Tulis ArtikelMulai Menulis & Share Artikel Terbaikmu Disini Sekarang !

Tabungan Berjangka Mandiri, Apa Saja Syarat dan Keuntungannya

Produk Tabungan Rencana Mandiri atau disebut juga tabungan berencana adalah salah satu produk tabungan yang diluncurkan oleh bank Mandiri. Umumnya ada jangka waktu dan jumlah uang setoran bulanan yang harus di bayarkan. Salah satu yang paling dikenal adalah produk dari bank Mandiri yaitu Mandiri Tabungan Rencana. Mandiri Tabungan Rencana sendiri merupakan salah satu dari bentuk Tabungan Berjangka Mandiri.

Menabung uang di perbankan memang menguntungkan apabila dilihat dari segi kemanannya. Akan tetapi apabila jumlah dana tabungan sedikit, maka uang kita secara kalkulasi akan berkurang disebabkan adanya biaya pajak yang jumlahnya lebih besar dibandingkan tingkat suku bunga. Untuk alternatifnya, kita bisa memanfaatkan produk atau instrumen yang dinamakan tabungan berjangka.

Beberapa Keuntungan Tabungan Berjangka Mandiri

Tabungan Berjangka Mandiri, Apa Saja Syarat dan Keuntungannya

Tabungan berjangka Mandiri merupakan produk simpanan/tabungan yang mewajibkan nasabah menyetor setiap bulannya untuk jangka waktu atau periode yang sudah ditentukan. Uang tabungan nasabah baru dapat diambil setelah limit jangka waktu yang ada telah selesai. Ada beberapa keuntungan yang didapat dari tabungan berjangka mandiri, beberapa diantaranya adalah :

1. Tingkat suku bunga relatif tinggi

Bila diperbandingkan dengan tabungan jenis konvensional, tabungan berjangka memberkani tingkat bunga yang relatif lebih besar, namun begitu, tingkat bunganya masih di bawah suku bunga simpanan deposito, yaitu sebesar 5% per tahunnya. Jadi, penabung tidak perlu cemas uangnya akan berkurang karena bunganya relatif lebih besar dibandingkan dengan biaya administrasinya.

2. Tabungan minimal hanya Rp. 100.000

Sejumlah bank diantaranya cukup fleksibel dalam menentukan jumlah dana yang wajib disetorkan, dan mayoritas memperbolehkan calon nasabah menabung hanya Rp. 100.000 per bulannya. Jadi bagi anda yang kesulitan menabung dikarenakan faktor dana yang sedikit, dapat memulai menabung hanya dengan seratus ribu rupiah saja.

3. Pilihan periode waktu yang elastis

Calon nasabah dapat memilih jenis jangka waktu tabungan, apakah hanya selama 1 tahun, 2 tahun, atau bisa juga 10 tahun. Sebagai contoh, jika nasabah menabung sebesar Rp. 500.000 per bulannya untuk periode/jangka waktu selama satu tahun, jika tingkat bunga yang diberikan adalah sebesar 5% per tahunnya, maka di akhir periode nasabah akan menerima uang sebesar Rp. 6.165.000.

4. Jaminan premi/asuransi jiwa

Sejumlah bank diantaranya memberikan fasilitas berupa asuransi jiwa yang lingkup cakupannya adalah perlindungan apabila terjadi kecelakaan dan yang bersangkutan meninggal dunia. Apabila si nasabah meninggal dunia, maka ahli waris yang akan menerima dana sejumlah yang telah disepakati atau bisa juga dengan meneruskan tabungan sampai dengan jatuh tempo.

5. Tersedia hadiah menarik

Bagi nasabah yang mengincar hadiah-hadiah menarik, bisa berupa gadget tertentu secara gratis, maka pilihan tabungan berjangka dapat menjadi salah satu pilihannya. Sejumlah bank memeberikan promosi dengan memberikan bingkisan hadiah begitu nasabah membuka rekening untuk pertama kalinya, akan tetapi pada umumnya suku bunga yang ditawarkan relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan tabungan berjangka tanpa memberikan hadiah secara langsung.

Biasanya bank juga mewajibkan nasabah untuk memasukkan setoran dana awal dalam jumlah yang relatif cukup besar (bisa mencapai jutaan rupiah), walaupun setoran secara bulanannya tetap dapat dimulai dari Rp. 100.000. Tabungan Berjangka atau disebut juga Tabungan Rencana merupakan salah satu produk simpanan di bank yang mempunyai tujuan agar nasabah/konsumen bisa merencanakan keuangannya secara baik.

Caranya adalah dengan “memaksa” nasabah secara teratur untuk menabung hingga jangka waktu yang telah ditentukan. Nasabah diwajibkan menyetorkan uang dengan nominal tertentu setiap bulannya ke tabungan rencana. Apabila terjadi keterlambatan penyetoran, maka nasabah bisa dikenakan penalti. Setelah tiba masa jatuh tempo, tabungan akan dicairkan ke rekening yang sudah ditentukan.

Adapun sejumlah bank memiliki jenis produk tabungan berjangka, akan tetapi masing-masing produk dari tabungan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda. Beberapa perbedaannya adalah :

1. Tingkat return

Ada beberapa bank yang hanya mensepakati penentuan tingkat return-nya disesuaikan dengan tingkat suku bunga pada saat tabungan berjangka pertama kalinya dibuka (bunga tetap). Tapi, ada juga bank yang return-nya mengikuti tingkat suku bunga yang sedang berlaku (floating rate) dan ada juga bank yang menerapkan sistem pengalihan return-nya yang semula floating rate menjadi ke fixed rate.

2. Mata uang yang digunakan

Beberapa bank hanya menerima jenis mata uang rupiah saja, tetapi ada juga beberapa bank yang menerima mata uang rupiah dan juga dalam bentuk mata uang US dollar

3. Perlindungan asuransi

Dari segi asuransi, ada asuransi yang berlaku disebabkan karena meninggal dunia dan terjadi yang disebut ketidakmampuan total (bukan karena kecelakaan) dan perlu diperhatikan bahwasanya jumlah premi asuransi ada nominal batasannya.

Baca Juga: Syarat Membuka Tabungan Mandiri Mitra Usaha TabunganMu

Tabungan Berjangka Bank Mandiri

Tabungan rencana mandiri adalah salah satu produk yang dikenalkan ke publik oleh bank Mandiri. Beberapa kesitimewaan pada produk ini antara lain :

• Setoran awal cukup dengan Rp 100.000,- saja
• Fasilitas cover asuransi hingga Rp 5.000.000/bulan
• Bebas mengubah iuran bulanan mulai dari nominal Rp 100.000,-.
• Suku bunga relatif bersaing, sebesar 0,9 %
• Jangka waktu minimal simpanan 1 tahun dan maksimal 20 tahun
• Tidak dikenakan biaya administrasi
• Dilengkapi e-Statement
• Biaya penarikan sebelum jatuh tempo hanya sebesar 0,5%.

Sebagian orang akan mengalami kesulitan untuk menabung karena pendapatan yang pas-pasan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari seperti makan, biaya transportasi, bayaran sekolah dan sebagainya. Untuk itu perlu kiranya perhitungan dan perencanaan yang cermat, bagaimana mengatur keungan keluarga dan menyisihkan dana dari pos-pos pengeluaran yang dianggap tidak terlalu penting.

Gunakan instrumen cara efektif untuk menabung, yaitu melalui produk Mandiri Tabungan Rencana yang memungkinkan nasabah untuk menabung secara rutin dan berkala melalui penarikan dana secara otomatis (autodebet) dari rekening tabungan setiap bulannya. Mandiri Tabungan Rencana akan membantu manajemen keuangan keluarga dengan baik terencana dan terukur agar nasabah bisa mewujudkan rencana-rencana keungan di masa depan..

Syarat Menabung Tabungan Berjangka Bank Mandiri

• Usia minimal 18 tahun dan usia paling maksimal 70 tahun terhitung pada saat Mandiri Tabungan Rencana tiba masa jatuh tempo.
• Memiliki Mandiri Tabungan atau bisa juga berupa Mandiri Giro.
• Mengisi data nasabah melalui formulir aplikasi pembukaan rekening tabungan untuk produk Mandiri Tabungan Rencana.

Keuntungan Tabungan Berjangka Bank Mandiri

• Bebas beban administrasi
• Dilengkapi fitur auto debet
• Bebas menentukan dana setoran per bulannya mulai dari nilai Rp 100.000 atau dalam kurs dollar sebesar USD 10,-/bulan
• Calon nasabah bisa menambahkan dananya ke Mandiri Tabungan Rencana di luar setoran bulanan yang sudah ada.
• Jangka waktu simpanan yang fleksibel (1 tahun sampai dengan 20 tahun).
• Dilindungi asuransi gratis (Bank Mandiri telah melakukan kerjasama dengan PT. AXA Mandiri Financial Services dalam rangka memberikan perlindungan berupa asuransi bagi nasabah penabung hingga mencapai 5 juta atau $ 500,-/bulannya.
• Konsultasi secara gratis (free charge) dengan Customer Service dari bank Mandiri
• Tingkat suku bunga di atas suku bunga tertinggi yang ada di Mandiri Tabungan.

Semoga ulasan mengenai Tabungan Berjangka Mandiri, Apa Saja Syarat dan Keuntungannya ini bisa menambah pengetahuan. Terutama bagi anda yang sedang mencari informasi produk tabungan Bank Mandiri, khususnya tabungan berjangka. Dengan begitu anda bisa lebih mengenal dan bisa menentukan tabungan apa produk tabungan ini cocok dengan anda. Baca Juga: Jenis-Jenis Produk Tabungan Bank BCA Sebaiknya Anda Tahu

  • 1
    Share

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *