5 Tips Investasi Tanah Agar Lebih Menguntungkan

Tips investasi tanah bisa Anda terapkan supaya investasi tanah Anda bisa lebih menguntungkan. Investasi memang menjadi salah satu hal yang penting untuk menunjang kebutuhan ekonomi di masa yang akan datang. Salah satu bentuk investasi yang cukup menjanjikan adalah investasi tanah. Investasi tanah menjadi salah satu investasi yang menjanjikan, karena tanah termasuk salah satu kebutuhan pokok manusia. Kebutuhan akan tempat tinggal, mengharuskan seseorang untuk memiliki sebidang tanah.

Semakin bertambahnya jumlah populasi manusia, membuat kebutuhan akan tanah menjadi semakin meningkat. Tak heran jika harga tanah terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Tak hanya itu, tanah juga merupakan aset penting yang dapat digunakan untuk berbagai bidang, baik itu bidang pertanian, perkebunan, pembangunan ataupun yang lainnya.

Tips Investasi Tanah Agar Lebih Menguntungkan
Tips Investasi Tanah via @http://www.nsk-realty.net

Karena itu lah investasi tanah menjadi sangat menjanjikan apabila Anda lakukan dengan tepat. Anda juga perlu memerhatikan beberapa tips investasi tanah, supaya tanah yang Anda investasikan bisa benar-benar menguntungkan. Baca Juga: Investasi Ini Cocok Untuk Mempersiapkan Masa Tua Anda

Tips Investasi Tanah yang menguntungkan

Terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi harga tanah, diantaranya ialah faktor letak, faktor lokasi, faktor kepadatan penduduk sekitar, faktor ekonomi, dan berbagai faktor lainnya. Sebaiknya Anda harus memperhatikan berbagai faktor tersebut. Apabila Anda salah langkah, bisa jadi investasi tanah Anda tidak mengalami keuntungan, malah berujung pada kerugian.

Hal tersebut tentu bukan menjadi harapan Anda. Oleh karena itu, diperlukan tips-tips khusus supaya keuntungan tetap berpihak kepada Anda. Adapun tips investasi tanah agar benar-benar menguntungkan antara lain sebagai berikut:

1. Perhatikan lokasi tanah

Pemilihan lokasi tanah menjadi salah satu hal yang penting sebelum tanah tersebut Anda beli. Pilih tanah berpotensi terus mengalami kenaikan harga. Tanah-tanah seperti ini biasanya terletak di lokasi-lokasi yang strategis, dekat pemukiman, dekat dengan keramaian, bebas dari bencana, tanah dekat lokasi proyek, tanah di kawasan pendidikan, dan lokasi strategis lainnya.

Biasanya tanah-tanah di lokasi tersebut, terus mengalami kenaikan harga di setiap tahunnya. Bahkan angka kenaikan bisa sangat tajam mencapai hingga 200%. Hindari memilih lokasi tanah yang kurang diminati orang, seperti misalnya tanah di dekat pemakaman dan jauh dari pemukiman.

2. Perhatikan kondisi tanah

Kondisi tanah disini seperti misalnya kerataan tanah, kemiringan tanah, ukuran, bentuk, hadap tanha, dan berbagai hal yang berhubungan dengan kondisi fisik tanah. Biasanya pembeli lebih menyukai tanah yang padat dan rata. Karena tanah seperti ini lebih mudah untuk dikelola. Jadi sebaiknya Anda juga jeli dalam memilih kondisi tanah yang akan dijadikan sebagai investasi.

Baca Juga: Jenis-jenis Investasi Jangka Pendek dan Tips Memilihnya

3. Bentuk tanah

Salah satu hal penting yang menjadi faktor harga tanah adalah bentuk tanah. Semakin bentuk tanah tersebut ideal dan diminati banyak orang, semakin tinggi harga jual tersebut. Biasanya orang lebih suka bentuk tanah dengan lebar tanah dengan ukuran 40-75 % dari ukuran panjang tanah.

4. Perhatikan legalitas tanah

Tips investasi tanah selanjutnya ialah, periksa legalitas tanah yang akan Anda investasikan. Pastikan bahwa surat-surat kepemilikan dan segala surat yang berhubungan dengan tanah tersebut lengkap. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya sengketa atau kasus hukum yang berkaitan dengan tanah tersebut dikemudian hari. Anda juga tidak boleh mengabaikan keabsahan sertifikat tanah yang nantinya akan Anda miliki.

Pastikan bahwa sertifikat tersebut sedang tidak dalam pengawasan bank, atau sertifikat yang sedang mengalami sengketa. Anda juga harus memastikan bahwa sertifikat tersebut benar-benar sah milik Anda.

5. Negosiasi harga

Seorang penjual tentu ingin mendapatkan harga tertinggi saat menjual tanahnya. Sebaliknya, pembeli ingin mendapatkan harga murah terlebih jika tanah tersebut akan diinvestasikan. Oleh karena itu, Anda harus memiliki kemampuan untuk negosiasi harga. Jangan sampai Anda mengalami kerugian karena membeli tanah yang harganya tinggi.

Pada saat membeli tanah, Anda bisa mencari kelemahan-kelemahan tanah tersebut supaya dapat menawar harga yang ditetapkan. Apabila Anda menjadi penjual, pastikan Anda mengetahui kelebihan-kelebihan tanah yang akan dijual tersebut supaya mendapatkan harga jual yang tinggi.

Baca Juga: Keuntungan Investasi Tanah Kavling

Demikian beberapa tips investasi tanah yang dapat kami paparkan. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin investasi tanah yang menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *