Apa Itu Kode Bank

Tiga Digit Kode Bank, Sedikit Dengan Ragam Makna!

Posted on

Nasabah bank tentu tidak heran dengan adanya code khusus yang harus diinput saat transfer dana antar bank. Code ini dikenal dengan kode bank yang dimiliki seluruh bank di dalam maupun di luar negeri. Code yang dimiliki setiap bank tidaklah sama, jadi anda tidak diperkenankan memasukkan code secara sembarangan dan menyebabkan kesalahan dalam transaksi.

Apakah pengiriman dana ke sesama bank membutuhkan kode khusus? Tentunya tidak. Pengiriman ke sesama bank telah memiliki format tersendiri pada mesin ATM ataupun melalui mobile bank. Lantas, benarkah kode tersebut hanya dibutuhkan untuk anda yang akan transfer beda bank? Dan kapankah kode tersebut akan digunakan?

Apa Itu Kode Bank?

Apa Itu Kode Bank

Setiap bank memiliki code khusus yang digunakan untuk transaksi setiap nasabahnya. Ciri khas code ini ialah terdiri dari tiga angka untuk masing-masing bank. Misalnya untuk kode BRI, maka angka yang perlu diinput ialah 002. Code ini tidak berlaku untuk bank lain, jadi untuk bank berbeda, perlu ditemukan kode tepat sebelum input nomor rekening.

Kapan Kode Transfer Digunakan?

Secara singkat, kode dibutuhkan untuk melakukan transaksi antar bank. Namun secara lebih lanjut, anda membutuhkannya, dalam kegiatan-kegiatan berikut,

  • Transfer ATM

Anda memerlukan kode pada saat melakukan pengiriman dana melalui ATM. Kode ini dimasukkan sebelum memasukkan nomor rekening tujuan di mesin. Nasabah tidak perlu khawatir, karena di ATM terdapat daftar kode bank. Nasabah dapat melihat daftar bank tersebut sebelum proses transfer dilakukan.

  • Transfer Mbanking

Kode khusus bank pun dibutuhkan saat nasabah akan melakukan transfer melalui mbanking. Tidak jauh berbeda dengan transfer melalui ATM, kode dibutuhkan saat mengirimkan dana. Sebelum memasukkan rekening dan jumlah dana, anda diminta memasukkan kode khusus. Seluruh daftar bank yang tersedia, tercantum dalam mbanking.

  • Transfer SMS Banking

Berbeda dengan kedua layanan lainnya, transfer melalui SMS Banking tidak menyediakan daftar kode. Artinya, nasabah perlu menyediakan kode sebelum akhirnya mengirimkan dana dan input rekening. Namun sebelumnya, pastikan bahwa kode yang dimasukkan telah sesuai dengan no rekening tujuan.

Baca juga : Cara Transfer Uang Lewat ATM, Benarkah Ada Biaya Admin? 

Apa Fungsi Kode Bank BCA dan Bank Lainnya?

Bila di bagian sebelumnya telah diketahui kapan kode akan digunakan, pada bagian berikutnya dapat diketahui apa fungsi kode tersebut bagi berbagai pihak, berikut ulasannya

  • Permudah Pengaturan Bank

Konsumen hanya menyadari bahwa adanya kode khusus akan membantu proses pengiriman. Namun, adanya kode khusus ini akan membantu pula dalam mempermudah pengaturan bank. Dalam hal ini, untuk mengatur pengiriman dan transaksi, sehingga tidak terjadi bentrok dengan bank yang lainnya. Karenanya, kode menjadi hal yang penting dalam proses transfer.

  • Identitas Bank

Pada cara transfer bank, input kode merupakan langkah yang harus dijalani, khususnya untuk transfer berbeda bank. Hal ini dapat menjelaskan bahwa kode ini merupakan identitas yang dibutuhkan bank untuk melakukan proses identifikasi. Singkatnya, kode dihadirkan sebagai identitas yang dibuat untuk membedakan bank A dengan bank lainnya.

  • Memudahkan Transaksi

Keberadaan code merupakan kemajuan zaman yang akan mempermudah transaksi antar bank. Utamanya, saat transaksi transfer antar bank, yang terkadang membutuhkan perhatian khusus. Code ini pun nantinya akan membantu pihak bank, untuk mengetahui hak dan kewajibannya saat transaksi dilakukan nasabah.

  • Transaksi Cepat

Tidak hanya memudahkan, transaksi transfer dengan hadirnya khusus akan membantu transaksi dapat berjalan dengan cepat. Karena masing-masing bank memiliki sistem khusus yang akan membantu pendataan transaksi, sehingga dana dapat diterima rekening tujuan. Hal ini pun dapat mempercepat transaksi yang dilakukan pada antar bank di luar negeri.

  • Lancarkan Transaksi

Bagi nasabah, kelancaran transaksi adalah hal utama. Untuk mencapai kenyamanan inilah, bank sediakan kode untuk melancarkan cara transfer antar bank yang sebelumnya rumit. Melalui kode, nasabah tidak perlu mendatangi bank untuk melakukan pengiriman dana ke bank berbeda. Karena di ATM, seluruh kode bank telah tersedia dan dana siap dikirimkan.

  • Hindari Kesalahan Transaksi

Sebelum hadirnya code khusus, nasabah diharuskan mendatangi bank untuk melakukan transfer ke bank yang berbeda. Namun setelahnya, kode hadir untuk membantu transaksi, utamanya mengurangi kesalahan transaksi. Karena setiap code dibuat khusus untuk setiap bank, sehingga kesalahan code bank akan membatalkan transaksi yang dilakukan.

  • Lindungi Nasabah

Adanya kode yang diinput sebelum memasukkan rekening akan membantu dan melindungi nasabah. Dalam hal ini untuk mencegah nasabah melakukan pengiriman secara sembarangan ke nomor rekening yang salah. Adanya code membuat nasabah memeriksa secara berulang nomor rekening dan code bank, sehingga nasabah terlindungi dari kekeliruan.

Daftar Kode Transfer Antar Bank

Daftar Kode Transfer Antar Bank

Berencana mencatat kode bank untuk melakukan pengiriman dana? Jangan sampai salah, simak daftar lengkapnya, dalam ulasan berikut ini,

  • Bank Daerah

Beberapa waktu lalu, bank daerah tengah digalakan pemerintah keberadaannya. Karenanya disediakan beragam bank hampir di seluruh daerah di Indonesia. Code yang dimiliki masing-masing bank pun dibuat beragam. Sehingga tidak terjadi bentrok antar bank saat transaksi dilakukan secara bersamaan oleh jamaah. Code yang dimaksud misalnya, Bank Sumut 117.

  • Bank BUMN

Walaupun termasuk sebagai BUMN, saat melakukan transfer ke bank BUMN dibutuhkan code khusus. Sehingga cara transfer ke bank lain yang dijalankan dapat membuahkan keberhasilan sebagaimana yang diinginkan. Bila transfer akan dilakukan pada Bank Mandiri, code yang harus diinput ialah 008. Sedangkan untuk BRI dapat menginput kode 002.

  • Bank Swasta

Di Indonesia, jumlah bank swasta telah mencapai angka ratusan. Tidak mengherankan, karena Indonesia menjadi ladang untuk berbagai bank dapat berkembang. Namun hal ini pula yang sebabkan tersedianya beragam kode yang harus dimasukkan. Misalnya pada Bank OCBC NISP code yang perlu diinput ialah 028 sedangkan pada BTPN input kode 213.

  • Dompet Elektronik

Tidak hanya bank konvensional, saat ini tersedia dompet elektronik yang dijadikan sebagai tempat menabung. Karenanya, dompet elektronik pun memiliki kode yang perlu dimasukkan saat akan melakukan top up. Misalnya indosat dompetku, kode yang dimasukkan ialah 789. Pada contoh lain yaitu jenius, kode yang harus dimasukkan ialah 213.

  • Bank Internasional

Satu lagi jenis bank yang memiliki code khusus ialah bank-bank internasional. Di Indonesia, terdapat beberapa bank internasional yang tersedia dan membutuhkan code. Misalnya, saat transfer ke bank lain (standar chartered Bank) perlu diinput code 050. Sedangkan pada bank of tokyo mitshubishi perlu diinput code 042.

Walaupun nampaknya sepele, Ini menjadi hal yang penting saat transfer. Karena tanpa adanya kode khusus, proses transfer antar bank tidak dapat dilakukan. Bahkan bila terdapat kesalahan, proses transfer akan mengalami kegagalan dan dana tidak dapat diterima oleh rekening tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *