Tulis ArtikelMulai Menulis & Share Artikel Terbaikmu Disini Sekarang !

5 Tips Investasi Bitcoin Bisa Anda Coba Khusus Pemula

Tips Investasi Bitcoin Untuk Pemula – Bitcoin atau cryptocurrency merupakan mata uang digital yang saat ini tengah naik daun. Penggunaannya sudah di manfaatkan oleh orang-orang di berbagai negara. Baik untuk transaksi, atau pun hanya untuk melakukan investasi saja. Saat artikel ini ditulis, harga bitcoin berdasarkan website bitcoin.co.id sudah mencapai  Rp196.002.000 per 1 BTC nya. Angka ini merupakan peningkatan dari tahun dan bulan sebelumnya. Inilah yang menyebabkan Bitcoin untuk pemula menjadi daya tarik yang besar.

Pada awal kepopuleran mata uang Bitcoin di tahun 2012, nilai 1 BTC hanya mencapai Rp50.000 saja. Sehingga dengan nilai per BTC saat ini yang sangat tinggi, membuktikan bahwa BTC atau Bitcoin terus meroket walaupun pernah mengalami penurunan karena dipengaruhi beberapa hal.

Sayangnya, di Indonesia keberadaan mata uang digital atau virtual ini belum dengan resmi diakui oleh pemerintah. Bank Sentral belum benar-benar mengeluarkan dan menyetujui penggunaan mata uang Bitcoin sebagai alat transaksi yang sah. Namun, hal ini tidak membuat mereka yang gila akan investasi melangkah mundur pada mata uang Bitcoin.

Baca Juga: Bitcoin di Mata Kemenkeu Indonesia

Beberapa Tips Investasi Bitcoin Untuk Pemula

Tips Investasi Bitcoin Untuk Pemula
Tips Investasi Bitcoin Untuk Pemula

Nah, jika Anda seorang pemula dan sangat tertarik untuk melakukan investasi Bitcoin sebaiknya Anda harus berhati-hati. Berikut ini adalah tips investasi Bitcoin yang bisa kamu gunakan khususnya untuk kamu yang masih sangat pemula.

1. Saat investasi, mulai dengan nominal kecil

Cara agar bisa mendapatkan keuntungan atau profit dari investasi mata uang Bitcoin yaitu dengan melakukan trading di bursa. Tidak jauh berbeda dengan jual beli saham. Mengingat nilainya yang sangat fluktuasi, akan lebih baik juga jika Anda tidak menginvestasikan modal dalam jumlah yang tidak sangat besar.

Karena faktor fluktuasi inilah yang harus kamu perhatikan. Bisa saja saat ini harga Bitcoin tinggi sekali, namun ternyata tiba-tiba keesokan harinya harga Bitcoin sudah turun bahkan sangat drastis. Sehingga, untuk meminimalisir kerugian jangan menaruh modal sangat besar yang akan membuat kamu seakan jatuh tanpa perasut, tidak akan selamat, biar selamat banyak cacatnya.

2. Jangan menimbun Bitcoin terlalu berlebihan!

Karena banyak investor yang berhasil meraup kekayaan dari investasi Bitcoin, akhirnya Anda malah gila-gilaan dalam investasinya. Padahal Anda masih sangat pemula. Anda mungkin akan sangat tergoda dengan nilai Bitcoin yang tinggi, jadi terplikirlah untuk menimbun Bitcoin dalam jumlah sangat besar. Tapi, sayangnya cara ini akan sangat berisiko.

Selain tidak adanya kepastian, nila serta regulasi mata uang Bitcoin di waktu yang akan datang, penimbunan ini juga bisa mengundang para hacker. Untuk pemula, akan lebih baik jika Anda bisa mengambil profit dari trading dengan jangka waktu pendek saja. Misalnya saja, trading mingguan daripada Anda menimbun dalam jangka waktu yang panjang sekali.

Baca juga: Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Fluktuasi Harga Bitcoin

3. Terus memantau berita kenaikan harga Bitcoin

Harga atau nila dari 1 BTC terus saja akan bergerak bahkan tiap menit. Sehingga, Anda harus benar-benar bisa melakukan pemantauan pada pergerakan harganya. Ada beberapa fitur yang bisa membantu Anda untuk melakukan pemantauan, misalnya saja Bitcoin Ticker Wiged dan Checker.

Fitur tersebut akan selalu membantu Anda dengan cara memberikan notifikasi jika ternyata harga atau nilai per 1 BTC sudah mencampai dengan nilai yang Anda mau. Selanjutnya, kamu tinggal memutuskab antara buy and sell.

4. Menggunakan limit saat proses buy and sell

Saat kamu berencana melakukan trading lewat Bitcoin.co.i, misalnya. Kamu dapat melakukan pengaturan limit nominal yang akan digunakan untuk melakukan pembelian atau pun penjualan mata uang Bitcoin.

Sehingga, proses buy and sell akan lebih bisa tereksekusi dengan otomatis ketika nilai per 1 BTC nya sudah bergerak menuju limit yang telah Anda tentukan. Nah, jika kamu tidak sempat melakukan pemantauan pada pergerakan harga Bitcoin dengan real time, maka cara ini dapat Anda manfaatkan.

Baca juga: Penting Untuk Pemula! Hal Yang Perlu Di Perhatikan Saat Akan Investasi Bitcoin

5. Sebaiknya investasikan sebagian Bitcouin untuk cloud mining

Agar Anda bisa menghindari adanya kerugian disebabkan penurunan pada nilai Bitcoin, maka Anda bisa memanfaatkan adanya cloud mining. Cloud mini merupakan proses dari penambangan BTC yang dapat Anda lakukan secara online. Dalam proses ini Anda bisa mendapatkan profit tambahan dari Bitcoin yang sudah Anda tambang. Keuntungan dari investasi mata uang virtual ini memang sangat menggiurkan sekali.

Namun, sebelum Anda benar-benar langsung terjun berinvestasi menggunakan mata uang ini, maka Anda harus bisa memahami seberapa besar risikonya lebih dulu. Agar Anda dapat melakukan antisipasi yang paling jika kemungkinan buruk terjadi pada Anda. Bagi pemula, cobalah untuk bisa memahami semua hal terknis yang memang berkaitan dengan investasi Bitcoin.

Proses pembelajaran bisa Anda lakukan dimana saja dan dengan cara apa saja. Jika ada seminar atau pelatihan khusus, Anda bisa ikut menjadi pesertanya. Atau yang lebih mudah dan murah, Anda bisa belajar Bitcoin lewat informasi yang terserbar di Internet. Selain itu, tidak ada salahnya juga jika Anda bisa bergabung dengan forum-forum khusus Bitcoin. Biasanya di dalam forum selalu ada informasi ter-update mengenai perkembangan Bitcoin, dengan begitu Anda bisa learning by doing.

Baca juga: Selain Mining, Ini Dia Cara Lain Untuk Mendapatkan Bitcoin

Semakin berkembang teknologi, maka harus semakin berkembang juga kemampuan Anda apalagi dalam memanfaatkan peranan teknologi untuk bisa belajar berbagai hal. Selamat berinvetasi Bitcoin!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *