Kirim ArtikelMenyalurkan Hobi Sekaligus Mendapatkan Penghasilan

Tips Memilih Jenis Investasi Yang Aman Dan Menguntungkan

Jenis Investasi Yang Aman Dan Menguntungkan – Memulai Investasi sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan, asal pintar memilih jenis investasinya serta sesuaikan dengan financial anda, maka keuntungan yang konsisten bisa anda dapatkan.

Apa saja jenis investasi yang paling menguntungkan, menjanjikan dan tentunya juga harus aman, dan memiliki resiko yang kecil ?. Selama ini sudah sering kita mengenal sebuag pernyataan bahwa prinsip berinvestasi adalah “High Risk High Return”.

Tips Memilih Jenis Investasi Yang Aman Dan Menguntungkan

Maksudnya semakin besar resiko berinvestasi maka akan berpeluang cukup besar pula keuntungan yang akan diperoleh nantinya.

Tips Memilih Jenis Investasi Yang Aman Dan Menguntungkan

 

Jenis produk keuangan yang paling populer di Indonesia sebagai sarana investasi di antaranya yaitu:

Berikut ini  4 investasi yang sesuai dengan tingkat resiko yang ditanggung, tetapi sebanding dengan keuntungan atau profit  yang akan diperolehnya:

1. Investasi dana tunai

Investasi jenis ini bisa memang cukup menjanjikan dan tidak jauh berbeda dengan tabungan biasa, deposito, dan reksadana. Konsep investasi ini, kita ambil contoh saja jika seorang investor menyimpan uang sejumlah 100 juta.

Maka dalam tempo waktu setahun hanya akan memperoleh keuntungan sebesar 6 juta saja atau sekitar 500 ribu untuk setiap bulannya.

2. Investasi pendapatan tetap

Konsep investasi ini yaitu, biasanya pihak investor ditawarkan dalam bentuk obligasi atau surat utang serta reksadana pendapatan tetap. Kelebihan dari jenis investasi ini adalah bisa memberikan pendapatan tetap bagi investornya.

Bisa setiap bulan atau bisa juga pertahun. Keuntungan yang akan diperoleh pihak investor tidak lebih besar dari jenis investasi dana tunai.

Namun pilihan yang kedua ini memiliki kelebihan tingkat resikonya yang kecil. Apabila sedang terjadi gejolak ekonomi global khususnya pasar uang. Sehingga nilai investasi yang sudah masuk tidak akan beresiko hilang maupun berkurang.

3. Investasi saham atau Pasar Modal

Investasi Yang Aman Dan Menguntungkan yaitu bisnis saham atau pasar modal memang bukan hal baru lagi bagi kalangan menengah atau bahkan masyarakat biasa.

Saham dapat diartikan sebagai sebuah bukti atas kepemilikan terhadap suatu perusahaan tertentu Investasi berupa aset fisik.

4. Investasi fisik,

Yaitu merupakan jenis investasi dalam bentuk simpanan harta berharga yang berwujud atau fisik seperti emas, berlian, serta properti lainnya.

Peluang keuntungan yang diraih sangat bervariasi tergantung dari asset yang dipilih serta kondisi ekonomi yang terjadi saat itu.

Jika dilihat dari kategorinya, pilihan yang satu ini termasuk dalam bentuk investasi jangka panjang, yang mana semakin atau seiring bertambahnya waktu, maka nilai jual aset biasanya juga akan terus meningkat.

Jenis saham sendiri dibedakan menjadi dua golongan

Jenis Saham perusahaan terbuka

Saham perusahaan terbuka biasanya adalah yang memiliki nilai kapitalisasi pasarnya cukup besar.

Saham perusahaan tertutup.

Sama dengan sebuah bisnis waralaba atau misalkan jenis usaha rumahan yang mana disini anda ikut andil dalam permodalannya, maka ini sudah termasuk atau dapat disebut sebagai saham perusahaan tertutup.

Bagaimana Cara Berinvestasi di Pasar Modal ?

Ada 2 Cara berinvestasi di pasar modal yaitu  :

Melalui Pasar Primer.

Pada umumnya orang sering menyebut ini dengan istilah sebagai Pasar Perdana. Ini adalah saat dimana perusahaan pertama kali melakukan penjualan sahamnya kepada masyarakat umum atau Go Public.

Pasar Primer ini tadinya adalah Perusahaan yang hanya dimiliki oleh satu orang, kemudian berkembang dan dimiliki oleh beberapa orang.

Melalui Pasar Sekunder

Sebuah bentuk atau proses transaksi jual beli berupa nilai saham dari investor satu ke investor lainnya. Ini disebut transaksi Pasar Sekunder. Transaksi ini sebaiknya harus dilakukan di sebuah tempat khusus yaitu yang lazim disebut sebagai Bursa Efek.

Investasi Emas atau Logam Mulia

Sebagai produk investasi, emas tidak bisa dianggap sebagai sebuah investasi atas solusi terhadap kondisi keuangan. Melainkan lebih kepada sebagai jaminan keuangan.

Selain itu juga jaminan simpanan yang tidak untuk sekedar diperjual belikan dikemudian hari. Emas harganya cendering selalu naik, jadi keuntungannya lebih bisa diprediksi, hampir tidak pernah emas harganya bisa turun.

Dalam berinvestasi emas, strategi yang paling baik dan bisa di gunakan adalah dengan cara membeli sejumlah emas secara rutin, minimalnya setiap bulan tanpa harus terlalu memperhatikan atau melihat harga emas yang sedang bergerak saat itu juga.

Investasi properti

Investasi Yang Aman Dan Menguntungkan adalah Investasi properti. Saat ini bisa dibilang cukup menjanjikan. Karena investasi properti adalah salah satu sektor investasi yang paling menguntungkan. Banyak dipilih untuk menjaga kestabilan keuangan.

Selain itu investasi properti tidak terpengaruh oleh dampak inflasi yang tidak menentu. Dengan demikian, dalam membuat nilai harga yang akan ditawarkan tentunya juga harus masuk akal.

Salah satunya dengan menilai dari bentuk serta kualitas bangunan yang bagus ditambah fasilitas yang cukup memadai atau lengkap. Hal ini jelas akan dihargai dengan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang membuat bangunan hanya jadi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *