungan Berencana, BSM Tabungan Simpatik, BSM Tabungan Investa Cendekia, BSM Tabungan Dollar, BSM Tabungan Pensiun, BSM Tabunganku.

Selain anda mengetahui produk yang ada di bank Syariah Mandiri, ada baiknya juga anda mengetahui Keutungan dan manfaat, serta syarat, dan fasilitas Tabungan Bank Syariah Mandiri berikut ini.

1. Tabungan dalam mata uang rupiah

Tabungan dalam mata uang rupiah yang penarikan dan setorannya dapat dilakukan setiap saat selama jam kas dibuka di konter BSM atau melalui ATM.

Fitur & Biaya:

  • Berdasarkan prinsip syariah dengan akad mudharabah muthlaqah
  • Bagi hasil yang kompetitif
  • Online di seluruh outlet BSM

2. Fasilitas BSM Card

Fasilitas BSM Card yang berfungsi sebagai kartu ATM & debit dan kartu potongan harga di merchant yang telah bekerjasama dengan BSM

3. Tersedia Fasilitas e-Banking

Tersedia Fasilitas e-Banking, yaitu BSM Mobile Banking & BSM Net Banking. Fasilitas ini bisa anda manfaatkan sebagai alat transaksi. Layanan ini berbasis internet yang dapat di operasional melalui android / smartphone.

4. Setoran Awal Tabungan Ringan

bagi ynag ingin memiliki rekening tabungan di bank mandiri Syariah setoran awal cukup ringan. Minimum setoran awal hanya Rp80.000 (perorangan) dan Rp1.000.000 (non-perorangan).

5. Setoran Berikut Lebih Ringan

Setelah membuka rekening Tabungan dengan setoran minimal hanya Rp. 80.000; Untuk setoran berikutnya juga ringan yaitu minimum hanya Rp10.000.

5. Saldo minimum

Hampir sama semua bank di Indonesia, jika memiliki rekening bank anda harus memiliki saldo minimum di dalam rekening, kecuali bank BCA yang bisa saldo nol rupiah. Di Bank Mandiri Syariah saldo minimum Rp50.000.

6. Biaya Tutup Rekening

Bagi yang ingin menutup rekening dan tidak menggunakan lagi dengan alasan tertentu, Bank Mandiri Syariah memberlakukan biaya tutup rekening sebesar Rp.20.000.

7. Biaya administrasi ringan

Untuk biaya administrasi cukup ringan hanya dikenakan Rp7.000 perbulannya, jadi saldo anda tidak akan cepat berkurang dalam tabungan.

Baca Juga:  Remaja Susah Menabung? Lakukan Cara Ini Agar Kebiasaan Berubah

Syarat Menabung di Bank Syariah Mandiri

Syarat dan Keuntungan Jenis Tabungan Dollar di Bank Syariah Mandiri ( BSM )

Untuk Perorangan:

1. Warga NegaraIndonesia:KTP/SIM/Paspor

2. Warna Negara Asing: Paspor dan Kartu Izin Menetap Sementara (KIM/KITAS).

3. Non-Perorangan:

Badan Hukum:

a. Bukti diri/identitas pengurus berupa fotokopi KTP/KITAS/Paspor seluruh pengurus sesuai dengan Anggaran Dasar

b. Akte Pendirian/Anggaran Dasar dan Akta Perubahan

c. Surat keterangan domisili, SIUP/Ijin usaha dari instansi yang berwenang, TDP, NPWP

d. Surat penunjukkan khusus sebagai Kepala Cabang atau Kepala Bagian Keuangan/Bendaharawan dari suatu Perusahaan /Badan /Instansi jika diperlukan

Non Badan Hukum:

a. Bukti diri/identitas pengurus berupa fotokopi KTP/KITAS/Paspor seluruh pengurus sesuai dengan Anggaran Dasar

b. Akta Pendirian/Anggaran Dasar dan Akta Perubahan atau izin kegiatan atau tujuan perkumpulan/organisasi dari instansi yang berwenang

c. Surat Keterangan susunan pengurus perkumpulan/organisasi dan surat penunjukan bagi pihak-pihak yang berwenang mewakili perkumpulan/ organisasi dalam melakukan hubungan dengan bank.

Keuntungan Menabung di Bank Syariah Mandiri

1. Aman dan terjamin

2. Kemudahan bertransaksi di seluruh outlet BSM

3. Kemudahan bertransaksi di manapun saja dengan menggunakan layanan e-banking BSM

4. Kemudahan dalam penyaluran zakat, infaq dan sedekah.

5. Porsi bagi hasil antara nasabah dan pihak BSM adalah 34% untuk nasabah dan 66% untuk pihak bank syriah Mandiri.

Baca Juga:  Syarat dan Keuntungan Mandiri Tabungan Rencana

Mungkin cukup itu saja sekilas mengenai Syarat dan keuntungan Menabung di Bank Syariah Mandiri. Untuk lebih jelas dan detail mengenai Keutungan / manfaat, syarat, dan fasilitas Tabungan BSM, anda bisa langsung medatangi kantor Bank Syraiah Mandiri (BSM) terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *