Tips Investasi Emas Menguntungkan Bagi Pemula

Tips Investasi Emas Menguntungkan Bagi Pemula

Tips Investasi emas – Investasi adalah salah satu bentuk dari kegiatan ekonomi, yang mana menggunakan konsep penanaman modal. Yang dimaksudkan disini adalah individu atau perusahaan yang memiliki modal akan menanamkan modalnya tersebut pada suatu instansi tertentu yang sekiranya menguntungkan pemilik modal. Tujuan utama dari investasi sendiri adalah dapat digunakan sebagai dana masa depan anda. Sehingga tak heran jika banyak orang yang mulai melakukan investasi.

Tips Investasi Emas Menguntungkan Bagi Pemula

Tips Investasi Emas Menguntungkan Bagi Pemula

Saat ini banyak sekali jenis investasi yang dapat dilakukan, salah satunya yaitu investasi emas yang mana dapat memberikan keuntungan. Bagaimana tidak? Harga emas selalu stabil setiap waktunya bahkan cenderung meningkat.

Sehingga cocok dijadikan sebagai salah satu investasi yang menguntungkan demi masa depan anda. Tak hanya menguntungkan, jenis investasi emas juga mudah dilakukan bagi anda yang masih pemula. Nah berikut ini beberapa tips investasi emas yang menguntungkan bagi para pemula.

Tentukan Tujuan Dari Investasi Emas

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menetapkan tujuan dari investasi emas yang anda lakukan. Setiap investasi tentunya memiliki tujuan masing-masing, entah digunakan sebagai biaya pendidikan, dana darurat, hingga pensiun.

Dari jangka pendek hingga jangka panjang, semua nya memiliki tujuan masing-masing. Untuk itu tetapkan terlebih dahulu tujuan dari investasi emas yang anda lakukan. Rata-rata investasi emas dapat digunakan dalam jangka panjang.

Kenali Jenis Emas Yang Dapat di investasikan

Selain itu anda juga perlu mengetahui adalah jenis emas yang dapat diinvestasikan. Tentu saja setiap jenis emas memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Salah satunya yaitu emas batangan, yaitu emas yang berbentuk seperti batangan pipih dengan kadar emas 22-24 karat. Emas batang memang sangat tepat dan efektif dijadikan sebagai investasi, hal ini karena harga jual nya yang tetap sama kapanpun dan dimanapun anda akan menjualnya.

Selain stabil, harga emas batangan mengikuti harga dari standar internasional. Jenis emas lainnya yang juga dapat dijadikan sebagai investasi adalah emas perhiasan. Emas perhiasan ini tersedia di pasaran dalam berbagai model dan bentuk mengikuti trend yang ada. Jenis emas ini memang paling disukai kaum hawa.

Namun sebagai saran, jenis emas ini memang kurang cocok dijadikan sebagai investasi karena harganya yang mengikuti perkembangan jaman. Selain itu, ada pula jenis emas koin yang mana memiliki bentuk menyerupai koin yang dapat dijadikan sebagai investasi emas. Untuk jenis emas koin, sebenarnya sama saja dengan emas batangan hanya saja stok jenis emas ini sedikit terbatas di pasaran.

Baca Juga: Investasi Logam Mulia, Pilih Emas Batangan, Perhiasan, atau Koin?

Pilih Cara Investasi Emas Yang Anda Inginkan

Tips investasi emas bagi pemula lainnya adalah menentukan cara yang tepat untuk berinvestasi emas. Dalam berinvestasi emas, ada banyak cara dan metode yang bisa anda pilih. Mulai dari investasi emas model klasik, tabungan, hingga dijadikan sebagai modal usaha. Untuk investasi model klasik merupakan cara investasi yang mana anda membeli emas ketika harga turun lalu menjualnya saat harga sedang naik.

Cara klasik ini memang sudah digunakan banyak orang dari jaman dahulu. Namun tentunya anda harus cermat dan tepat sehingga mendapat keuntungan yang besar. Cara ini dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang dan mudah dilakukan pemula, yaitu dengan membuat tabungan emas. Cara ini dapat dilakukan dengan berapapun jumlah emas yang anda miliki.

Jika anda melakukan secara kontinue, maka tentunya hasil tabungan akan dapat anda gunakan sesuai kebutuhan anda. Dalam tabungan emas ini tidak mengenal inflasi, sehingga sangat menguntungkan dan mudah dilakukan pemula. Selain itu, cara ini juga dapat dilakukan dalam jangka panjang. Saat ini banyak sekali instansi yang menawarkan fasilitas tabungan emas yang dapat anda pilih, misalnya saja Pegadaian.

Tak hanya dijadikan sebagai tabungan, tips investasi emas lainnya dapat anda lakukan dengan menjadikan emas sebagai modal usaha. Biasanya cara ini akan sangat tepat bagi anda yang ingin membuka usaha namun tidak memiliki modal. Misalnya saja, anda memiliki emas 100 gr dan kemudian anda gadaikan untuk menghasilkan uang. Uang ini lah yang nantinya menjadi modal usaha anda.

Namun untuk cara ini akan lebih baik untuk berhati-hati karena anda dapat mengalami kerugian ketika bisnis tidak berjalan lancar dan tentu saja modal tersebut tidak akan kembali.

Analisis Keuntungan dan Kelemahan Dalam Investasi Emas

Sebagai pemula, penting bagi anda untuk menganalisis keuntungan dan kelemahan dari investasi emas yang anda lakukan. Dengan begitu anda bisa memaksimalkan keuntungan serta menekan resiko kerugian yang bisa terjadi.

  • Keuntungan tersebut meliputi inflasi dan anti krisis, dapat digadaikan ataupun dipinjamkan, bentuk fisik, bebas biaya administrasi dan pajak, serta tahan lama.
  • Kelemahan tersebut meliputi penyimpanan serta pengamanan yang kurang, tidak terlalu praktis, tidak terdapat cahs flow, seringkali terjadi dana yang masuk.

Meskipun sangat mudah bagi para pemula serta menghasilkan keuntungan yang cukup besar, namun tetap saja investasi emas memiliki kelemahan yang perlu diperhatikan pemula. Dengan begitu, anda akan terhindar dari resiko yang mungkin saja bisa terjadi. Selain itu, akan lebih baik jika sedari dini melakukan investasi sehingga keuntungan akan lebih banyak anda terima. Baca Juga: Mengenal Investasi Emas Bagi Pemula dan Bagaimana Memulainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *