Tips Mengatur Budget Pernikahan yang Terbatas, Namun Tetap Berkesan

Tips Mengatur Budget Pernikahan – Bagi setiap pasangan, pesta pernikahan adalah momen istimewa yang selalu ingin dilalui dengan penuh kesan dan juga kebahagiaan.

Pernikahan akan menjadi momen sekali seumur hidup, di mana pasangan berbagi kebahagiaan bersama dengan para sahabat, kerabat dan juga keluarga besar kedua belah pihak.

Bila melihat kenyataan ini, maka sangat wajar jika semua pasangan akan mengupayakan sebuah pesta pernikahan yang istimewa. Bisa memberi kesan pada semua tamu undangan.

Semua yang datang harus merasa nyaman dan bahagia, sama halnya dengan kedua mempelai yang mengadakan hajat. Itulah yang kerap menjadi harapan dari sebuah pesta.

Mengatur Budget Pernikahan

Tips Mengatur Budget Pernikahan yang Terbatas, Namun Tetap Berkesan

Untuk mewujudkan semua hal di atas, jelas akan dibutuhkan Budget Pernikahan yang tidak sedikit. jumlahnya bahkan bisa saja mencapai ratusan juta rupiah. Tergantung jumlah undangan dan fasilitas yang digunakan.

Tak masalah jika Anda memiliki budget yang cukup besar untuk melaksanakannya, maka Anda dengan mudah bisa mengatur segala sesuatunya atau menyerahkannya kepada Event Organizer (EO) yang profesional.

EO akan mengurus semua kebutuhan pesta pernikahan Anda. Di mana Anda hanya menyediakan budget dan juga menyampaikan semua keinginan Anda dengan pasangan terkait dengan tema dan yang lainnya.

Pihak EO akan mengurus segala sesuatunya dengan baik untuk Anda dan pasangan. Sangat mudah, bukan? Namun jika ternyata Anda hanya memiliki budget terbatas.

Baca Juga:  5 Alasan Mengapa Laporan Keuangan Perusahaan Sangat Penting

Maka sangat penting untuk bisa mengelola segala sesuatunya dengan cara khusus, agar pernikahan Anda tetap berkesan dan menyenangkan. Anda mungkin bertanya dalam hati. mungkinkah mengadakan pesta yang berkesan dengan budget yang sangat terbatas saja?

Tips Mengatur Budget Pernikahan Dengan Tepat

Tips Mengatur Budget Pernikahan Dengan Tepat

Hampir semua orang akan menginginkan pesta pernikahan yang megah dan penuh kenangan, mengingat momen ini akan menjadi momen sekali dalam seumur hidup saja.

Namun hal ini tentu cukup sulit diwujudkan, jika ternyata Anda hanya memiliki budget yang terbatas untuk menikah. Tidak perlu memaksakan diri untuk menggelar pesta pernikahan di luar kemampuan keuangan Anda.

Sebab hal ini justru bisa saja membawa Anda ke dalam sejumlah masalah keuangan pasca pesta pernikahan nanti. Jangan sampai neraca keuangan Anda minus setelah pernikahan.

Sebab masih ada kebutuhan lainnya yang tak kalah pentingnya untuk dipenuhi setelah Anda menikah bersama pasangan, misalnya: tempat tinggal, perabotan rumah tangga, dan yang lainnya.

Semua kebutuhan ini tentu akan membutuhkan dana yang cukup besar, sehingga sangat penting bagi Anda untuk tetap menjaga neraca keuangan Anda tetap “aman” setelah pesta pernikahan.

Berapapun budget yang Anda miiki untuk semua urusan pengadaan pesta pernikahan Anda, pastikan Anda mengatur keuangan pernikahan harus dengan sangat tepat dan efisien. Jika budget terbatas, maka Anda bisa merencanakan sebuah pesta pernikahan yang sederhana saja.

Meski sederhana, pesta pernikahan ini bisa saja dibuat berkesan dan indah, terutama jika ternyata Anda memiiki kemampuan yang baik dalam mengatur segala sesuatunya dengan sempurna.

Mintalah bantuan kepada pihak keluarga dan juga sahabat utuk menyiapkan pesta ini, agar Anda tidak kerepotan sendiri dalam mempersiapkan segala sesuatunya.

Simak beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya dan mengadakan pesta pernikahan sederhana yang berkesan dan menyenangkan:

Buat Budget Pernikahan Yang Tepat

Tips Mengatur Budget Pernikahan yang Terbatas, Namun Tetap Berkesan

Hal pertama yang wajib Anda lakukan untuk Mengatur Budget Pernikahan untuk pesta Anda adalah membuat anggaran pesta yang efisien.

Lihat kembali kemampuan keuangan Anda dan pasangan, sehingga Anda memiliki budget akhir yang memang benar-benar bisa digunakan untuk acara tersebut.

Tempatkanlah semua pos pengeluaran Anda dalam porsi yag tepat dan seimbang, agar semua anggaran Anda bisa tepat pada sasaran.

Baca Juga:  Pengelolaan Keuangan Tetap Stabil Meski Punya Hutang

Jangan Beli, Sewa Saja Semua Pakaian

Salah satu budget terbesar dalam sebuah pesta pernikahan adalah pakaian pengantin, pengiring dan juga keluarga besar pengantin. Jika ditotal, semua pakaian ini bisa saja menghabiskan 25-30% dari budget pernikahan.

Sangat besar, bukan? Hidari budget yang besar ini, sebab Anda hanya memiliki budget terbatas dan akan mengadakan pesta pernikahan yang sederhana saja.

Anda bisa menyewa semua pakaian yang Anda butuhkan bersama pasangan, termasuk pakaian yang akan digunakan pengiring, among, tamu, dan juga keluarga besar Anda yang mungkin ingin terlihat seragam dalam pernikahan tersebut.

Jangan takut, saat ini ada banyak tempat jasa penyewaan pakaian pengantin profesional yang bisa Anda gunakan. Pakaian yang mereka sediakan juga berkualitas baik dan sangat layak untuk dikenakan dalam sebuah pernikahan.

Hindari membeli, sebab pakaian ini juga hanya akan dipakai sekali saja. Menyewa akan membuat Anda lebih menghemat banyak uang.

Bukan di Gedung, Adakan di Rumah Saja

Bukan di Gedung, Adakan di Rumah Saja

Menikah di gedung yang megah, mungkin telah menjadi keinginan Anda dan pasangan sejak lama. Namun hal ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Jumlahnya bisa saja mencapai 20-40% dari budget pernikahan, tergantung fasilitas dan kapasitas gedung yang Anda pilih nantinya.

Tidak ada salahnya untuk mengadakan pernikahan di rumah saja, apalagi jika Anda menginginkan suasana yang akrab dan penuh dengan nuansa kekeluargaan. Gunakan halaman rumah Anda atau pasangan untuk pesta pernikahan ini, agar budget Anda bisa dihemat dengan baik.

Baca Juga:  8 Hal Perlu Dipersiapkan Sebelum Mengajukan Kredit Rumah

Tidak Menggunakan Jasa Catering

Anggaran lainnya yang tak kalah besar dalam pernikahan adalah layanan catering. Layanan ini bisa saja menghabiskan lebih dari setengah budget pernikahan Anda.

Untuk itu Anda harus mengelolanya dengan tepat, yakni dengan menyiapkan sendiri menu-menu makanan dalam pernikahan Anda, tanpa menggunakan katering.

Libatkanlah anggota keluarga atau Anda juga bisa membayar seseorang yang telah terbiasa menangani masakan pesta ini dengan baik. Anggarkan sejumlah dana untuk kebutuhan ini, dan pilihlah menu-menu yang memang banyak disukai oleh orang-orang.

Tidak perlu berlebihan, sesuaikan porsi dan menu makanan untuk tamu undangan Anda, agar makanan tidak mubazir dan terbuang dengan sia-sia.

Beberapa jenis kue / penganan kecil, akan sangat membantu untuk melengkapi sajian pernikahan Anda ini. Jadi pilih dan sajikanlah yang paling tepat dan sesuai dengan nuansa pesta Anda.

Dokumentasikan Dengan Bantuan Teman / Keluarga

Untuk Mengatur Budget Pernikahan yang minim bisa dengan cara dokumentasi bisa Anda lakukan sendiri dengan bantuan teman atau anggota keluarga yang ahli di bidang tersebut.

Saat ini, kemampuan untuk membidik gambar bukan lagi sebuah hal yang langka, sebab ada banyak orang yang memiliki kemampuan ini dan cobalah untuk memanfaatkannya.

Mintalah bantuan pada teman atau kerabat Anda yang ahli, sehingga Anda bisa menghemat banyak uang dalam pernikahan Anda, jadi anda bisa leluasa untuk mengatur budget pernihan.

Baca Juga:  Rekomendasi Fintech Pinjaman Online Tanpa Jaminan dan Kartu Kredit

Batasi Jumlah Tamu

Kebutuhan budget pernikahan Anda akan sangat ditentukan oleh jumlah tamu / undangan yang Anda sebar. Tidak perlu mengundang terlalu banyak orang, mengingat pesta juga diadakan di rumah saja (area terbatas).

Batasi undangan pernikahan Anda, cukupkan hanya sahabat, teman dan juga keluarga dekat saja, sehingga neraca keuangan Anda akan tetap “sehat” setelah mengadakan pesta.

Pernikahan sederhana tetap bisa berkesan dan membuat Anda dan pasangan bahagia, selama Anda bisa mengatur segala sesuatunya dengan baik. Rencanakan pernikahan sederhana Anda sejak awal, agar semua bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *