6 Tips Manajemen Keuangan Keluarga Yang Baik Meskipun Gaji Kecil

Manajemen Keuangan Keluarga – Memiliki gaji kecil dan pas-pasan tentu membuat anda kesulitan untuk mencukup kebutuhan rumah tangga bulanan, jangankan mencukupi kebutuhan bulanan bahkan pemasukan tersebut dapat habis tak tersisa di saat pertengahan bulan.

Hal ini lah yang akhirnya membuat kondisi finansial memburuk. Sehingga perlu manajemen keuangan keluarga yang tepat agar gaji yang anda miliki dapat memenuhi kebutuhan keluarga.

Manajemen Keuangan Keluarga Dengan Gaji Kecil

Cara Mudah Manajemen Keuangan Keluarga Dengan Gaji Kecil

Meskipun gaji yang anda miliki kecil, namun jika terkelola dengan baik maka segala kebutuhan keluarga akan terpenuhi. Bahkan anda juga bisa menyisihkan beberapa bagian dari pemasukan anda untuk ditabungkan.

Namun beberapa orang mungkin masih kebingungan dalam mengelola keuangan yang baik dan benar. Nah berikut ini ada beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan untuk manajemen keuangan keluarga yang baik meskipun dengan gaji kecil.

1. Membuat Rencana Belanja Bulanan

Salah satu hal yang terkadang membuat orang dapat boros saat berbelanja adalah karena pola belanja yang impulsif. Didasarkan dengan keinginan saja bukan pada kebutuhan.

Sehingga untuk mencegah hal tersebut terjadi, anda perlu membuat rencana belanja bulanan rumah tangga. Anda bisa memulai dengan mengalokasikan jumlah gaji yang anda mampu untuk kebutuhan belanja.

Misalnya saja 50% dari pemasukan yang anda peroleh. Dari jumlah tersebut, anda bisa menyusun daftar kebutuhan keluarga yang memang dibutuhkan.

Mulai dari konsumsi, pakaian, tagihan dan lainnya. Dengan adanya anggaran yang dibuat secara tertulis, maka anda bisa lebih mudah mengontrol belanja bulanan keluarga.

Bahkan dengan rencana pengeluaran tersebut bisa menghindarkan resiko untuk membeli barang-barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Namun agar cara ini dapat berjalan dengan efketif, tentunya anda dan anggota keluarga lainnya juga harus menuruti segala rencana anggaran yang sudah anda buat.

Jangan menggunakan uang untuk hal-hal yang berada di luar anggaran. Sehingga dapat memaksimalkan pendapatan keluarga.

Baca Juga:  Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Penghasilan Tidak Tetap Yang Baik

2. Cermat Ketika Belanja

Memiliki gaji yang kecil menuntut anda untuk cermat saat berbelanja. Anda membutuhkan strategi yang tepat sehingga uang yang anda miliki dapat memenuhi segala kebutuhan rumah tangga.

Strategi yang pertama adalag mengenai frekuensi belanja anda. Dengan gaji yang kecil, maka sebaiknya anda tak perlu sesering mungkin belanja.

Cukup lakukan 1-2 kali dalam sebulan, pada awal dan akhir bulan. Sehingga hal ini dapat menghindarkan anda dari resiko membeli kebutuhan-kebutuhan yang tidak penting.

Selain itu keuntungan dari belanja satu bulan sekali adalah barang-barang yang beli dapat lebih murah dikarenakan anda langsung membeli dalam jumlah atau ukuran yang besar.

Anda pun juga dapat menghemat biaya-biaya lainnya, semisal biaya transportasi dan waktu belanja anda. Strategi kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan kupon diskon ataupun berbelanja saat terdapat potongan harga.

Sehingga dengan cara ini anda bisa menghemat biaya pengeluaran yang cukup banyak. Bahkan uang tersebut bisa anda alokasikan untuk dana darurat atau investasi.

3. Menghemat Pengeluaran Beberapa Aktivitas

Anda bisa mencoba untuk melakukan dua hingga lebih aktivitas secara bersamaan agar dapat menghemat biaya pengeluaran bulanan anda.

Misalnya saja, makan siang sembari mengerjakan tugas di luar kantor. Sehingga lebih menghemat biaya transportasi anda. Ataupun anda bisa mengambil makan siang di rumah ketika jarak antara kantor dan rumah memang dekat.

Kemudian simpan sisa-sisa pengeluaran tersebut secara berkala sebagai tabungan anda. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menghemat pengeluaran.

Baca Juga:  Hati-Hati! Inilah Kesalahan dalam Mengelola Keuangan

4. Kurangi Kebiasaan Yang Membuat Boros

Kurangi kebiasaan-kebiasaan yang sekiranya dapat membuat pengeluaran semakin boros. Misalnya saja dibandingkan menggunakan mobil untuk berbelanja, anda bisa berjalan ataupun menaiki sepeda untuk menghemat pengeluaran BBM.

Selain itu, kurangi kebiasaan makan di luar rumah yang terlalu sering. Sesekali makan di restoran mungkin bukan masalah besar.

Namun jika anda menjadikan hal ini sebagai rutinitas maka tentu saja membuat pengeluaran akan menjadi besar. Hal ini karena harga makanan di restoran lebih mahal berkali lipat dibandingkan dengan memasak sendiri.

5. Mencari Penghasilan Tambahan

Anda bisa memanfaatkan waktu senggang yang anda miliki untuk mencari penghasilan tambahan. Banyak cara yang bisa anda lakukan.

Mislanya bisa berjualan pulsa, membuka toko, bisnis online dan lainnya yang sekiranya tidak akan menganggu pekerjaan utama yang anda miliki.

Dengan adanya penghasilan tambahan tentunya pemasukan di dalam keluarga akan bertambah dan membuat anda bisa menyisihkan uang agar bisa ditabung ataupun investasi.

Baca Juga:  Tentang Kredit Kendaraan Yang Harus Anda Fahami

6. Gaya Hidup Sederhana

Sebisa mungkin perihalah gaya hidup yang sederhana agar dapat menghemat pengeluaran anda. Gaya hidup sederhana dapat dilakukan asal anda memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan.

Tak hanya pada hal-hal yang besar saja, anda juga perlu memperhatikan kesederhanaan pada sesuatu hal yang kecil sekalipun. Misalnya saja mulai dari cara berpakaian, menghabiskan waktu bersama teman-teman dan lainnya.

Mempertahankan gaya hidup yang sderhana memang bukanlah hal yang mudah, namun jika anda memiliki niat yang kuat untuk bisa membuat kondisi finansial menjadi stabil maka anda tentu bisa melakukannya. Ajarkan pula gaya hidup sederhana ini pada anggota keluarga lainnya.

Nah itu tadi beberapa cara mudah manajemen keuangan keluarga meskipun dengan gaji yang pas-pasan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *