in

Tips Mengatur Keuangan Pribadi Masa Kini Untuk Generasi Milenials

Tips mengatur keuangan pribadi bisa dilakukan dengan baik jika ada niat sungguh – sungguh dari dalam diri untuk merubah semua kebiasaan yang sudah lama dilakukan sebelumnya. Semua orang bisa mencoba memperbaiki kondisi keuangannya mulai dari hal – hal yang kecil dan sepele terlebih dahulu. Selanjunya baru sedikit demi sedikit melakukan perbaikan – perbaikan terhadap keseluruhan keuangan yang ada.

Tips Mengatur Keuangan Pribadi Masa Kini Untuk Generasi Milenials

Tips Mengatur Keuangan Pribadi Masa Kini Untuk Generasi Milenials

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tips khusus untuk mengatur keuangan pribadi agar bisa lebih baik dan menjadi terkontrol, yuk kita simak bersama – sama, penjelasannya sebagai berikut :

1. Mengatur Keuangan Pribadi Dengan Kontrol Belanja Bulanan

Tidak sedikit orang menghabiskan sebagian besar pendapatannya untuk berbelanja hal – hal yang sebenarnya kurang diperlukan. Apalagi wanita, suka khilaf kalau melihat baju, tas, sepatu, aksesoris yang banyak beredar di mall – mall untuk mereka koleksi demi jaga gengsi semata. Kurangilah belanja barang – barang yang saya jelaskan di atas, jika di rumah sudah terdapat banyak barang tersebut.

Gunakan saja yang sudah ada, apabila terlalu banyak barang yang anda beli, belum tentu semuanya akan bisa dipakai. Kebanyakan malah hanya tersimpan di almari dan tidak pernah dipakai. Seperti itu kan jadinya mubasir, buang – buang uang saja. Lebih baik disimpan uangnya untuk keperluan lain yang lebih penting.

Saran saya untuk mengatasi masalah semacam ini, anda harus membuat list belanjaan terlebih dahulu. Selanjutnya buat estimasi harga dan jumlahkan. Nanti pastinya akan didapatkan total uang yang diperlukan. Nah anda hanya perlu membawa uang cash sesuai dengan estimasi. Bisa anda lebihkan sedikit untuk jaga – jaga saja.

Dengan begitu anda tidak akan membeli barang – barang yang tidak terdapat dalam daftar belanjaan. Sehingga bisa membantu anda dalam mengontrol keuangan anda. Jika anda tidak percaya silahkan coba terlebih dahulu dan rasakan perubahan yang anda dapatkan. Tentunya akan jauh lebih tertata dengan baik, tanpa adanya pengeluaran yang sia – sia belaka.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan Karyawan Yang Gaji Pas-pasan

2. Gunakan Listrik Seperlunya Saja Agar Lebih Hemat

Listrik seringkali ikut berperan dalam menggerogi keuangan anda. Budayakan menggunakan listrik seperlunya saja. Jangan biarkan kabel – kabel yang sudah anda gunakan tetap terhubung dengan listrik. Cabutlah dari stop kontak setelah selesai digunakan. Jika anda membiarkan saja terhubung pada stop kontak walaupun sudah tidak digunaka, ternyata hal ini juga tetap memakan daya yang ada.

Banyak orang yang tidak menghiraukan hal – hal sepele seperti chargeran handphone yang seringkali dibiarkan terhubung pada stop kontak meskipun tidak digunakan. Tanpa anda sadari kejadian seperti itu merupakan pemborosan yang tidak terduga. Jangan anda kira kabel – kabel yang masih terhubung pada listrik tidak mengkonsumsi listrik meskipun dalam kondisi tidak digunakan.

3. Kurangi Kebiasaan Menonton Video Online Atau pun Mendownloadnya

Gaya hidup anak muda sekarang seringkali memicu terjadinya pemborosan yang sebenarnya bisa ditekan. Banyak kebiasaan yang kini makin marak di kalangan anak muda karena perkembangan teknologi yang semakin pesat. Kebiasaan tersebut adalah selalu menghabiskan waktu luang untuk bermedsos ria.

Aktif menggunakan media sosial sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah, namun saran saya gunakanlah dengan sewajarnya saja. Kurangi kebiasaan menonton video di youtube ataupun mendownload video yang pada akhirnya akan menguras kuota anda dengan sangat cepat. Kebanyakan orang kurang peka terhadap hal tersebut. Dalam jangka waktu yang singkat bisa saja kuota anda akan habis.

Tentunya agar tidak mengganggu proses komunikasi dan tidak ketinggalan informasi, tanpa berfikir panjang anda akan langsung melakukan pengisian ulang kuota agar anda bisa aktif menjelajah dunia maya kembali. Kebutuhan inilah yang ikut menyumbang pengeluaran secara berlebih yang kurang diperhatikan oleh banyak orang. Jika anda bisa mengurangi kebiasaan di atas, bukan tidak mungkin penghematan bisa dilakukan lebih banyak lagi.

4. Hindari Bepergian Dengan Tujuan Yang Tidak Jelas

Pasti anda berfikir mengapa bepergian tanpa tujuan yang jelas bisa berpengaruh terhadap kondisi keuangan? Begini alasannya, sekarang ini tengah trend kemana – mana selalu menggunakan kendaraan bermotor.Nah disinilah letak pemborosan yang sebenarnya bisa ditekan. Dengan bepergian tanpa tujuan yang jelas, tentunya akan membuang – buang bahan bakar dari motor anda. Bahan bakar untuk memperolehnya tentu diperlukan budget khusus bukan?

Untuk itu solusi yang saya bisa berikan adalah kurangilah kebiasaan bepergian tanpa tujuan yang jelas, seperti misalnya karena jaga gengsi saat malam minggu tiba wajib keluar luar meskipun itu tidak disertai dengan tujuan yang jelas. Buanglah rasa gengsi tersebut. Jika memang tidak ada tujuan, alangkah baiknya anda berdiam diri saja di rumah, dengan melakukan hal – hal yang lebih bermanfaat untuk mengisi waktu luang yang ada.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai tips mengatur keuangan pribadi di atas yang diulas secara rinci dan juga dikemas dengan sangat menarik, diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi. Sehingga nantinya bisa anda jadikan sebagai bahan referensi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari – hari dan bisa menambah serta memperkaya wawasan baru bagi anda.

Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai tips mengatur keuangan pribadi. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktu untuk membaca artikel saya ini. Baca juga: Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Hemat.

Written by Hary

Halo, saya Hary, lulusan Informatic Management, senang dengan dunia menulis karena ingin mewujudkan misi terbesar saya menjadi pribadi yang bisa bermanfaat bagi orang lain.

Comments

Leave a Reply
  1. I see your page needs some fresh articles. Writing manually takes a lot of time, but there is
    tool for this time consuming task, search for; Wrastain’s tools for content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Mobile Banking BRI (m Banking BRI)

Cara Mudah Menggunakan Layanan Mobile Banking BRI (m Banking BRI)

Tips Membuat Neraca Keuangan Yang Wajib Anda Ketahui

Tips Membuat Neraca Keuangan Yang Wajib Anda Ketahui