8 Tips Mengelola Keuangan Bagi Generasi Muda Baru Bekerja

Tips mengelola keuangan untuk investasi bisa anda pelajari dan praktekkan dengan mudah. Yang terpenting adalah anda mau atau tidak melakukannya. Investasi sangat baik dilakukan ketika anda mulai memasuki dunia kerja.

Dengan begitu anda akan belajar bagaimana mengelola penghasilan dengan baik. Bekerja harus ada hasil berupa aset yang jelas. Sehingga keringat dan jerih payah yang sudah anda lakukan tidak sia – sia.

Sukses diusia muda bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi. Banyak orang yang sukses diusia muda karena pengelolaan keuangan yang baik.

Mengelola Keuangan Bagi Generasi Muda

8 Tips Mengelola Keuangan Bagi Generasi Muda Yang Baru Bekerja

Tips Mengelola Keuangan Bagi Generasi Muda Baru Bekerja

Pada artikel kali ini saya akan mencoba memberikan tips mengenai mengelola keuangan untuk investasi, yuk simak bersama – sama!

1. Mengelola Keuangan Dengan Ikut Arisan

Arisan biasanya banyak dilakukan mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat, tempat kerja dan lain sebagainya. Dengan ikut arisan, anda akan terlatih untuk bertanggung jawab dan disiplin.

Kebiasaan menyisihkan uang untuk membayar arisan akan menjadi modal awal yang baik. Anda akan terdorong menjadi pribadi yang mandiri. Keputusan ini merupakan salah satu cara untuk memulai belajar apa itu investasi.

2. Menyisihkan 30 Persen Dari Pendapatan

Bagi anda yang baru mulai bekerja, pastinya menyisihkan sebagian penghasilan sebesar 30 persen bukanlah hal yang sulit. Adaptasi mengenai pengelolaan uang pun akan terasa mudah.

Karena sebelum anda bekerja pastinya jarang sekali memegang uang dalam jumlah banyak. Dengan begitu ketika anda memegang banyak uang, kebiasaan hemat pun masih bisa diterapkan.

Jangan sampai anda menghambur – hamburkan uang anda untuk hal – hal yang tidak berguna. Nantinya sifat seperti itu akan menjadi sulit untuk dirubah.

Baca Juga:  Panduan Mengelola Keuangan Usaha Kecil Agar Berkembang

3. Ikut Koperasi Yang Ada Di Perusahaan

Di sebuah perusahaan besar, guna membantu mensejahterakan semua karyawan, biasanya dibuatlah sebuah koperasi.

Koperasi secara tidak langsung akan membantu menyimpan sebagian penghasilan untuk keperluan di masa yang akan datang. Saya sarankan anda ikut mendaftar menjadi anggota koperasi.

Selanjutkan ajukan surat permohonan pembayaran yang akan anda lakukan setiap bulan. Nantinya secara otomatis saat gajian akan langsung dipotong dari gaji anda untuk penyimpanan ke koperasi.

4. Belajar Berhutang Untuk Mendapatkan Aset

Setelah anda mengumpulkan 30 persen dari pendapatan, alokasikanlah untuk digunakan sebagai uang muka. Cobalah untuk mengajukan kredit tanah ataupun rumah ke pihak bank.

Jika disetujui, maka selanjutnya 30 persen dari pendapatan tersebut bisa anda gunakan untuk membayar cicilan kredit setiap bulannya.

5. Hindari Kebiasaan Merokok

Untuk kalian para kaum pria, jika anda mempunyai kebiasaan merokok, cobalah untuk menguranginya.

Bandingkan pengeluaran anda pada saat masih merokok dan setelah tidak merokok. Bisa dipastikan pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan rokok hampir sama dengan kebutuhan makan.

Fantastis bukan? Apakah anda masih ingin menghambur – hamburkan uang hanya untuk membeli rokok? Bukankan lebih baik digunakan untuk investasi?

Baca Juga:  9 Langkah Mengatur Keuangan Rumah Tangga Yang Baik

6. Kurangi Kebiasaan Makan Di Luar

Kali ini mengelola keuangan untuk investasi bisa dikontrol melalui kebiasaan makan di luar. Kebiasaan seperti ini secara tidak langsung akan membuat pengeluaran menjadi membengkak.

1 porsi makanan yang anda beli, harganya bisa jadi 2 kali lipat dibandingkan dengan 1 porsi makanan yang anda masak sendiri. Memasak makanan sendiri tentunya menjadi pilihan yang tepat untuk mengontrol keuangan.

7. Membudayakan Berjalan Kaki Atau pun Bersepeda

Budaya berjalan kaki dan juga bersepeda selain menyehatkan tubuh akan membantu menekan pengeluaran. Saat anda pergi dengan jarak yang dekat, disarankan untuk membiasakan berjalan kaki saja.

Sedangkan untuk kategori jarak yang tidak terlalu jauh, bisa memanfaatkan sepeda. Hal ini diharapak bisa membantu menghemat uang anda agar bisa digunakan untuk alokasi ke investasi.

8. Mengurangi Kebiasaan Nongkrong

Anak muda zaman sekarang sangat senang menghabiskan waktu luangnya hanya untuk sekedar nongkrong. Kebiasaan ini ujung – ujungnya akan menyumbang pembengkakan pengeluaran yang tidak terduga.

Tentu saja saat anda nongkrong dengan teman anda, tidak menutup kemungkinan seringkali anda yang membayar semua pesanan yang ada. Hal ini tentunya akan menimbulkan kondisi keuangan anda menjadi kurang baik.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai tips mengelola keuangan untuk investasi di atas sudah diulas secara rinci dan dikemas dengan menarik.

Diharapkan bisa membantu memudahkan anda untuk mempelajari serta memahami lebih dalam lagi. Sehingga nantinya mungkin bisa anda jadikan sebagai referensi untuk diterapakan dalam kehidupan sehari – hari.

Bisa juga untuk menambah wawasan yang baru bagi anda. Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai tips mengelola keuangan untuk investasi.

Baca Juga:  Ingin Mengelola Keuangan Pribadi Yang Baik? Lakukan 4 Tips Sederhana Ini

Semoga bisa bermanfaat bagi anda dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktu untuk membaca artikel saya ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *