Tempat Yang Memberikan Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil

Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil – Ketika anda memiliki kebutuhan yang mendesak dan tidak mengantongi uang yang cukup untuk menutupi kebutuhan tersebut, pinjaman uang yang bisa dicicil setiap bulannya tentu menjadi pilihannya. Karena hal ini akan terasa lebih ringan dibandingkan harus membayarkan pinjaman tersebut sekaligus.

Apalagi jika anda memiliki banyak kebutuhan yang harus dipenuhi setiap bulan. Sementara jika anda seorang wirausaha, pinjaman uang yang bisa dicicil dapat membantu anda mengatasi masalah keuangan. Pasalnya, pendapatan yang diperoleh dari hasil berwirausaha tidak dapat diketahui secara pasti.

Karena itu, kalaupun anda harus meminjam uang, tentu anda harus pintar-pintar dalam mencari pinjaman agar keuangan anda bisa tetap stabil. Sekarang ini, untuk mendapatkan pinjaman yang bisa dicicil inipun sangat mudah, baik melalui jalur konvensional maupun online.

Secara konvensional misalnya, anda dapat mengajukan langsung kepada orang dekat anda, seperti kerabat, teman, kolega, ataupun tempat kerja anda. Atau anda juga bisa mengajukan pinjaman kepada pihak perbankan, koperasi, pegadaian, ataupun lembaga keuangan lainnya.

Tempat Yang Memberikan Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil

Tempat Yang Memberikan Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil

Pinjaman konvensional

Untuk mendapatkan pinjaman dari orang terdekat anda mungkin bisa dibilang yang paling aman untuk dilakukan. Apalagi jika mereka dapat memahami masalah keuangan anda. Anda bisa langsung berterus terang dan memegang komitmen anda untuk segera mengembalikan dana pinjaman tersebut dengan cara dicicil dalam batas waktu tertentu.

Namun, untuk sebagian orang, hal ini tidak etis untuk dilakukan, memunculkan perasaan tidak enak, dan khawatir akan mengganggu hubungan mereka. Adapun pinjaman melalui perbankan, anda tentu harus melewati persyaratan dan prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak perbankan, seperti melengkapi beberapa dokumen, termasuk jaminan.

Anda pun harus mengikuti prosesnya sampai dana tersebut cair. Selain itu, bank juga memberlakukan sistem bunga, yang akan dihitung berdasarkan nilai nominal pinjaman dan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk pelunasan utang tersebut. Apalagi jika anda termasuk nasabah dengan profil risiko tinggi.

Biasanya pihak bank pun tentu akan lebih berhati-hati, salah satunya dengan membebankan biaya yang lebih besar. Dalam sistem perbankan pun sekarang ini sudah menggunakan sistem BI checking, di mana pihak bank dapat menelusuri rekam jejak transaksi anda.

Atau dengan kata lain, ketika anda mengajukan pinjaman, pihak bank akan melakukan screening terlebih dahulu dengan melihat rekam jejak anda dalam melakukan transaksi keuangan. Karena itu, tidak semua pinjaman yang diajukan lewat perbankan bisa disetujui. Sedangkan jika anda seorang pengusaha, bank akan melihat sejauh mana kapabilitas anda untuk menerima pinjaman.

Baca Juga:  Kredit Pintar Pinjaman Uang Online Berbasis Aplikasi

Tahapan Pengajuan Pinjaman Melalui Perbankan

Tempat Yang Memberikan Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil

Biasanya, hal ini akan dilihat dari jenis usaha dan potensi bisnisnya, serta omset yang bisa anda peroleh. Jadi, pengajuan pinjaman melalui perbankan akan melalui beberapa tahapan, antara lain:

1. Mendatangi salah satu bank pilihan anda untuk mengajukan pinjaman.
2. Mengisi formulir pengajuan pinjaman.
3. Melengkapi informasi dan beberapa dokumen, seperti ktp, kk, hingga surat izin usaha (jika anda seorang pengusaha).
4. Menyertakan obyek jaminan pinjaman, atau memiliki kartu kredit.
5. Setelah itu, pihak bank akan memproses berkas pengajuan pinjaman anda dan melakukan analisis atau audit.
6. Mengikuti proses wawancara.
7. Pihak bank akan kembali menghubungi anda untuk memberitahukan sejauh mana proses pengajuan pinjaman anda; apakah pinjaman tersebut disetujui, atau tidak.

Itulah beberapa tahapan yang mungkin harus anda ikuti ketika ingin mendapatkan pinjaman dari bank. Begitupun jika anda mengajukan pinjaman melalui institusi lainnya, seperti koperasi, pegadaian, ataupun institusi pembiayaan lainnya. Anda harus mengikuti tahapan atau proses yang diberlakukan pada institusi tersebut.

Baca Juga:  5 Jenis KTA Bank Permata, Solusi Buat Yang Butuh Dana Cepat

Pinjaman online

Tempat Yang Memberikan Pinjaman Uang yang Bisa Dicicil

Selain lewat jalur konvensional, pinjaman uang yang bisa dicicil juga ditawarkan oleh penyedia layanan keuangan online yang bisa dengan mudah didapatkan lewat website maupun aplikasi. Hampir semua penyedia pinjaman online ini menawarkan kemudahan dalam proses pengajuan pinjaman.

Hanya tinggal mengunjungi website atau menginstall aplikasi penyedia pinjaman, lalu kemudian melakukan registrasi atau pendaftaran akun, melengkapi data personal anda, baru kemudian ajukan pinjaman. Nilai pinjaman dari pinjaman online ini bisa didapatkan dari ratusan ribu rupiah, sampai dengan puluhan juta rupiah.

Dan anda tidak direpotkan dengan pengurusan administrasi, karena semuanya dilakukan secara online. Termasuk juga masalah jaminan dan lainnya. Hanya saja, untuk pinjaman dengan nominal yang lebih besar, pihak penyedia aplikasi biasanya memberikan persyaratan tambahan.

Karena itu, ada baiknya anda mencari informasi secara lebih detil terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman. Meski terlihat lebih sederhana, biasanya penyedia aplikasi membebankan perhitungan biaya-biaya, seperti biaya administrasi berupa biaya penagihan, biaya perpanjangan pinjaman, hingga biaya keterlambatan.

Baca Juga:  Pinjaman Uang Tanpa Jaminan Langsung Cair

Dan hal ini akan masuk dalam tagihan anda setiap bulannya, di samping besaran bunga yang harus ditanggung. Jadi, ketika anda taruhlah meminjam uang sebesar Rp1 juta kepada salah satu aplikasi pinjaman online, anda bisa saja harus mengembalikan dana tersebut sebesar Rp1,2 juta, atau bahkan lebih.

Apalagi jika anda menunda-nunda pembayaran. Karena itu, meski sekarang ini sudah jauh lebih mudah, ada baiknya anda memiliki strategi atau perencanaan keuangan yang matang dalam setiap pemasukan dan pengeluaran anda setiap bulannya. Dengan begitu, anda tidak dipusingkan dengan masalah pinjaman.