5 Tips Mengelola Keuangan Bulanan Mahasiswa Yang Baik

Mengelola Keuangan Bulanan Mahasiswa – Masalah keuangan bisa terjadi kepada siapa saja tidak terkecuali untuk mahasiswa, Biasanya ini terjadi dan di alami mahasiswa yang harus mengatur keuangan bulanan.

Mungkin jika kiriman dari orang tua banyak tidak menjadi masalah. Namun apabila kiriman yang didapat setiap bulannya pas-pasan, tentu akan menjadi masalah jika tidak pandai dalam memenejemen keuangan bulanan tersebut.

Terlebih lagi ketika akan memisahkan uang untuk keperluan kos, membeli barang untuk keperluan kuliah dan untuk keperluan hidup sehari-hari.

Terkadang mahasiswa tidak memikirkan Mengelola Keuangan Bulanan dan tanpa sadar menghabiskan uangnya hanya untuk sekedar nongkrong bersama teman, bahkan akan kesulitan untuk menyisakan uang sekedar ditabung.

Mengelola Keuangan Bulanan Mahasiswa

5 Tips Cara Mengelola Keuangan Bulanan Mahasiswa Yang Baik

Sebagai mahasiswa yang mendapat jatah uang bulanan sebetulnya bisa mengatur keuangan dengan baik agar nantinya tidak kesulitan, kuncinya adalah disiplin. Dalam hal ini disiplin dalam arti menejemen keuangan bulanan.

5 Tips Cara Mengelola Keuangan Bulanan Mahasiswa Yang Baik

Adapun tips atau beberapa cara yang bisa dilakukan mahasiswa untuk membantu mengatur keuangannya adalah:

1. Membuat Daftar Pengeluaran Pasti Setiap Bulannya

Mengelola Keuangan Bulanan Mahasiswa dengan membuat daftar pengeluaran setiap bulan ini sangat penting, karena anda bisa memprioritaskan lebih dahulu belanja yang pasti anda butuhkan setiap bulannya.

Dengan membuat catatan pengeluaran anda akan tahu akan berapa banyak kebutuhan uang yang anda keluarkan. Dengan begitu anda dapat tahu apa saja sebenarnya kebutuhan yang sangat penting.

Selanjutnya anda bisa memangkas pengeluaran yang sekiranya dianggap kurang penting, jadi dengan begitu keuangan bulanan anda akan terkontrol.

Baca Juga:  Aplikasi Pinjam Uang Untuk Mahasiswa, Ini Bisa Menjadi Pilihan

2. Persiapan Tabungan Khusus Untuk Menjaga Keadaan Darurat

Membuat tabungan khusus ini merupakan langkah yang baik sebaiknya mahasiswa lakukan, jika anda bisa berkomitmen dengan diri pribadi anda sendiri dan konsisten.

Ini bisa anda lakukan dengan menyisihkan sebagian uang bukanan anda. Membuat tabungan khusus ini sangat berguna sekali untuk menjaga keadaan darurat, misalnya kiriman terlambat datang atau bisa juga masalah lainnya.

Dengan memiliki tagungan persediaan khusus ini anda tidak akan mengalami masalah disaat ada masalah yang mendesak atau kebutuhan mendadak, anda bisa menggunakan uang ditabungan tersebut.

3. Jangan Meremehkan, Simpan Uang Recehan Dengan Baik

Mungkin anda berfikir uang recehan tidak terlalu berguna, apa lagi saat anda baru mendapat kiriman uang bulanan. Namun anda jangan mengabaikan hal ini meskipun uang receh jika dikumpulkan lama-lama akan menjadi banyak juga.

Jadi apabila suatu saat anda memerlukan uang anda dapat menggunakan uang receh yang sudah anda kumpulkan tersebut.

Melakukan hal sepele namun saat terdesak ini bisa memiliki manfaat besar, jadi mulai saat ini mulailah untuk tidak mengabaikan begitu saja uang receh, kumpulkan dan simpan ditempat yang baik suatu saat pasti ada saja gunannya, sebagai uang cadangan.

4. Jangan Belanja Tanpa Ada Rincian Pasti Agar Bisa Mengontrol

Ini dimaksudkan agar anda bisa menahan diri untuk tidak berbelanja sembarangan saat memegang uang banyak dengan sesuka hari tanpa perhitungan untuk kedepannya.

Karena biasanya saat anda memegang uang banyak pasti akan terlena ingin menuruti apa saja yang diinginkan.

Misalkan anda saat lapar dan memegang uang banyak tentu saja susah sekali untuk mengontrol dan menahan makanan yang anda inginkan.

Anda bisa mulai merinci untuk kebutuhan tersebut dan alihkan untuk membeli barang keperluan makan dan belajar memasak sendiri dan ini bisa lebih menghemat pengeluaran.

Baca Juga:  Tips Mengelola Keuangan Pribadi Yang Baik dan Tepat

5. Pikirkan Kembali Apa Yang Anda Perlukan

Mengelola Keuangan Bulanan Mahasiswa maksudnya disini adalah untuk memikirkan kembali apa yang ingin anda beli, dan pikirkan pula barang tersebut benar-benar anda butuhkan apa hanya sekedar keinginan.

Karena jika menurutkan keinginan tentu anda akan lebih banyak mengeluarkan uang dibandingkan jika anda hanya membeli keperluan yang anda butuhkan saja.

Itulah beberapa Tips Cara Mengelola Keuangan Bulanan Mahasiswa yang baik. Mungkin diawal akan terasa berat, namun jika sudah terbiasa akan mudah menjalaninya.

Semoga beberapa tips di atas dapat membantu mengatasi masalah keuangan anda dan terbebas dari kesulitan keuangan khususnya. selamat mencoba!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *