Kirim ArtikelMenyalurkan Hobi Sekaligus Mendapatkan Penghasilan

Tips Cara Membuat NPWP Pribadi Yang Cepat dan Benar

Cara Membuat NPWPNomor pokok wajib pajak (NPWP) adalah sebuah dokumen yang di wajibkan oleh negara kepada siapapun masyarakat indonesia yang memiliki panghasilan. NPWP itu sendiri merpakan nomor yang diberikan kepada seseorang yang Wajib Pajak.

Ini digunakan sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban dalam urusan perpajakan.

Npwp ini di wajibkan tidak hanya untuk pribadi , npwp  juga ada yang di buat untuk sebuah perusahaan dengan tujuan yang sama yaitu untuk penomoran wajib pajak bagi pelaku usaha atau badan usaha.

Npwp itu sendiri sudah di atur dalam perundang-undangan yang memang kita di wajibkan membuatnya dan apabila didapati seseorang berpenghasilan tidak memiliki npwp akan ada sanki khusus yang sudah di siapkan oleh negera.

Tips Cara Membuat NPWP Pribadi

Kali ini kita akan membahas langkah-langkah ada apa saja yang harus kita lakukan dalam pembuatan NPWP pribadi . Mulai dari pengumpulan dokumen sampai penerimaan npwp. Berikut adalah tipsnya:

Tips membuat npwp

1.Mengetahui penghasilan kita

Yang pertama harus di lakukan adalah dengan menghitung penghasilan kita apaah kita termasuk wajib pajak atau tidak wajib pajak. perhitungannya adalah apabila seseorang telah mempunyai penghasilan dalam satu tahun yang melebihi Penghasilan Tidak Kena Pajak.

Untuk contoh PTKP di indonesia yaitu sebesar Rp15.840.000 per tahun atau Rp1.320.000 per bulan. Jadi, jika Anda berpenghasilan melebihi batas maksimal PTKP tersebut, Anda memenuhi syarat sebagai Wajib Pajak dan dengan begitu wajib memiliki NPWP.

Namun apabila kalian di bawah itu dan ingin memiliki NPWP bisa saja  ,hanya disitu kita tidak wajib pajak yang dimana hanya memiliki kartu saja dan tidak wajib untuk membayar pajak ke pemerintah.

Baca Juga: Jenis-Jenis Lembaga Keuangan di Indonesia dan fungsinya

2. Mengetahui syarat dokumen untuk membuat NPWP sesuai jenisnya

untuk NPWP sendiri sebetulnya ada beberapa jenis yang dimana setiap jenis membutuhkan dokumen yang berbeda beda . Oleh karena itu berikut ada bebeapa dokumen yang di butuhkan yang di sesuakan dengan jenisnya.

Wajib Pajak (WP) Pribadi yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi paspor/ Kartu Izin Tinggal Terbatas, atau Kartu Izin Tinggal Tetap

Wajib Pajak (WP) Pribadi yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas

  • Melengkapi Fotokopi KTP
  • Fotokopi paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas / Kartu Izin Tinggal Tetap.
  • dan Fotokopi dokumen izin kegiatan usaha yang diterbitkan instansi berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dari Pejabat Pemerintah Daerah  minimal setingkat Lurah atau Kepala Desa atau lembar tagihan listrik/bukti pembayaran listrik.
  • Selanjutnya Surat pernyataan di atas materai bahwa WP benar-benar menjalankan usaha atau pekerjaan bebas.

Wajib Pajak (WP) Pribadi wanita kawin yang ingin hak dan kewajiban perpajakannya terpisah

  • Melapirkan Fotokopi Kartu NPWP suami.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Dan Fotokopi surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta atau surat pernyataan menghendaki hak dan kewajiban perpajakan terpisah dari hak dan kewajiban perpajakan suami.

Setelah semua dokumen di rasa lengkap selanjutnya kita langsung menuju  lokasi tempat pembuatan NPWP pribadi.

Sebetulnya untuk pembuatan NPWP ada 2 cara yaitu secara offline maupun online. Dan untuk cara online kita bisa menggunakan langkah-langkahnya seperti berikut :

1. Kunjungi halaman website alamat www.pajak.go.id atau klik ereg.pajak.go.id/login untuk memulai kita melakukan pendaftaran online.

2. Silahkan mendaftar terlebih dahulu agar mendapatkan akun pajaka kita sisi sesuai dengan arahan dengan mengisi email , data dan juga pasword untuk kita login nanti.

3. Setelah selesai selanjutnya kita akan dapat email notifikasi untuk memverifikasi akun kita. Buka email dan lalu verifikasi alamat email kita

4. Setelah dirasa akun kita beres dan sudah di verifikasi. Langkah selanjutnya adalah login terlebih dahulu dengan alamat email dan pasword yang sudah kita buat.

5. Dan ketika masuk pertama kali kita akan masuk portal isian. Dengan mengisi beberapa isian yang sudah di siapkan dalam kolom. Isi sesuai dengan arahan dan diisi mengunakan data pribadi yang asli .

6. Setelah dirasa sudah cukup lengkap langkah selanjutnya adalah dengan mengrim surat isian. Dengan klik tombol daftar untuk submit data kita ke dinas pajak

7. Selanjutnya, Anda harus mencetak dokumen seperti yang tampak pada layar komputer. Yaitu formulir Registrasi Wajib Pajak dan juga Surat Keterangan Terdaftar Sementara

8. Apabila di minta scan dokumen yang kita sudah siapkan lebih baik kita scan dan kirim saja agar kita tidak usah cape cape datang ke kantor pajak

9. Langkah selanjutnya kita tinggal menunggu petugas pajak ataupun kurir dari pajak mengirimkan kartu pajak kita kerumah

Membuat NPWP pribadi secara online

Berikut di atas adalah tahapan dalam membuat NPWP pribadi secara online. Namun apabila anda ingin mengukutinya secara offline bisa dengan mendatangin kantor pajak setempat yang memang di khsusukan untuk wilayah kita.

Diproses ini kita membutuhkan lebih banyak data-data yang harus kita fotocopy lagi. Untuk di berikan kepihak kantor pajak. Selain itu juga kita harus menulis manal formulir permintaan pajak yang sudah di sediakan oleh pihak pajak.

Diatas adalah beberapa langkah yang bisa coba. Apabila kita memang ingin mendaftarkan diri menjadi warga negara yang taat akan pajak daerah. Baca Juga: Lakukan Cara Cerdas Untuk Membuat Tabungan Terus Bertambah

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *