Tulis ArtikelMulai Menulis & Share Artikel Terbaikmu Disini Sekarang !

5 Tips Memilih Perbankan Syariah Terbaik untuk Transaksi Anda

Tips Memilih Perbankan Syariah Terbaik – Menabung memang penting untuk menjaga keuangan Anda dan keluarga agar tetap stabil dan aman. Dengan menabung ksejahteraan Anda dan keluarga di masa depan menjadi terjamin. Seiring perkembangan zaman menabung dari yang awalnya di celengan atau di bawah kasur, saat ini menabung dapat dilakukan di bank. Banyak sekali orang pergi ke bank untuk melakukan transaksi perbankan baik dalam hal pribadi maupun bisnis.

Apalagi saat ini banyak sekali bank baik bank umum konvensional maupun bank syariah. Saat ini, masyarakat mulai marak melakukan transaksi perbankan di bank syariah. Hal tersebut karena bank syariah dapat dijadikan pilihan terbaik. Bank syariah yang ada di Indonesia merupakan bank yang pelaksanaannya berdasarkan syariat Islam dan bebas riba. Selain itu, bank syariah menawarkan banyak kemudahan yang memberikan manfaat kepada nasabahnya.

Tips Memilih Perbankan Syariah Terbaik untuk Transaksi

Apakah Anda tertarik menabung di Perbankan syariah? Jika Anda tertarik menabung di Perbankan syariah, Anda harus memilih bank syariah terbaik sehingga transaksi perbankan Anda nyaman dan aman. Bagaimana cara memilih bank syariah terbaik untuk transaksi perbankan Anda? Berikut adalah 5 tips memilih perbankan syariah terbaik untuk transaksi  Anda.

1. Pilihlah Bank Syariah yang Mudah Diakses dan Memiliki Kantor Cabang yang Tersebar Luas

Sumber gambar : http://www.daftartempat.com/2015/12/daftar-alamat-bankmuamalat-di-indonesia.html

Dalam memilih bank untuk transaksi perbankan Anda, Anda harus berhatihati dalam memilih dan jangan sampai salah pilih, begitu juga dengan memilih bank syariah. Tips yang pertama dalam memilih perbankan syariah adalah pilihlah bank syariah yang mudah diakses dan memiliki kantor cabang yang tersebar luas di Indonesia.

Dengan memilih bank syariah yang mudah diakses dan memiliki kantor cabang yang tersebar luas di Indonesia dapat memudahkan Anda dalam melakukan transaksi perbankan, seperti sebagai berikut.

  • Bagi Anda seorang pebisnis, jika bank syariah yang Anda pilih memiliki kantor cabang di seluruh Indonesia maka Anda dapat melakukan transaksi bisnis dengan klien Anda dengan mudah dan cepat karena Anda dan klien Anda menggunakan rekening bank syariah yang sama. Selain itu, jika bank syariah yang Anda pilih mudah diakses, Anda dapat menggunakan cash management system (CMS). CMS ini sangat berguna bagi pelaku bisnis dan perusahaan karena memudahkan transaksi bisnis di mana saja Anda berada dan tak terbatas waktu.
  • Bagi Anda yang suka bepergian ke luar kota, Anda dapat memanfaatkan ATM bank syariah di seluruh Indonesia karena bank syariah yang Anda pilih memiliki banyak kantor cabang dan mudah diakses.
  • Jika bank syariah yang Anda pilih mudah diakses, maka Anda akan banyak mendapat fasilitas yang user friendly, seperti internet banking, mobile banking dan sms banking.

2. Pilihlah yang Berkualitas dan Memberikan Pelayanan Terbaik

Pilihlah yang Berkualitas dan Memberikan Pelayanan Terbaik
Sumber gambar : http://syariah.bisnis.com/

Tips yang kedua, pilihlah Perbankan syariah yang berkualitas dan memberikan pelayanan terbaik karena dengan pelayanan terbaik dapat memuaskan nasabah. Pelayanan terbaik yang dimaksud adalah cepat, baik dan ramah dalam memenuhi kebutuhan nasabah sehingga nasabah puas. Perlu Anda ketahui, di Indonesia pelayan perbankan yang baik dan berkualitas diatur dalam standar layanan.

Jadi, Indonesia menetapkan standar tertentu dalam sistem pelayanan perbankan, seperti pelayanan customer service kepada nasabah, pelayanan satpam dalam menjaga keamanan nasabah. Pelayanan terbaik dan berkualitas ini harus diterapkan di seluruh bank umum maupun bank syariah. Jadi, pilihlah bank syariah yang berkualitas dan memberikan pelayanan terbaik serta dapat memenuhi kebutuhan akan transaksi perbankan Anda.

Baca Juga : 5 Bank Syariah Terbaik di Indonesia 2018 yang Perlu Anda Ketahui 

3. Perhatikan Produk yang Ditawarkan Apakah Bebas Biaya Administrasi atau Tidak

Perhatikan Produk yang Ditawarkan Apakah Bebas Biaya Administrasi atau Tidak
Sumber gambar : http://infobanknews.com/7-pencapaiangemilang-bni-syariah/

Terkadang nasabah tidak nyaman dengan biaya administrasi yang dibebankan oleh bank kepada tabungan nasabah sehingga tabungan bukan menjadi semakin bertambah namun semakin berkurang. Oleh karenanya, sangat disarankan untuk memilih bank syariah yang menawarkan produk yang bebas akan biaya administrasi per bulan.

Selain itu, bagi Anda yang sering melakukan transaksi dalam jumlah besar, pilihlah bank syariah yang menawarkan produk yang bebas biaya RTGS, bebas biaya pencairan cek saat Anda mencairkan cek di kota yang berbeda dan pilih yang membebaskan biaya transer antar rekening. Dengan begitu, tabungan, aset dan transaksi bisnis milik Anda tetap mendapatkan keuntungan.

Baca Juga : 5 Tabungan Bank Tanpa Biaya Administrasi Bulanan

4. Pilihlah yang Dapat Memberikan Bagi Hasil Terbaik

Perhatikan Produk yang Ditawarkan Apakah Bebas Biaya Administrasi atau Tidak
Sumber gambar : https://www.syariahbank.com/

Bagi Anda pebisnis tentunya Anda ingin mendapatkan keuntungan dari bisnis And. Hal tersebut juga berlaku dalam memilih Perbankan syariah. Pilihlah bank syariah yang dapat memberikan bagi hasil terbaik kepada Anda. Bagi hasil dalam bank syariah disebut nisbah.

Contoh nisbah atau bagi hasil antara bank syariah dengan nasabah adalah Anda mendapatkan bagi hasil dari tabungan Anda 55 : 45, artinya Anda mendapat bagi hasil 55% sedangkan bank syariah 45%. Namun, perlu Anda ketahui bagi hasil yang diterapkan oleh bank syariah tergantung dari kinerja yang dilakukan bank syariah yang bersangkutan, seperti apakah kinerja bank syariah tersebut dapat menyalurkan pembiayaan dengan baik sehingga banyak mendapat keuntungan.

5. Pilih yang Memiliki Manajemen yang Bagus

Perhatikan Produk yang Ditawarkan Apakah Bebas Biaya Administrasi atau Tidak
Sumber gambar : ttps://www.investopedia.com

Tips yang satu ini juga tidak kalah penting karena bersangkutan dengan manajemen bank. Ada baiknya sebelum Anda memilih bank syariah, Anda perhatikan manajemen bank syariah tersebut.Apakah bank syariah tersebut memiliki kredibilitas yang bagus atau tidak. Bank syariah yang menerapkan sistem manajemen yang bagus akan memiliki kinerja yang bagus pula sehingga nasabah merasa nyaman dan aman untuk melakukan transaksi perbankan di dalamnya.

Baca Juga : Tujuan dan Fungsi Manajemen Keuangan Untuk Aktivitas Perusahaan

Nah, Anda harus mencari tahu informasi tentang itu. Selain itu, Anda harus melihat visi dan misi bank syariah tersebut. Mengapa Anda perlu memperhatikan visi dan misinya juga? Karena visi dan misi suatu bank syariah dapat dijadikan patokan bank tersebut sehat atau tidak.

Lima tips tersebut adalah tips untuk memilih bank syariah terbaik dalam transaksi perbankan Anda. Pilihlah bank syariah sesuai yang telah dijabarkan pada tips di atas dan pastikan Anda yakin dengan pilihan Anda agar transaksi perbankan Anda aman, Anda pun puas dan mendapat keuntungan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *