8 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Yang Baik

Asuransi Kesehatan Keluarga – Saat ini asuransi memang menjadi salah satu investasi yang cukup menguntungkan, terutama untuk menjamin kondisi anda kedepannya. Salah satu asuransi yang cukup populer di kalangan masyarakat adalah Asuransi Kesehatan.

Jenis asuransi ini merupakan asuransi yang fokus memberikan perlindungan pada kesehatan pengguna asuransi. Mengapa banyak orang menginvestasikan dana mereka pada asuransi kesehatan? Pertama, hal ini dikarenakan biaya keseatan yang terus meningkat setiap waktunya.

Kita tidak akan pernah tahu kapan penyakit dapat menyerang, sehingga dengan adanya asuransi kesehatan ini setidaknya jaminan kesehatan sudah anda dapatkan sewaktu-waktu. Selain itu, asuransi kesehatan juga akan memberikan perlindungan finansial ketika anda mengalami sebuah musibah atau kecelakaan.

Baca Juga:  Mengenal Asuransi Kendaraan Bermotor Yang Ada di Indonesia

Sehingga biaya pengobatan dapat ditanggung oleh pihak asuransi. Sangat bermanfaat bukan? Bagi anda yang berkeinginan menggunakan asuransi kesehatan, saat ini banyak sekali jenis asuransi kesehatan yang bisa anda pilih.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Yang Baik

8 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Yang Baik

Namun jika anda masih merasa kebingungan, berikut ini beberapa tips memilih asuransi kesehatan terbaik untuk anda dan keluarga.

1. Memahami Asuransi Kesehatan Keluarga

Tips Asuransi Kesehatan Keluaraga pertama yang harus anda lakukan ketika akan memilih asuransi kesehatan terbaik adalah dengan memahami terlebih dahulu mengenai asuransi kesehatan tersebut.

Pada umumnya, ada 2 produk asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, seperti hospital cash plan dan hospital benefit. Untuk produk asuransi hospital benefit, biasanya akan memberikan penggantian biaya menyeluruh secara rinci sesuai dengan biaya yang anda keluarkan ketika berobat di rumah sakit.

Cara klaim nya disini adalah menggunakan cashless (non reimbursemen). Biasanya untuk pembayaran pengobatan ketika di rumah sakit dapat dilakukan dengan menggesek kartu asuransi yang anda miliki.

Untuk hospital cash plan, jenis asuransi ini akan memberikan penggantian biaya kesehatan pada jumlah tertentu yang sudah disesuaikan dengan perjanjian antara anda dengan pihak asuransi.

Sistem klaim asuransi ini menggunakan cara reimbursement, nasabah membayar biaya pengobatan terlbih dahulu dan kemudian akan digantikan oleh pihak asuransi setelah anda mengajukan form reimbursement.

2. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Dalam memilih Asuransi Kesehatan Keluaraga terbaik, tentunya anda harus menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan anda. Pemilihan asuransi kesehatan yang tidak tepat malah akan membuat kebutuhan anda tidak terpenuhi dengan baik.

Untuk itu, perhatikan Tips Asuransi Kesehatan Keluaraga seperti melihat kembali riwayat kesehatan yang anda miliki. Pilih asuransi kesehatan yang mana sesuai dengan kebutuhan serta meringankan beban finansial anda kedepannya.

3. Pilih Jenis Perlindungan

Pada beberapa perusahaan penyedia asuransi, anda bisa memilih jenis perlindungan tertentu meskipun berada di luar standar layanan yang diberikan. Tentu saja hal ini bisa anda dapatkan dengan tambahan biaya premi tertentu.

Meskipun akan dikenai biaya tambahan, namun dengan sistem tersebut maka anda bisa mendapat layanan lengkap serta sesuai dengan kebutuhan anda. Pilih jenis perlindungan yang memang benar-benar anda butuhkan, sehingga jumlah premi yang dibayarkan akan terasa ringan.

Baca Juga:  Ini Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan Manulife

4. Lakukan Perbandingan

Saat ini sudah banyak sekali perusahaan-perusahaan asuransi yang menawarkan Asuransi Kesehatan Keluaraga terbaik dengan beragam fasilitas di dalamnya. Hal ini tentu saja membuat anda kebingungan untuk memilih mana yang terbaik.

Sehingga akan lebih baik jika anda melakukan perbandingan antara satu perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi lainnya. Lakukan perbandingan dengan lebih teliti karena ini akan menyangkut masa depan anda.

5. Ketahui Rumah Sakit Yang Melakukan Kerja Sama Serta Jenis Perawatannya

Hal lainnya yang perlu anda ketahui adalah mengenai rumah sakit yang bekerja sama dengan pihak asuransi tersebut serta jenis perawatan yang ditawarkan. Pilih perusahaan asuransi yang bisa menerima klaim dari segala rumah sakit, minimal rumah sakit yang terjangkau dari tempat tinggal anda.

Tak hanya itu saja, penting bagi anda untuk mengetahui pula jenis perawatan yang diberikan. Biasanya terdapat 2 jenis perawatan yang bisa anda pilih, yaitu rawan jalan dan rawat inap.

6. Perhatikan Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Karena asuransi merupakan investasi jangka panjang, tentu memilih perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas yang baik menjadi faktor penting. Anda dapat melihat dengan mudah yaitu dari pengalaman perusahaan tersebut dalam menangani masalah asuransi hingga bagaimana proses klaim asuransi di tempat tersebut.

Jangan mudah tergiur dengan asuransi yang memiliki premi murah. Anda harus benar-benar mencari informasi selengkap mungkin sebelum akan mengajukan asuransi. Bacalah dengan teliti setiap hal yang tercantum di dalam polis.

7. Hindari Memilih Asuransi Melalui Tele-Marketing

Saat ini kemudahan teknologi menyebabkan semua orang dapat berkomunikasi tanpa harus bertemu secara langsung. Sehingga banyak pula pihak-pihak penyedia asuransi yang merekrut nasabah dengan cara menghubungi melalui telepon (tele-marketing).

Cara ini mungkin terasa efektif bagi anda yang tak memiliki banyak waktu, namun karena singkatnya waktu tentu tidak banyak produk asuransi yang bisa dijelaskan secara detail.

8. Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Menggunakan Pihak Ketiga

Jika anda memang masih belum terlalu memahami mengenai asuransi, dan takut malah membuat anda rugi kedepannya. Maka anda bisa meminta bantuan pada pihak ketiga, yang mana memang ahli dalam bidang asuransi.

Sehingga nantinya anda bisa mengambil keputusan yang tepat mengenai asuransi kesehatan terbaik mana yang anda pilih. Biasanya pihak-pihak seperti ini disebut sebagai broker. Broker bertugas untuk memberikan adna bantuan dengan cara menganalisa kebtuuhan anda hingga memilihkan layanan asuransi kesehatan yang tepat untuk anda.

Baca Juga:  7 Investasi Ini Akan Membuat Anda Sukses di Usia Muda

 Sehingga nantinya anda tidak akan salah pilih. Karena penting dan berkaitan dengan masa depan anda, maka diperlukan kehati-hatian dalam memilih asuransi yang memang anda butuhkan. Jangan sampai keuntungan yang bisa anda dapatkan malah berubah menjadi kerugian.

Sekian penjelasan mengenai tips memilih Asuransi Kesehatan Keluarga yang baik diatas, semoga bisa bermanfaat untuk anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *