Mengenal Kredit Multi Guna (KMG) Secara Lengkap

Kredit Multi Guna (KMG) – Seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa Kredit Multiguna (KMG) merupakan salah satu jenis produk perbankan  yang berupa pinjaman.

Dalam kredit ini, pihak peminjam atau debitur memiliki kewajiban untuk memberikan jaminan atau agunan sebagai salah satu syarat pengajuan kredit.

Nah, di sini jelas bahwa pinjaman dalam kredit multiguna yang akan didapat. Akan dihitung dari taksiran harga atau nilai suatu barang yang dijadikan jaminan.

Seperti halnya rumah yang harganya 200 juta rupiah dijadikan jaminan. Maka umumnya pihak bank akan memberikan pinjaman sekitar 150 juta rupiah.

Mengenal Kredit Multi Guna (KMG) Secara Lengkap

Tentang Kredit Multiguna (KMG) Lengkap

Adapun beberapa jenis kredit multi guna yang mana dibedakan dari barang jaminannya seperti Jaminan:

  • Mobil
  • Motor
  • Sertifikat Rumah
  • Deposito
  • SK Kerja

Baca Juga:  Kriteria Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia Tahun 2018

Perbedaan KMG dengan KTA

Kredit Multiguna (KMG) dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA) tentunya sangat berbeda. Dilihat dari adanya jaminan dengan yang tanpa jaminannya.

Jika KTA tanpa jaminan, sedangkan KMG menggunakan jaminan seperti yang sudah dijelaskan di atas dan artikel sebelumnya. Kemudahan KMG adalah persyaratannya yang memiliki banyak pilihan apa saja yang dijaminkan.

Selain itu, juga dapat digunakan untuk biaya apa saja. Namun, bukan berarti tanpa adanya ketentuan yang berlaku. Jadi, jika pihak debitur ingin melakukan kredit untuk membeli atau merenovasi rumah, maka yang dijadikan jaminan adalah rumah itu sendiri.

Lalu, biaya apa saja yang bisa kita ajukan untuk menggunakanya? KMG merupakan pinjaman atau kredit yang bisa digunakan untuk keperluan biaya sebagai berikut:

  • Renovasi rumah
  • Pernikahan
  • Pendidikan anak
  • Biaya rumah sakit atau kesehatan
  • Pembelian barang berharga atau elektronik
  • Modal usaha
  • dan kebutuhan finansial lainnya

Baca Juga:  Syarat dan Cara Pengajuan Pinjaman di Bank BNI (Pengajuan Kredit)

Kelebihan Kredit Multi Guna (KGM)

Tentang Kredit Multiguna (KMG) Lengkap

Jika Anda mengajukan kredit jenis ini, maka Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan dari kelebihan kredit tersebut. Berikut ini adalah keuntungan dan kelebihan kredit multiguna yang bisa Anda dapatkan sebagai debitur.

1. Limit Tinggi

Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa batas alias bisa sampai miliyaran. Asal tetap memenuhi persyaratan dan nilai barang yang Anda jadikan jaminan. Jadi, nilai pinjaman Anda dapat diketahui dari nilai barang yang Anda jadikan jaminan.

Sebenarnya hal ini pihak bank tidak merasa dirugikan karena melihat nilai barang yang dijadikan jaminan sebagai tolak ukur nilai pinjamannya.

Baca Juga:  Pengertian dan Jenis - Jenis Deposito Bank di Indonesia

2. Tenor Jangka Panjang

Kelebihan kredit multiguna yang kedua adalah tenor dengan jangka panjang yang bisa mencapai 5 tahun. Sebenarnya KGM masih serupa dengan KPR yang tenornya bisa mencapai 10 tahun bahkan lebih.

Berbeda halnya dengan KTA atau Kredit Tanpa Agunan yang biasanya tenor hanya mencapai 3 tahun saja.

3. Multifungsi

Seperti namanya, bahwa pinjaman ini bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Anda juga bisa memanfaatkan dengan cara cerdas dalam penggunaan kredit multiguna ini. Anda bisa menggunakan sebagai modal atau mengembangkan usaha Anda.

Kelemahan Kredit Multi Guna

Tentang Kredit Multiguna (KMG) Lengkap

Di mana ada kelebihan, tentunya juga terdapat kekurangannya. Begitu juga dengan kredit multiguna yang juga memiliki kekurangannya. Berikut ini adalah kekurangan dari kredit multiguna.

1. Tanpa Jaminan, Tidak Bisa Meminjam

Kredit multiguna merupakan fasilitas pinjaman yang memerlukan jaminan sebagai tolak ukur nilai pinjaman. Berbeda dengan KTA yang tanpa jaminan, kalau KMG harus menggunakan jaminan.

Di sinilah kekurangannya yang membuat kebanyakan orang tidak menggunakan kredit multiguna karena harus adanya jaminan yang dijaminkan.

Baca Juga:  Buku Tabungan Hilang? ini Syarat, Biaya Yang Harus Dipersiapkan

2. Gagal Bayar, Barang Melayang

Jaminan adalah suatu hal yang dijanjikan, jika Anda tidak sanggup membayar, maka bersiap-siaplah untuk merelakan barang yang Anda jaminkan.

Untuk itu, cerdaslah dalam mengatur keuangan Anda. Jangan sampai Anda lupa dan gagal untuk membayar cicilan Anda di KMG ini.

3. Proses yang Lama

Karena jenis kredit ini memerlukan pinjaman, jadi perlu adanya survey barang atau jaminan yang akan dijaminkan. Nah, di sinilah yang membuat proses persetujuan pinjaman terasa lama.

Bank akan melakukan survey barang jaminan sebagai kelayakan dan menilai tolak ukur berapa nilai jaminan debitur. Dengan begitu piihak bank dapat memberikan nilai pinjaman sesuai dengan nilai jaminan.

Fasilitas Kredit Multi Guna

Tentang Kredit Multiguna (KMG) Lengkap

Adapun beberapa fasilitas yang dijanjikan oleh kredit multiguna (KMG) yang bisa dirasakan oleh debitur atau peminjam dana. Berikut ini adalah fasilitas-fasilitasnya :

1. Fee dan Bunga Rendah

Fasilitas yang pertama yang bisa dirasakan debitur adalah biaya administrasi atau bunga yang rendah. Di sinilah yang juga merupakan keunggulan dari kredit multiguna.

Jadi, jika Anda berniat untuk meminjam dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya Anda memilih KMG untuk menjadi pilihan pinjaman Anda. Karena bunga dan biaya administrasinya rendah.

2. Biaya Penalti Rendah

Biasanya, debitur juga dimanjakan adanya biaya penalti yang rendah. Sehingga jika mengalami keterlambatan membayar cicilan, debitur tidak pusing tujuh keliling untuk membayar dendanya.

Biasanya denda hanya sebesar 2 sampai 3 persen jumlah cicilan. Namun, jika debitur rajin membayar cicilan, biasanya pihak bank akan memberikan bonus tambahan untuk debitur.

Baca Juga:  7 Tips Cerdas Mengatur Keuangan Pribadi Bagi Mahasiswa

3. Plafon Tinggi

Sungguh nikmat sekali, jika bunga rendah, namun plafon tinggi. Hal inilah yang merupakan fasilitas dari kredit multiguna yang memiliki plafon pinjaman yang tinggi.

Semakin tinggi plafon pinjaman, semakin baik juga dalam pengelolaan uang, jika dimanfaatkan sebaik mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *