Tulis ArtikelMulai Menulis & Share Artikel Terbaikmu Disini Sekarang !

4 Tips Investasi Efisien Agar Lebih Menguntungkan

Di era modern sepert saat ini, investasi menjadi salah satu cara yang paling banyak di lakukan orang untuk mempersiapkan pendanaan di hari tua. Telah banyak anak – anak muda yang mulai peduli dengan hari tuanya. Sehingga mereka mempersiapkannya dengan cara memulai investasi sejak dini. Meskipun tidak besar, namun dengan jangka waktu yang panjang mereka bisa mendapatkan keuntungan sesuai dengan modal yang telah di keluarkannya.

Investasi memang dapat mendatangkan keuntungan yang cukup menggiurkan. Khususnya jika anda berani dalam mengeluarkan modal dan merancang strategi yang tepat. Dengan langkah eksekusi yang tepat, hanya dalam hitungan bulan, modal yang anda keluarkan sudah bisa kembali meskipun belum mendapatkan keuntungan yang besar.

Warren Buffet, seorang pengusaha asal Amerika, telah menjadi bukti bahwa investasi dapat mendatangkan keuntungan yang berlimpah. Sebagian besar dari kekayaannya yang berjumlah 62 Miliar USD, ia dapatkan dari hasil berinvestasi saham di Berkshire Hathaway. Selain itu, ia juga telah di nobatkan sebagai investor tersukses nomor 1 di dunia.

Tips Investasi Efisien dan Menguntungkan

4 Tips Investasi Efisien Agar Lebih Menguntungkan

Berbagai jenis investasi mulai dari investasi saham, reksa dana, hingga emas memang terlihat sangat menggiurkan. Dengan hasil yang cukup besar, anda hanya perlu memperhatikan pergerakan harga di pasar saja. Namun nyatanya investasi tidak semudah yang anda bayangkan.

Di perlukan strategi, intuisi dan pengalaman yang cukup untuk bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Oleh karena itu, bagi anda yang masih pemula dalam dunia investasi, berikut ini adalah beberapa tips investasi efisien dan menguntungkan yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut.

1. Pelajari Mekanisme Investasi

Investasi merupakan hal yang membutuhkan modal yang cukup besar. Oleh karena itu,anda tidak bisa sembarangan dalam memulainya. Dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang cukup untuk memulainya. Selain itu, beberapa jenis investasi seperti investasi memiliki resiko yang cukup tinggi. Sehingga, jika anda asal dalam melakukan investasi ini, anda bisa saja mengalami kerugian yang cukup besar.

Jika di dalam investasi reksa dana, anda akan di pandu oleh seorang Manajer Investasi atau MI. Manajer Investasi ini akan memberitahu anda kapan waktu yang tepat untuk menjual saham, kapan waktu yang tepat untuk membeli saham, bagaimana cara menghitung portofolio reksa dana, hingga bagaimana cara memperkirakan pergerakan harga pasar yang fluktuatif.

Baca Juga: Investasi Ini Cocok Untuk Mempersiapkan Masa Tua Anda

2. Diversifikasi Investasi

Diversifikasi Investasi merupakan pembagian modal yang anda miliki kebeberapa jenis investasi. Seperti misalnya jika anda memiliki modal sebesae 1 juta rupiah, maka anda bisa membaginya kepada beberapa jenis investasi seperti saham, emas, dan obligasi. Hal ini perlu di lakukan untuk mengurangi resiko kerugian bila salah satu strategi investasi tidak berjalan sesuai rencana.

Selain itu, jika anda ingin berinvestasi pada saham, sebaiknya anda membeli saham lebih dari satu perushaan. Sehingga bila salah satu perusahaan mengalami penurunan kinerja, anda masih bisa mendapatkan keuntungan dari perusahaan yang lain.

3. Memilih Jenis Investasi Yang Tepat

Seperti yang kita tahu, investasi memiliki banyak jenis. Mulai dari investasi saham, reksa dana, forex, bitcoin, obligasi, hingga investasi emas. Semua jenis investasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Tiap jenis investasi juga memiliki tingkat resiko dan besar keuntungan yang berbeda – beda.

Agar investasi yang anda jalankan bisa bertahan dalam jangka panjang, anda perlu memilih jenis investasi yang tepat. Sesuaikan jenis investasi dengan kepribadian, modal dan waktu yang anda miliki. Jika anda merasa ragu, anda bisa melakukan konsultasi kepada konsultan keuangan yang anda percayai.

4. Mulai Dengan Modal Kecil

Dalam dunia investasi, terdapat pepatah yang mengatakan “ High Risk, High Return “. Semakin besar tingkat resiko dari suatu investasi, maka semakin besar pula keuntungan yang akan kita dapatkan nantinya. Oleh kerena itu, untuk memperkecil resiko yang kita hadapi, kita perlu mengerti bidang investasi yang kita geluti.

Baca Juga: Pahami Sebelum Aksi! Kelebihan dan Kekurangan Investasi Properti

Caranya adalah dengan memulai investasi yang sama namun dengan modal yang lebih kecil. Jika kedepannya kita ingin berinvestasi saham dengan modal 10 juta rupiah, maka kita bisa memulainya dengan bermodalkan uang 1 juta rupiah.

Namun, kita harus mempelajari dengan sungguh – sungguh investasi yang kita jalankan. Sehingga ketika memasuki tahapan lebih lanjut dengan modal yang lebih besar, kita tidak terlalu kebingungan dan dapat mengurangi resiko kerugian yang akan kita alami.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *