in

5 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Salah Pilih

Tips Membeli Mobil Bekas – Membeli mobil merupakan salah keinginan banyak orang dalam membeli kendaraan pribadi. Efektifitas yang cukup dan mobilitas yang memadai membuat banyak orang menginginkan mobil untuk sekedar beraktifitas bepergian kekantor ataupun digunakan untuk jalan-jalan. Akan tetapi tidak semua orang yang menginginkan mobil bisa membeli mobil baru yang memiliki harga lumayan tinggi.

Oleh karena itu beberapa orang lebih memilih untuk membeli dengan cara credit, dan tidak sedikit pula orang-orang membeli mobil bekas. Yang Penting membeli mobil bekas masih memiliki kualitas yang cukup untuk berjalan di aspalan indonesia.

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Salah Pilih

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Salah Pilih

Untuk orang yang ingin membeli mobil bekas , terkadang masih bingung dan masin tidak tahu bagaimana cara mendapatkan mobil bekas yang murah tapi tidak murahan ?.

Berikut adalah beberapa tips membeli mobil bekas yang bisa kamu coba apabila punya rencana membeli mobil.

1. Pilihlah Tempat Yang Terpercaya

Hal yang paling utama dalam membeli mobil adalah tempat yang bisa menyajikan pelayanan yang baik dan juga menjual mobil-mobil yang memiliki kualitas yang baik. Selain kita datang keshowroom yang menjual mobil-mobil bekas,kita juga bisa membeli mobil kepada orang yang memang berniat menjual mobilnya.

Keuntungan kita membeli mobil dari orangnya langsung adalah harga yang mungkin akan lebih murah dibandingkan dengan showroom. Kita juga akan lebih mudah untuk tahu kondisi mobil bekas yang akan kita beli nanti karena , jangan sampai kita membeli mobil yang tidak layak jalan.

2.Melihat Bagian Terluar Mobil

Setelah kita sudah memilih tempat yang terpercaya dan juga memilih mobil mana yang akan kita bawa kerumah. Langkah selanjutnya adalah kita perhatikan dan amati bagian terluar mobil. Maksud dari bagian terluar dari mobil adalah bagian exterior mobil yang akan kita beli nanti. Perhatikan beberapa bagian penting seperti cobalah memegang catnya dan memastikan catnya masih halus atau kasar.

Body mobil apakah ada goresan atau tidak. Apabila ada goresan lebih baik tanyakan penyebab dari goresan itu, jangan sampai kita membeli mobil dari bekas kecelakaan. Perhatikan juga bagian kaca mobil, apakah ada bagian yang retak atau bahkan pecah. Selain itu juga perhatikan pula bagian lampu. Apakah ada yang bagian yang pecah dan bisa menyala dengan baik.

Atau malah cahaya lampu tersebut sudah tidak terang lagi atau bahkan malah sudah tidak menyala lagi. Jadi pastikan dengan menyalakan lampu, Lihat juga keadaan keempat bannya, apakah masih oke atau sudah aus. Coba juga masuk ke kolong untuk melihat apakah ada yang karatan dan keropos pada beberapa bagian ban terutama velg dan beberapa yang bersangkutan dengan ban.

3. Cek performa Mesin

Setelah kita sudah puas dengan mengecek bagian terluar dari mobi inceran kita, dan sudah di pastikan juga dalam kondisi sangat baik kita bisa beralih ke bagian dapur pacunya yaitu mesin. Ini merupakan bagian yang harus sangat teliti dalam mengeceknya karena jangan sampai kita membeli mobil yang sering mogok ataupun mobil yang memiliki performa buruk.

Langkah yang bisa di coba untuk mengecek performa mesin adalah dengan menghidupkan mesin mobil dan coba dengarkan bunyi mesin yang menyala. Mesin yang masih bagus memiliki suara yang cenderung halus dan tidak kasar. Selain itu juga mobil yang masih bagus juga memiliki ciri mudah di-starter. Setelah menyalakan mesin cobalah untuk melakukan tes drive.

Dalam mencoba ini usahakan kita mencoba segala yang ada di instument panel dari mobil .beberapa hal yang harus di coba adalah:

  • Coba Pastikan stir mobil tidak berat sebelah
  • Pastikan Pedal gas dan rem masih enak dan berfungsi
  • Perhatikan tuas remtangan dan tuas perseneling tidak macet
  • Cek tombol Wipper , Bagasi , lampu , Hazzard masih bisa di gunakan
  • Pastikan AC masih dingin
  • Pastikan instrumen seperti odometer , fuel metter dan trip metter masih berfungsi.

Beberapa hal di atas wajib kita coba agar tidak ada kendala yang datang ketika kita sudah datang kerumah. Baca Juga: Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan Total Lost Only (TLO).

4. Mengamati aksesoris dan interior mobil

Setelah memastikan mesin mobil dan panel pendukung mobil berjalan dengan baik Tips Membeli Mobil Bekas selanjutnya kita mengecek bagian aksesoris dan interior mobil. Beberapa hal yang perlu kita perhatikan adalah bagian dashboard , karpet, serta perhatikan kualitas jok dan langit-langitnya.

Pastikan semua tertempel dengan rapih jangan ada bagian yang terkelupas atau terlepas. Selain itu juga cobalah duduk dan rasakan joknya masih empuk dan enak atau tidak. Selain itu juga jangan lupa untuk mencoba memajukan dan memundurkan jok kemudi dan juga mencoba sabuk pengaman.

5. Cek kelangkapan surat-surat mobil

Sebagai warga negara yang baik, kendaraan kita sudah di wajibkan untuk memiliki surat surat kedaraan yang mencakupi pajak dan data dari pemilik kendaraan. Pastikan kita mendapatkan BPKB dan STNK yang asli bukan berupa fotocopy dan juga perhatikan keaslian BPKB dan STNK mobil tersebut, karena saat ini banyak sekali beredar surat-surat berharga palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi.

Cara ceknya bisa dengan menggunakan aplikasi yang dikeuarkan oleh samsat untuk mengecek platnomor dari si mobil itu sendiri. Selain mengecek keaslian , cek juga nama dari pemilik mobil yang akan kita beli. Usahakan kita membeli dari pemilik nama aslinya karena apabila nama pemilik masih punya orang lain  , ada kemungkinan kita kesulitan dalam perpanjang STNK nanti.

Berikut diatas adalah beberapa Tips Membeli Mobil Bekas yang mungkin bisa membantu kalian yang ingin membeli mobil bekas dengan seksama. Untuk segi perbandingan itu sendiri ada beberapa keuntungan dalam membeli mobil bekas dari pada mobil baru. Yaitu kita bisa mendapatkan harga yang jauh di bawah mobil baru dan juga kita bisa bernegosiasi kembali.

Dan untuk keuntungan membeli mobil baru adalah kita memiliki claim garansi dan claim asuransi. Ini akan dapat memberikan perlindungan untuk mobil kita. Selain itu juga kita mendapatkan mobil yang memang segala baru. Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Asuransi Mobil di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

4 Alasan Kenapa Asuransi Jiwa Penting Untuk Anda

4 Alasan Kenapa Asuransi Jiwa Penting Untuk Anda

Strategi Bisnis Properti Untuk Meraih Keuntungan Besar

Strategi Bisnis Properti Untuk Meraih Keuntungan Besar